WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Review Kampus: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)

Halo, Sunners! Balik lagi, nih sama Review Kampus! Wah, nggak berasa ya, saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan, ya!

Oiya, gimana nih puasanya? Masih pada semangat, kan? Harus semangat, dong, soalnya kali ini Mimin mau ngebahas kampus yang nggak kalah seru dan keren dengan kampus-kampus yang ada di segmen Review Kampus sebelumnya. Kampus yang bakal Mimin bahas kali ini adalah sebuah kampus yang terletak di Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Pasti udah pada bisa nebak, ya? Yup! Kali ini kita akan membahas Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, atau yang lebih akrab disebut dengan UIN Jakarta!

Dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, https://www.uinjkt.ac.id/, dulu pendirian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berawal dari dibentuknya Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) sebagai akademi dinas Departemen Agama. Kampus yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1957 ini sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Seiring berjalannya waktu, akhirnya kampus ini menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002. Saat ini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sudah Terakreditasi “A” berdasarkan No.SK 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Wah, keren banget, ya!

Kampus yang beralmamater biru muda ini memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda. Kampus 1 terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, 15412. Kampus 2 terletak di Jl. Kertamukti, Ciputat, Tangerang Selatan, dan kampus 3 terletak di Jl. Tarumanegara, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Kampus yang memiliki moto “Pengetahuan, Kesalehan dan Integritas” ini memiliki 12 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana. Fakultas-fakultas yang ada di UIN antaralain yaitu:

  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Arab dan Humaniora
  • Fakultas Ushuluddin
  • Fakultas Syariah dan Hukum
  • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Dirasat Islamiyah
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Kedokteran dan
  • Pascasarjana

Kalian tahu nggak sih, guys, kalau Kampus UIN Syarif Hidayatullah atau yang lebih familiar disebut sebagai UIN Jakarta ini menempati peringkat 6 universitas di Indonesia versi Google Scholar Citations pada bulan Juli 2016 silam. Wow, keren! Selain itu juga, Kampus UIN Jakarta berada di ranking pertama perguruan tinggi Islam di Indonesia. Pada April 2016 lalu, UIN Jakarta menjadi perguruan tinggi Islam pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Wah, ini sih, keren banget! Jadi, buat kalian yang tertarik untuk masuk ke kampus keren yang satu ini, jangan ragu, deh!

Menurut seorang alumni mahasiswa UIN Jakarta, Anita Sari, kampus ini tempatnya keren abis! Fasilitasnya sudah sangat cukup memadai, tenaga pengajarnya pun sudah sangat kompeten. Namun, saat ditanya mengenai kekurangan dari kampus ini, Anita mengatakan bahwa lokasi kampus sebenarnya sangat strategis karena dekat dengan jalan utama, namun hal itu pula yang menjadikan jalanan sekitar kampus UIN Jakarta menjadi macet parah, terlebih saat waktu  pagi dan sore. Jadi, biar nggak telat masuk kampus, sebaiknya kita harus berangkat lebih awal.

Selain lokasinya yang cukup strategis, di sekitar kampus UIN ini juga terdapat banyak sekali kos-kosan. Jadi, buat kamu yang berencana untuk ngekost saat kuliah nanti, nggak perlu khawatir dan nggak perlu bingung, deh. Kos-kosan disekitar UIN tersedia berbagai macam pilihan, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Saat ditanya mengenai keunikan dari jurusan yang ia ambil, Anita mengatakan bahwa saat ia kuliah mengambil jurusan ilmu hukum, ia tidak hanya mempelajari ilmu hukum yang ada di Indonesia saja, tapi ia juga belajar ilmu hukum secara kaidah agama Islam juga. Jadi belajar dua sekaligus.

Buat yang penasaran sama suasana di dalam kampus UIN Jakarta, nih Mimin kasih bocoran, ya! Suasana di lingkungan kampus UIN Jakarta itu asri banget karena banyak pepohonan besar yang rimbun. Tempat sampah pun tersedia di setiap sudut, jadi kampus UIN ini selalu dalam keadaan bersih. Staff dan karyawan kampusnya juga ramah-ramah dan siap membantu kamu. Psstt.. Mimin kasih bocoran lagi, ya. Menurut Anita, jajanan di ‘pintu doraemon’ tuh enak-enak banget! Pintu doraemon tuh apa, sih? Biar nggak penasaran, yuk bergabung bersama keluarga besar Kampus UIN Syarif Hidayatullah!

Nantikan Sunday Review Kampus selanjutnya, ya!

Leave A Comment