WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Review Kampus: Universitas Indonesia

Halo, Sunners! Gimana, nih kabarnya? Semoga kita semua sehat-sehat terus, ya!

Oiya, gimana nih nilai ujian kalian kemarin? Pasti bagus-bagus, dong!

Buat kalian yang masih merasa belum puas sama nilai ujiannya, jangan sedih, itu tandanya kalian harus lebih rajin dan semangat lagi biar kalian bisa lulus dengan nilai yang maksimal dan masuk ke kampus idaman kalian!

Oiya, ngomong-ngomong soal kampus, di segmen Review Kampus kali ini Mimin mau kupas salah satu Universitas yang paling terkenal di Indonesia. Yup, siapa lagi kalau bukan UI alias Universitas Indonesia. Kampus yang beralamatkan di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 ini di bangun pada tahun  1987. Sebelumnya, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Setelah kampus baru  didirikan di lahan seluas 320 hektare di Depok, kampus Rawamangun yang mencakup beberapa fakultas dipindah, sementara kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Program Pascasarjana.

Saat ini UI terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer. Program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.

Nah, ngomong-ngomong tentang UI, apa sih hal yang mucul pertama kali setelah kalian dengar kata Universitas Indonesia? Hmm.. Pasti langsung keingat dengan warna kuning cerah  khas almamaternya, kan? Selain itu, apa lagi ya?

 

Danau! Pasti kalian tahu banget dengan 1 hal yang khas dari UI ini. Tapi, tahu nggak kalau sebenarnya danau UI itu tidak hanya satu saja? Sebenarnya danau UI ada banyak, loh! Totalnya, ada 6 danau besar di UI, dan uniknya singkatan dari inisial danau-danau tersebut membentuk kata “KAMPUS”. Danau-danau tersebut bernama Kenanga, Aghatis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam. Tak hanya danau, UI juga memiliki kawasan hutan seluas 100 ha loh. Wow, luas banget ya!

Seorang alumni Sastra Inggris bernama Alyssa Melita menyebutkan bahwa lingkungan di kampus UI terasa sangat nyaman karena terdapat banyak sekali pepohonan. Bahkan jika cuaca sedang panas sekalipun tetap terasa teduh berkat pepohonan yang rimbun tersebut. Selain teduh, lingkungan di UI pun sangat terjaga kebersihannya. Jadi ngebayangin, deh rasanya duduk di tepi danau UI sambil menikmati angin sepoi-sepoi.. Pasti seru, ya!

Selain itu, fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup memadai. Di dalam kampus juga ada Indomaret & Alfamart jadi kalau kalian butuh sesuatu, kalian bisa ke salah satu minimarket tersebut. Ada salah satu hal unik juga dari kampus beralmamater kuning ini yang mungkin belum kalian ketahui, kampus UI menyediakan Bikun (Bis Kuning) dan Spekun (Sepeda Kuning) untuk transportasi mahasiswa di dalam kampus. Dengan adanya Bikun dan Spekun ini cukup membantu para mahasiswanya mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi, karena kampus UI ini sangat luas dan memiliki mahasiswa yang cukup banyak, jangan kaget kalau kalian menemukan si Bikun ini hampir selalu padat penumpang. Bagi kalian yang ini menggunakan transportasi yag satu ini, pastikan kalian harus bersiap-siap lebih awal biar kebagian si Bikun ini, ya!

Namun terlepas dari bagusnya suasana di UI, tidak bisa dipungkiri juga kalau segala tempat memang memiliki kekurangan, termasuk kampus UI ini. Dikarenakan gedungnya terbilang cukup lama, memang ada beberapa mahasiswa yang merasa kurang nyaman karena adanya beberapa AC yang kurang dingin atau bocor. Namun jangan khawatir, saat ini pihak UI saat ini sedang melakukan proses renovasi terhadap beberapa gedung dan fasilitas lainnya, jadi kalian nggak perlu khawatir lagi. Untuk kekuatan gedungnya sendiri, meskipun terbilang termasuk bangunan yang cukup tua, tapi masih bagus dan sangat layak digunakan sebagai sarana belajar mahasiswanya.

Nah, untuk kalian yang rumahnya jauh dari UI, jangan khawatir karena di sekitar lingkungan kampus UI tersedia banyak sekali kos-kosan. Harganya pun bisa disesuaikan sesuai dengan budget yang ada. Bagi kalian yang nggak mau ngekos, UI menyediakan fasilitas asrama bagi mahasiswa yang merantau. Jadi, kalian nggak usah khawatir lagi, deh! Selain ‘ramah kos-kosan’, UI juga memiliki akses transportasi yang sangat strategis. Kalian bisa ke UI dengan TransJakarta, KRL atau kendaraan pribadi. Stasiun dan haltenya pun sangat dekat. Jadi, nggak usah khawatir dan bingung, ya!

Menurut seorang alumni bernama Nabila Astari yang merupakan lulusan S1 Teknik Mesin, kuliah itu bukan hanya soal belajar, tetapi juga soal bagaimana kita membangun relasi dan mengasah  skill kita. Cara terbaik untuk mendapatkannya yaitu dengan ikut organisasi dan kegiatan sosial lain yang disediakan oleh program studi tertentu.

Alyssa, saat berkuliah lalu berkesempatan mengikuti UKM Marching Band ddan berkesempatan mengikuti lomba sampai ke Thailand. Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI) merupakan salah satu UKM Seni di UI. Di UKM ini, semuanya dilatih dari basic dan tidak ada perlakukan khusus atau dibeda-beda, semuanya akan dibimbing sampai bisa, jadi nggak usah takut kalau kalian ingin masuk ke UKM ini tapi kalian nggak bisa main musik, karena para pembimbing dan pelatihnya kan dengan senang hati mengajari kalian bagaimana caranya memainkan alat musik tersebut.

Selain ikut Marching Band, Alyssa juga berkesempatan untuk menjadi volunteer pada program EAL (English Art Lab) dengan menjadi guru Bahasa Inggris bagi anak-anak yang kurang mampu.

Bagi kalian yang punya mimpi untuk berkuliah di UI, jangan khawatir, karena semua di tenaga pengajar di UI sudah pasti terjamin mutu dan kualitasnya, sehingga kualitas pendidikan yang didapatkan pun pasti tidak diragukan lagi. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa biaya yang dikeluarkan memang tidak sedikit, tapi fasilitas dan kualitas pendidikan yang di dapat memang sesuai dan sebanding. Kalian juga bisa mengikuti program beasiswa yang di tawarkan oleh UI. Selain itu mahasiswa pun bisa meminta keringanan biaya apabila merasa biaya yang dikeluarkan terlalu besar, jadi UI membuka peluang pendidikan yang cukup besar bagi siapapun. Untuk info lebih lanjut mengenai ini, kalian bisa cek ke situs jaringan resmi UI di https://www.ui.ac.id/

Nah, bagi kalian calon-calon mahasiswa UI, kalian dapat salam nih dari Kak Alyssa dan Kak Nabila. Kak Alyssa bilang “SEMANGAT YA! Enjoy your campus life dan jangan sia-siain apa yang kamu dapet di UI”, dan Kak Nabila bilang “Hello the Future Mahasiswa UI! Jangan pernah takut untu memilih UI karena UI adalah salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia”

Sampai jumpa di segmen Review Kampus selanjutnya!

sumber foto :

https://rencanamu.id/post/unit-kegiatan-mahasiswa/kenalan-sama-ukm-madah-bahana-universitas-indonesia-yuk

https://bimbelvokasiugm.blogspot.com/2019/10/kost-dekat-sekolah-vokasi-ugm.html

https://news.okezone.com/read/2016/06/11/65/1412406/pemprov-gorontalo-siap-kirim-siswa-terbaik-ke-ui

https://harga.web.id/biaya-kuliah-terbaru-fakultas-kedokteran-gigi-ui-t-a-20162017.info/fakultas-kedokteran-gigi-universitas-indonesia

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/02/20/universitas-indonesia-tembus-110-besar-dunia

https://www.linkedin.com/company/febui

 

 

Leave A Comment