WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

REVIEW BUKU NOVEL : SENIOR

 

Hi, Sunners! Sesuai dengan judulnya, kali ini kita akan mereview buku karya dari Kata Kokoh. Cerita ini sudah dibaca lebih dari 20 juta kali loh di Wattpad! Yuk disimak, selamat membaca!

 

IDENTITAS BUKU

  • Judul lengkap buku : Senior
  • Penulis buku : Eko Ivano Winata
  • Penerbit buku : Pastel Books 
  • Bulan atau Tahun Terbit : 2018
  • Jumlah halaman dan ukuran buku : 320 Halaman ; 21 x 14 cm 

ISI RESENSI

  1. Pendahuluan 
  • Identitas Pengarang

Eko Ivano Winata, cowok blasteran Betawi-Sunda yang biasa disapa “Kokoh”. Lahir di Bekasi, 28 Juni 1996. Anak pertama dari tiga bersaudara yang suka menghayal. Punya cita-cita jadi sutradara dan suka sekali minuman yang berbau matcha. Selalu minta pendapat Bunda sebelum melakukan sesuatu. Penggemar berat Harry Potter dan Superhero Avengers ini sangat menyukai novel terjemahan, apalagi yang berbau fantasi. Pertama kali menulis sebuah cerita saat kelas 2 SMP di sebuah buku tulis yang di-stapler menjadi satu agar terlihat tebal. Cerita yang dibuat berjudul “Camp to Bogor”. Sayang, buku itu menghilang entah ke mana saat pindah ke Bandung. Kayak doi yang hilang gitu aja dan muncul lagi setelah bertahun-tahun enggak ada kabar. Punya banyak media sosial yang menggunakan nama “Katakokoh”, Wattpad, Twitter, IG, bahkan ID Line. Suka Korea, tapi bukan fanboy apalagi fangirl.

  • Keunikan Novel

Novel ini sepertinya memiliki daya tarik untuk dibaca, dilihat dari cover buku dan sinopsis yang ada pada sampul belakang novel, sangat menarik.

  • Tema Novel

Novel “SENIOR” karangan Eko Ivano Winata ini bertemakan percintaan di masa SMA.

  • Kesan Setelah Membaca Novel Ini

Setelah membaca novel ini saya merasa kagum terhadap tokoh utamanya Nakula yang terkesan dingin dan kasar, tetapi dibalik itu semua ternyata Nakula adalah orang yang baik dan sangat peduli dengan sekitarnya, dan saya suka kisah mereka. Sederhana tapi berkesan. Nakula yang tidak suka diganggu dan tidak suka dengan kebisingan harus bertemu dengan Aluna yang berisik yang pastinya nanti akan mengganggu ketenangan Nakula.

2. Isi

  • Sinopsis

Jangan mau masuk SMA Sevit Bandung, kalau elo enggak berani ngadepin galaknya kakak-kakak kelas. Baru MOS aja, mereka udah menunjukkan taringnya!

Enggak percaya? Aluna harus mengalaminya pada detik pertama ikutan MOS. Boro-boro Aluna tabrakan dengan cowok ganteng yang ujung-ujungnya jadian, dia malah tabrakan dengan Ketua MOS galak, yang mergokin Aluna datang terlambat! Mampus, deh Aluna. Enggak heran dia dihukum keliling lapangan di depan semua peserta lain. Emang tega banget senior-senior di Sevit, sampai-sampai ada peserta MOS yang berusaha kabur. Yang pasti, Aluna benci banget sama, Nakula, Ketua MOS yang sok dan iriiit banget ngomongnya, emang ngomong doang pake kuota?

Nyebelin, deh. Mentang-mentang ganteng, enggak ber-arti Aluna bakal diam aja. Setiap ada kesempatan, Aluna bakal berdiri dan menentang sang Ketua MOS.

Tapi masalahnYa, apa yang harus Aluna lakukan ketika dia mendadak jadi satu-satunya junior yang tahu sisi gelap si Ketua MOS, yang bahkan teman-temannya pun enggak tahu? Perlukah Aluna berempati dan memaklumi kekejamannya?

  • Keunggulan

Telah dibaca sebanyak 21 juta kali di Wattpad, 2 Buku trilogi, buku kedua berjudul Inestable (telah dibaca 12 juta kali) dan buku ketiga berjudul Athlas (telah dibaca 22 juta kali). Saking banyak yang berminat dengan novel ini, novel Senior akan segera di film kan.

  • Kelemahan

Ceritanya kurang padat dan kurang fokus juga. Adegannya terlalu cepat berpindah, sehingga alurnya kerasa terlalu cepat. Tahu-tahu saja sudah selesai.  

  • Tinjauan Bahasa

Novel ini memiliki bahasa yang ringan/tidak baku, sehingga membuat saya mudah mengerti saat membacanya.

PENUTUP

Novel Senior ini berisikan tentang kisah Nakula Jamie Manuel Megantara sebagai Ketua OSIS, ketampanannya dan kepintarannya yang sangat dielu-elukan oleh para siswi di SMA Sevit. Nakula bertemu dengan Aluna Amanda Nindiatama, Aluna itu orangnya cantik, ramah namun berisik. Dia juga seorang siswi baru di SMA Sevit Bandung yang baru saja pertama ikut MOS langsung terkena hukuman karena sifat sok heroiknya yang menyela saat sang Ketua OSIS menyampaikan sistem yang dipakai saat MOS berlangsung ditambah datang terlambat di hari pertama MOS. Sejak itulah konflik di antara mereka mulai menjadi rasa  menyayangi satu sama lain.

 

Gimana Sunners?

Menarik, bukan? Tunggu apalagi, yuk, dibaca novelnya.

Penulis : Alyaa Nabiilah (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Leave A Comment