Majalah Sunday

Rekomendasi Buku Self Improvement yang Isinya Daging Banget!

Penulis: Salsa Bila – Universitas Negeri Jakarta

Hallo, Sunners! Kembali lagi di segmen Minggu Rekomendasi. Pernah nggak sih kalian kehilangan motivasi, merasa malas menjalani kehidupan sehari-hari, insecure melihat pencapaian orang lain, merasa hidup begini-begini aja, terlalu banyak yang harus dikerjakan dalam sehari, overwhelmed, dan perasaan-perasaan yang mengganggu lainnya? Jangan khawatir, karena semua orang pasti pernah mengalami fase tersebut. Fase-fase seperti ini memang tidak dapat dihindari, karena terkadang perasaan tersebut datang secara alamiah. 

 

Meskipun tidak dapat dihindari, kita dapat melakukan usaha-usaha untuk mengatasi dan melewati fase ini dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku self improvement. Buku self improvement merupakan buku yang memang bertujuan untuk membantu kita dalam meningkatkan nilai diri, baik dari segi keterampilan, pengetahuan, sikap, atau kebiasaan. Berikut adalah rekomendasi buku self improvement yang dapat membantu kamu mendapatkan inspirasi, motivasi, dan meraih perubahan positif dalam hidup. 

How to respect myself: Seni menghargai diri sendiri karya Yoon Hong Gyun

how to respect, rekomendasi buku self improvement

How to respect myself: Seni menghargai diri sendiri karya Yoon Hong Gyun 

Buku “How to respect myself: Seni menghargai diri sendiri” karya Yoon Hong Gyun merupakan salah satu buku self improvement terlaris dan sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Buku ini banyak menjelaskan tentang cara untuk mengenal diri sendiri, menghargai diri sendiri, dan juga mencintai diri sendiri. Karena menurut penulis dalam harga diri seseorang, terdapat tiga pilar dasar. Pilar pertama adalah kebermanfaatan diri, yakni seberapa besar kita merasa bermanfaat. Pilar kedua adalah kontrol diri, pilar ini berarti diri kita berani untuk melakukan segala hal yang kita inginkan. Pilar ketiga adalah rasa aman, pilar ini menjadi dasar dari harga diri.

Dengan diterbitkannya buku ini, penulis berharap agar para pembaca dapat mulai untuk mencintai diri sendiri apa adanya dan menerima ketidaksempurnaan yang ada pada diri, mendapatkan cara untuk memandang kehidupan dari sudut pandang lain, tidak lagi bimbang untuk mengambil keputusan, dan tidak lagi mudah terpengaruh oleh perkataan maupun tindakan orang lain. Yoon Hong Gyun, penulis buku “How to respect myself: Seni menghargai diri sendiri” merupakan seorang seorang dokter spesialis kejiwaan yang berasal dari Korea Selatan. Dapatkan buku “How to respect myself: Seni menghargai diri sendiri” di sini. https://aff.gramedia.com/s/ejUPjDOEGq

Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo

Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, rekomendasi buku self improvement

Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo 

Buku “Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah” karya Geulbaewoo merupakan satu dari tiga buku self improvement yang ditulis oleh Geulbaewoo, dua di antaranya yaitu “Sebenarnya Aku Tidak Baik-baik Saja” dan “Jawaban Untuk Kecemasanmu”. Jika Sunners sedang merasa lelah dengan kehidupan, baik karena masalah ekonomi, pekerjaan, cinta, dan masalah lainnya. Buku adalah buku yang cocok bagi kamu yang sedang merasa jenuh dan butuh ruang untuk menenangkan diri. Geulbaewoo berharap melalui buku ini para pembacanya akan mengerti bahwa perasaan lelah yang selama ini dialami dan rasa ingin istirahat bukanlah suatu hal yang salah. “Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah” karya Geulbaewoo ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri, hal ini yang membuat kalimat-kalimat dalam buku ini akan memberimu pemikiran yang baik tentang dirimu. 

Buku ini berisi sekumpulan esai pendek yang dibagi menjadi tiga bagian: Kau Pasti Bisa Mewujudkan Banyak Hal meski Harus Jatuh Bangun Berulang Kali, Untukmu yang Kelelahan karena Selalu Menahan Semuanya Sendirian, dan Kesukaan yang Paling Menunjukkan Jati Diri. Tiga esai ini memuat berbagai topik seputar kegagalan, harapan hidup, prolema-problema hubungan, hingga menemukan kebahagiaan. Geulbaewoo mengajak pembaca untuk merenungkan hal-hal yang pernah terjadi dan sudah pernah kita lewati dalam hidup. Dalam buku ini juga terdapat banyak kisah inspiratif dan kalimat-kalimat positif yang dapat membantu pembaca untuk termotivasi dan mendapatkan perspektif baru. Kalimat-kalimat yang ditulis pada setiap halaman dapat mewakili isi hati pembaca dan menyadarkan pembaca bahwa tidak hanya diri kita sendiri yang sedang merasakan kesedihan. Dapatkan buku “Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah” di sini. https://aff.gramedia.com/s/ALHZOCVPnH

The Mountain Is You karya Brianna Wiest

the mountain is you, rekomendasi buku self improvement

The Mountain Is You karya Brianna Wiest

Buku “The Mountain Is You” karya Brianna Wiest merupakan buku self improvement yang cocok untuk kamu ingin memahami dan mengatasi sabotase terhadap diri sendiri. Dalam buku ini, Brianna Wiest menulis berdasarkan kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan berbagai perilaku sabotase diri dan dari hal tersebut Brianna Wiest  menjelaskan dengan detail cara mengatasi hal itu. Buku ini membahas tentang sabotase diri, sebuah perilaku ketika seseorang secara sadar atau tidak sadar melakukan hal-hal yang menghambatnya untuk mencapai tujuan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ketakutan, ketidakpercayaan diri, dan trauma masa lalu. Dalam buku ini, Brianna Wiest mengajak pembaca untuk menyelami isi hati dan pikiran, menerima dan merelakan masa lalu yang membuat trauma karena menyakitkan, dan mencari peluang dengan menemukan potensi diri yang baru dengan menjadi diri yang tangguh. 

Brianna Wiest merupakan seorang penulis, ia telah menulis ribuan artikel di Thought Catalog, pernah bekerja sebagai reporter di Teen Vogue, dan telah menulis empat buku. Saat ini Brianna Wiest fokus menjadi penulis terutama menulis puisi. Dalam buku “The Mountain Is You” Brianna Wiest menyajikan tulisan yang mudah dipahami dengan contoh dari kehidupan sehari-hari, hal ini menjadikan buku ini dapat dibaca oleh berbagai usia. Buku ini terdiri atas empat bagian. Bagian pertama membahas tentang apa itu sabotase diri dan mengapa kita melakukannya. Bagian kedua membahas tentang berbagai bentuk sabotase diri. Bagian ketiga membahas tentang bagaimana cara mengatasi sabotase diri. Bagian keempat membahas tentang bagaimana cara membangun diri yang tangguh. Dapatkan buku “The Mountain Is You” di sini. https://aff.gramedia.com/s/isNzKuEOyC

Filosofi Teras karya Henry Manampiring

filosofi teras, rekomendasi buku self improvement

Filosofi Teras karya Henry Manampiring

Buku “Filosofi Teras” karya Henry Manampiring merupakan buku self improvement yang juga merupakan sebuah buku pengantar filsafat Stoa yang dibuat khusus sebagai panduan moral anak muda. Menurut Wikipedia, buku ini ditulis untuk menjawab permasalahan tentang tingkat kekhawatiran yang cukup tinggi dalam skala nasional, terutama yang dialami oleh anak muda. Filosofi Teras, dibuat dengan kolaborasi beberapa pihak, seperti ilustrator, Levina Lesmana yang cukup berjasa dalam pembuatan sampul buku, dan si penulis, Henry Manampiring, yang terinspirasi dari buku How to be a Stoic karya Massimo Piggliuci, seorang penulis kenamaan Italia yang juga penganut Stoisisme. Selain teori, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa data seperti survei kekhawatiran nasional dan juga wawancara dari beberapa tokoh yang dianggap ahli dalam hal psikologi.

Buku ini sangat cocok dibaca untuk kamu yang sedang, pernah atau saat ini memang sedang mengalami berbagai situasi sulit dan ujian hidup yang rasanya begitu sukar. Karena buku “Filosofi Teras” mengandung wawasan dan cara pandang inspiratif dalam mencapai kebahagiaan yang tentunya akan membuatmu bangkit, menemukan kembali motivasi, dan dapat menjalankan hidup lebih baik untuk seterusnya. Dalam buku ini, Henry Manampiring selaku penulis menyampaikan pesan tentang pentingnya mengendalikan pikiran dan emosi kita dalam menghadapi segala perubahan dan tekanan dalam kehidupan. Dapatkan buku “Filosofi Teras” di sini. https://aff.gramedia.com/s/AdpIqUjgnI

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 49
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?