Perlu dipahami!
Ilmu Eksakta dan Cara Mempelajarinya

Gimana nih wawasan kalian uda cukup belum, untuk bekal-mu ke pendidikan berikutnya? Kalo belum mari kita sama-sama menambah wawasan kita, dengan mengetahui atau memahami ilmu eksakta, yang juga dikenal dengan ilmu pasti. Buat yang belum tau mengenai pelajaran eksak, dalam artikel ini kita akan membahas secara mendalam mengenai ilmu pasti.

Pertama-tama perlu sunners pahami bahwa ada beberapa jurusan yang didominasi oleh ilmu Eksakta dan Non Eksakta. Ilmu Eksak atau Eksakta adalah ilmu yang biasanya didominasi oleh ilmu hitung, jurusan eksakta juga biasa disebut dengan Ilmu Pasti. 

Sedangkan non eksak lebih cenderung kepada teori-teori dan tidak terdapat perhitungan-perhitungan angka di dalamnya. Contohnya dalam ilmu bahasa, kita akan menemukan beberapa aturan-aturan pasti yang harus dipenuhi walaupun aturan-aturan tersebut bukan merupakan ilmu perhitungan.

Pahami Cara Mempelajari Ilmu Eksakta dengan Mudah

Pahami Cara Mempelajari Ilmu Pasti dengan Mudah, pict by canva.com

Contoh Jurusan Dalam Lingkup Ilmu Eksakta:

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Mesin
  3. Arsitektur
  4. Matematika
  5. Teknik Industri
  6. Ilmu Keperawatan
  7. Pendidikan Kedokteran Gigi
  8. Kedokteran
  9. Teknologi Informasi
  10. Teknik Gambar

Contoh Jurusan Dalam Lingkup Ilmu Non Eksakta:

  1. Akuntansi
  2. Psikologi
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
  5. Sosiologi
  6. Ilmu Hukum
  7. Bimbingan Konseling
  8. Ilmu Politik. dll.

Memilih Mengambil Jurusan Dengan Basis Ilmu Eksakta atau Non-Eksakta?

Dari penjelasan di atas, pasti kalian uda ada wawasan nih ya, tentang apa yang akan harus kalian kembangkan dari dirimu, saat ingin belajar pada jurusan dalam lingkup Eksak. Satu hal yang perlu sunners pahami juga, bahwa mendalami pelajaran seperti matematika, fisika, dan kimia adalah salah satu metode yang baik agar kita dapat memahami cara berpikir yang tepat dalam pembelajaran eksak.

Sebagian orang tidak memiliki daya ingat dan pola pikir yang baik. Tapi ada juga orang-orang yang mampu dan cepat untuk memahami suatu materi. Untuk menjadi seperti mereka, kita butuh tekad yang sangat besar. Mimin sendiri juga bukan merupakan tipe orang yang suka belajar sendiri, dibandingkan belajar di kelas. Namun mimin mau saranin beberapa tips yang mimin percaya dapat membantu.

Pilih jurusan eksakta apa?

Pilih-pilih jurusan eksakta, masih bingung juga? Mending kamu baca buku in

Cara Sukses Memahami Ilmu Eksakta

Untuk sukses belajar berbagai ilmu eksakta, Anda perlu mengadopsi beberapa strategi yang efektif. Pertama, tetapkan tujuan yang jelas agar Anda memiliki fokus dan motivasi yang kuat dalam belajar. Selanjutnya, buatlah jadwal belajar yang teratur dan konsisten, dan alokasikan waktu yang cukup setiap hari untuk mempelajari materi-materi ilmu eksak. Gunakan berbagai sumber belajar, seperti buku teks, materi online, dan video tutorial, agar pemahaman Anda semakin mendalam. 

Berkolaborasi dengan teman sekelas atau rekan belajar juga dapat meningkatkan pemahaman dan mempermudah pemecahan masalah. Jangan lupakan pentingnya berlatih dengan mengerjakan latihan soal untuk melatih kemampuan Anda dalam menerapkan konsep-konsep yang dipelajari. Selain itu, tetapkan prioritas dengan memberikan perhatian ekstra pada area yang membutuhkan pemahaman lebih dalam. 

Jangan takut mencari bantuan jika mengalami kesulitan. Selalu bertekad dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan, serta gunakan sumber rujukan dan sumber pendukung lainnya untuk memperdalam pemahaman Anda. Jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup, karena istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan daya fokus dan efektivitas belajar Anda. Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini secara konsisten, Anda akan dapat mencapai kesuksesan dalam belajar berbagai ilmu pasti

Sudah siap mengambil jurusan berdasarkan ilmu eksakta? pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 4,380
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?