Majalah Sunday

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Pelajar Walaupun di Rumah Saja!

Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Siapa di antara Sunners yang sering bertanya-tanya, apakah ada pekerjaan yang cocok untuk pelajar tanpa mengganggu waktu belajar? Jawabannya tentu ada! Terlebih era modern seperti saat ini, teknologi telah memudahkan hasrat Sunners yang ingin dapat uang dari jerih payah sendiri walau masih berstatus pelajar.

Kali ini Sunday mau berbagi pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk pelajar. Sunners bisa jalani tanpa mengganggu waktu belajar, lho!. Yuk, kita cari tahu satu demi satu.

1. Penulis freelance

Pekerjaan untuk pelajar, penulis freelance

Tulisanmu bagus? Yuk coba jadi penulis freelance! pict by canva.com

Pekerjaan yang cocok untuk pelajar yang pertama sesuai banget buat Sunners dengan hobi menulis, apalagi kalau banyak yang bilang tulisanmu bagus. Pekerjaannya yakni menjadi penulis freelance! Saat ini sudah banyak sekali situs online yang mau membayar tulisanmu untuk ditayangkan sebagai konten mereka, seperti Getcraft, Babe, dan lainnya.

Misalnya satu artikelmu dihargai 30 ribu, jika kamu menulis satu hari satu, berarti dalam satu minggu kamu akan mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 210 ribu (Rp30 ribu x 7 hari). Layak banget kan dijadikan pekerjaan untuk pelajar yang hobi menulis?

2. Blogger

Punya blog dan memiliki banyak pengikut? Sayang banget kalau didiamkan gitu aja, soalnya kamu bisa mendapatkan uang dari blog milikmu, lho. Gimana caranya ya?

Sejak awal membuat blog tentu kamu sudah memiliki konsep atau fokus pada satu bidang, seperti fashion, cosmetics, dan lainnya. Contohnya jika kamu make up blogger, kamu bisa fokus ke review produk. Berikan review yang lengkap dan menarik, dengan begitu cepat atau lambat akan ada brand yang menawarkan jasa endorse. Lumayan, penghasilan dari pekerjaan ini kalau untuk sekali endorse saja, kamu yang notabene masih pelajar dapat bayaran Rp500 ribu.

3. Dropshipper

Pekerjaan untuk pelajar, dropshipper

Bermodalkan handphone, kamu juga bisa jadi dropshipper, pict by canva.com

Belum punya cukup uang untuk buka online shop tapi mau dapetin uang tambahan? Jangan berkecil hati dulu ya, karena kamu tetap bisa menghasilkan uang tambahan dengan menjadi dropshipper. Gak keluar modal tapi menghasilkan uang, bisnis untuk pelajar yang super mudah dikelola ini bisa dimulai kapan saja.

Sebagai pilihan, kamu bisa menjual kosmetik, pakaian hingga berbagai produk lainnya. Dengan berbekal strategi pemasaran yang tepat, kamu akan bisa meraup untung yang besar. Disebutkan bahwa dalam setiap penjualan produk, kamu bisa mendapatkan untuk mencapai Rp5.000 sampai Rp10.000.

4. Jualan pulsa

Jualan pulsa juga bisa menjadi salah satu bisnis yang mudah dikelola dan menguntungkan untuk pelajar mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa menawarkan ke teman-teman sekelasmu terlebih dahulu. Bisnis ini biasanya cepat menyebar mulut ke mulut. Lumayan kan kalau satu sekolah beli pulsa sama kamu, walaupun keuntungannya sedikit, tapi kalau yang beli banyak kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan.

Bisnis sampingan menjual pulsa juga tidak memerlukan sarana yang besar ataupun mahal. Cukup memanfaatkan handphone dan mendaftarkannya pada distributor pulsa elektrik, kamu sudah bisa memulai aktivitas mengisi pulsa orang lain.

Pada awalnya yang bisa kamu lakukan mungkin hanya melayani teman atau tetangga sekitar saja. Tapi jika memungkinkan dan prospeknya cukup menjanjikan, maka tidak salah jika kamu menekuni bisnis ini lebih serius dengan membuat konter pulsa kecil kecilan.

5. YouTuber

pekerjaan untuk pelajar, youtuber

Suka tampil di depan kamera? Jadi YouTuber patut kamu coba! pict by canva.com

Jika punya video original buatan kamu, jangan disia-siakan dan disimpan saja. Lebih baik coba dibagikan melalui situs YouTube. Siapa tau bisa booming dan meraih tayangan yang luar biasa dari penonton. Ini nantinya yang akan dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet dengan cara paling mudah. Walaupun sekarang ini peraturan YouTube untuk menghasilkan uang melalui video lebih ketat dan sulit, tetapi jika kamu telaten dan ingin menekuninya akan menjadi mudah kok.

6. Social media influencer

Berapa jumlah followers pada akun Instagram atau TikTok kamu saat ini? Jika kamu berhasil mengumpulkan followers hingga mencapai ribuan orang, kamu akan bisa memanfaatkannya dengan mencoba melakoni kerja sampingan untuk pelajar sebagai social media influencer. Dengan menerima endorse produk, kamu akan bisa mendapatkan untung yang cukup besar dari setiap postingan endorse tersebut. Sudah banyak orang yang melakoni jenis pekerjaan ini hingga kemudian banyak dari mereka yang kemudian menjadi seseorang yang sukses.

7. Freelancer desainer grafis

pekerjaan untuk pelajar, freelancer desain grafis

Jangan sia-siakan minat desainmu! pict by canva.com

Sebagai generasi Z dan generasi milenial, desain grafis tentunya bukan hal yang asing bagimu. Bahkan beberapa sekolah pun membuka ekstrakurikuler untuk para remaja yang mencintai dunia desain grafis. Nah, hal ini perlu banget kamu manfaatkan sebagai ladang penghasilan, guys. Tentunya banyak perusahaan yang memerlukan jasa desain grafis dalam berbagai acara maupun tujuan. Kunci dari pekerjaan ini adalah belajar untuk menyesuaikan skill yang kamu miliki dengan selera yang dimiliki masyarakat. Tentunya perusahaan menginginkan desain unik dan menarik perhatian masyarakat dong!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,472
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?