WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pacaran Virtual: Darling atau Daring?

Halo, Sunners! Di situasi pandemi saat ini, protokol kesehatan masih terus dilakukan. Mulai dari menggunakan masker sampai menjaga jarak. Bahkan, semua kegiatan kita diubah menjadi aktivitas daring demi mengurangi klaster baru COVID-19. Sekolah daring, kuliah daring, sampai kerja daring. Pandemi yang terjadi saat ini sudah memberikan banyak perubahan dalam aspek kehidupan kita, termasuk kegiatan berkencan. Berkencan ada yang daring juga, loh. Fenonema ini seringkali disebut sebagai ‘Pacaran Virtual’.

Pacaran virtual lagi tren banget saat ini, khususnya di kalangan remaja. Pacaran virtual berbeda dengan LDR loh, Sunners. Kalau LDR sudah pernah bertemu sebelumnya, orang yang menjalani hubungan virtual belum pernah bertemu sama sekali. Orang yang menjalani pacaran virtual ini biasanya saling mengenal lewat dunia maya. Ketika hubungan fisik tak lagi bisa dilakukan seperti sebelumnya, hubungan virtual ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hubungan seperti ini biasa diawali dengan obrolan ringan seperti membicarakan keadaan cuaca, hobi, film atau musik favorit dan masih banyak lagi.

Lantas, kenapa ya pacaran virtual ini sangat diminati?

Simple, Karena khalayan kita sendiri. Ketika kita menjalani hubungan virtual, kita belum pernah melihat pasangan kita secara langsung. Meskipun kita berkomunikasi melalui pesan, telepon, bahkan telepon video, kita hanya bisa membayangkan wujud pasangan kita melalui bayangan dan asumsi yang ada di kepala kita. Kita semua sudah tahu bahwa di dunia maya apapun bisa dipalsukan dengan mudah, termasuk persona yang kita bangun di sosial media. Jadi, saat kamu punya hubungan virtual, kamu bukan jatuh cinta pada pasangan kamu, melainkan persona yang dibuat oleh pasangan kamu yang didukung dengan khayalan kamu sendiri.

Kamu merasa perasaan kamu nyata?

Eits, tunggu dulu, Sunners. Kamu pasti pernah nangis karena nonton film atau series kesukaan kamu, kan? Rasanya sedih banget, perasaan kamu seperti nyata. Tapi, apakah kamu ada di dalam film atau series yang kamu tonton? Tidak, bukan? Nah, seperti itulah analoginya.

Jadi, kalau kamu sedang berada di situasi ini, jangan dianggap serius ya, Sunners! Jangan gampang terlena apalagi baper, doi bisa ghosting kamu kapan aja loh hehe. Peace!

 

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment