WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mistis Hingga Medis: Segala Informasi yang Perlu Kamu Tahu Tentang Susuk!

Susuk atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai charm needles merupakan proses memasukan benda asing ke dalam salah satu anggota tubuh manusia secara spiritual. Tidak hanya di Indonesia, kepercayaan terhadap susuk juga bisa didapati di negara Malaysia.

Susuk memiliki beberapa fungsi, antara lain penambah daya tarik, penambah kekuatan fisik, dan perlindungan spiritual. Selain perubahan dalam penampilan dan fisik, pada beberapa jenis susuk tertentu, susuk dapat memberikan kesan berbeda kepada pemakainya, seperti ucapan dari seorang pemakai susuk akan terdengar lebih meyakinkan dan sulit untuk dibantah. Meskipun memiliki banyak fungsi, susuk tidak serta-merta memberikan seluruh fungsi tersebut kepada pemakainya. Fungsi susuk bergantung kepada letak pemakaian susuk di anggota tubuh.

Susuk memiliki beberapa jenis yang berbeda, antara lain susuk besi, susuk perak, susuk emas, dan susuk berlian. Masing-masing dari jenis susuk menawarkan kekuatan yang berbeda kepada si pemakai. Semakin mahal jenis susuk yang digunakan semakin kuat juga khasiat dari susuk tersebut.

Proses pemasangan susuk sendiri tidak jauh berbeda dengan santet, yaitu sama-sama memasukkan benda padat ke dalam tubuh manusia. Benda-benda logam tersebut dimasukkan secara spiritual dengan mengucapkan mantra atau do’a. Susuk yang berhasil dipasang akan menetap pada anggota tubuh pemakainya tanpa merasakan sakit.

Berikut beberapa anggota tubuh yang sering dijadikan tempat pemasangan susuk:

 

  • Wajah

 

Penggunaan susuk di wajah memiliki beberapa fungsi sesuai dengan penempatan letaknya. Misal, susuk yang dipasang di pipi dan dahi berguna untuk membuat pemilik susuk menjadi terlihat lebih menarik. Penggunaan susuk di bagian dagu membuat pemiliknya lebih segani dan perkataan-perkataannya lebuh mudah dituruti oleh orang lain.

 

  • Lengan/Tangan

 

Susuk pada tangan biasanya berhubungan dengan kekuatan. Pemakainya ingin agar tangannya lebih kuat dan tidak mudah cedera. Untuk itu, susuk ini digemari oleh para pekerja yang mengandalkan kekuatan tangannya.

 

  • Badan

 

Susuk di bagian badan berhubungan dengan kecantikan. Pada seorang wanita biasanya susuk ditaruh di bagian payudara dan pinggul. Hal itu bertujuan agar bagian tubuh tersebut terlihat lebih menarik.

 

  • Alat Kelamin

 

 

Penempatan susuk di bagian ini berguna agar tidak mudah ejakulasi ketika berhubungan intim. Meskipun susuk diperuntukan pada bagian alat kelamin, susuk tidak serta-merta dipasang pada bagian tersebut. Susuk biasanya dipasang di bagian perut bawah atau satu jengkal di bawah pusar.

 

  • Kaki

 

Penggunaan susuk di area ini memiliki fungsi yang hampir sama seperti penempatan susuk di bagian tangan atau lengan. Susuk di kaki bertujuan agar penggunanya memiliki kaki yang kuat dan tidak mudah cedera. Susuk ini digemari oleh orang yang mengutamakan kekuatan kakinya ketika bekerja, misalnya penari.

Aturan-Aturan

Susuk mengatur pemakainya untuk mengikuti aturan-aturan tertentu. Beberapa aturan umum yang harus diikuti, yaitu:

  • Susuk Harus Dicabut Sebelum Pemasang/Pemakai Meninggal Dunia

Hal ini berhubungan dengan kepercayaan dalam agama Islam yaitu ketika seorang manusia mati dan masih memiliki sifat kotor dari duniawi maka malaikat akan enggan untuk mendekati jasad/jiwa tersebut. Selain itu, susuk yang selama menahun belum dicabut dipercaya berpotensi membuat pemakai yang masih hidup sulit untuk menghadapi kematian. Pada beberapa kasus, pemakai susuk bisa mencapai usia ratusan tahun karena susuknya belum dilepas.

Bagaimana jika pemasang susuk meninggal sebelum susuk dilepas? Pemakai susuk harus mencari orang pintar/dukun/ustadz/kiai yang bisa melepas susuk tersebut. Hal ini bisa saja mudah ataupun sulit, tergantung proses ketika memasangnya. Susuk akan sulit untuk dilepas ketika susuk dipasang menggunakan mantra tertentu.

  • Ganti Susuk Secara Rutin

Seperti yang sudah disebutkan di atas, susuk memiliki kekuatan untuk memberikan daya tarik lebih kepada pemakainya. Meskipun begitu, kekuatan yang ada pada susuk tidak akan terus ada dalam satu kali pemakaian. Kekuatan itu akan perlahan memudar seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, pengguna susuk harus rutin mengganti susuk lama dengan susuk baru.

  • Hindari Pantangan

Pada dasarnya setiap proses pemakaian susuk memiliki pantangan yang berbeda-beda. Bahkan beberapa orang tidak memiliki pantangan, dalam kasus ini biasanya harga susuk tergolong lebih mahal daripada susuk yang biasa. Beberapa pantangan umum, antara lain tidak mengonsumsi sate langsung dari tusuknya, tidak mengonsumsi/menyentuh daun kelor, tidak menyeberangi sungai besar, dan tidak mengonsumsi pisang tanduk. Pemakai susuk juga tidak diperkenankan memberitahu orang lain jika dirinya menggunakan susuk karena hal tersebut akan memudarkan kekuatan magis yang dihasilkan oleh susuk.

Meskipun sudah menghindari pantangan ketika menggunakan susuk, kekuatan magis susuk bisa jadi tidak bekerja pada segolongan orang. Misalnya, kekuatan magis susuk di wajah yang berfungsi untuk kecantikan tidak bekerja pada sesama jenis dan orang yang sering beribadah.

Sudut Pandang Medis

Hingga saat ini, dunia medis belum bisa menjelaskan secara mendetail mengenai fenomena susuk. Meskipun begitu, medis tidak menutup kemungkinan bahwa susuk merupakan hal yang benar-benar ada dan bukan omong kosong belaka. Salah satu buktinya adalah sinar X bisa menangkap keberadaan susuk di tubuh manusia. Adapun kejanggalannya adalah ketika dilakukan pembedahan di anggota tubuh itu, susuk tidak akan terlihat oleh dokter.

Dikarenakan status susuk yang masih belum jelas, pemakaian susuk untuk fungsi kecantikan tidak dianjurkan di dunia kesehatan. Materil susuk yang terbuat dari logam ditakutkan berisiko menjadi penyebab infeksi. Selain itu, karena letak susuk yang tidak bisa dilihat oleh dokter bedah, jika terjadi infeksi pada pemakai maka susuk tidak bisa diangkat.

Meskipun begitu, ada satu jenis susuk yang diperbolehkan di dunia kesehatan, yaitu KB susuk atau KB implan. KB susuk merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang bekerja secara jangka panjang. Bentuknya berupa tabung plastik kecil seukuran korek api. Tabung tersebut berisi hormone mencegah kehamilan. Tabung KB dimasukkan atau diimplan ke dalam kulit lengan atas. Tabung ini mampu mencegah kehamilan selama kurang lebih tiga tahun.

Oleh: Amalia Mumtaz Nabila, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment