WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Merasa Kecewa Pada Diri Sendiri? Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Halo, Sunners! Kamu pernah merasa kecewa pada diri sendiri? Lalu, perasaan kecewa itu membuatmu terpukul dan patah semangat? Sedih berkepanjangan, sampai lupa jika cita-cita dan mimpimu menunggu untuk diraih! Bagaimana sih cara mengatasinya agar bisa bangkit kembali? Yuk, simak penjelasannya sampai habis, ya!

Muncul rasa kecewa terhadap orang lain mungkin sudah hal yang biasa. Ketika kamu menaruh harapan terlalu besar akan suatu hal pada orang lain, dan ternyata hasilnya tidak sesuai harapan, maka rasa kecewa itu akan muncul. Awalnya mungkin muncul rasa marah, sedih, sakit hati, tidak percaya, dan lain sebagainya yang lama-kelamaan membuatmu sadar, jika semua rasa itu adalah awal munculnya rasa kecewa dalam dirimu. Lalu bisa saja setelah itu kamu tidak akan mau berurusan lagi dengan orang itu. Kamu akan berusaha menjauhinya. Tapi, bagaimana jika kamu sedang merasakan kecewa pada dirimu sendiri? Bagaimana mungkin jika kamu akan meninggalkan dirimu sendiri, hanya karena rasa kecewa itu?

Ketika kamu merasa kecewa terhadap dirimu sendiri, kamu merasa gagal. Semua usaha dan kerja keras yang selama ini kamu lakukan tidak ada artinya lagi. Hingga akhirnya kamu mulai menyalahkan dirimu sendiri, tanpa tahu apa penyebabnya. Iya, kamu hanya tahu jika kamu kecewa terhadap dirimu sendiri. Tapi, kamu melupakan satu hal paling penting. Apa yang menyebabkan rasa kecewa itu bisa muncul? Kenapa rasa kecewa terhadap diri sendiri itu bisa muncul? Apa ada yang salah dalam dirimu, sehingga rasa kecewa itu hadir?

Dan untuk menjawab semua pertanyaan itu, kamu membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengenal dirimu lebih jauh. Kenapa? Karena yang bisa menjawab semua pertanyaan itu hanya kamu. Diri kamu sendiri. Maka, berilah dirimu sendiri ruang untuk berpikir. Jangan sampai kamu malah berlarut-larut pada rasa kecewa itu, hingga tanpa sadar terus menyalahkan diri sendiri, tanpa mau mencari solusi untuk melepaskanmu dari rasa kecewa itu. Ingat! Ini bukan tentang salah dan benar. Ini tentang menerima. Menerima kesalahan, dan mencoba untuk memperbaikinya.

Maka, satu-satunya cara ialah menerima rasa kecewa itu sendiri. Ya, kamu harus menerimanya. Rangkul rasa kecewa itu sebagai teman perjalanan hidupmu sampai nanti. Jangan menganggapnya sebagai musuh, hanya karena rasa kecewa itu membuatmu patah semangat untuk melakukan kegiatan, mengejar mimpimu, cita-citamu, melanjutkan hidupmu. Tapi, jadikan rasa kecewa itu sebagai motivasimu untuk terus maju dan bangkit lagi ketika terjatuh.

Lalu, bagaimana caranya jika kamu belum bisa menerima kehadiran rasa kecewa yang tiba-tiba saja muncul, padahal kamu sendiri merasa tidak melakukan kesalahan, sehingga rasa kecewa itu bisa hadir? Tenangkan dirimu. Lepaskan sejenak semua emosi yang ada di dalam dirimu. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa senang. Berikan dirimu sendiri ruang. Ruang untuk mengenali dirimu lebih jauh lagi. Mungkin saja selama ini kamu terlalu fokus akan pencapaian yang ingin kamu raih, sehingga lupa melihat ke dalam dirimu sendiri, apakah dirimu sendiri mampu? Atau mungkin kamu terlalu memaksakan diri, sehingga rasa kecewa itu kini datang untuk menyadarkanmu.

Coba deh, mulai sekarang, sering-sering ajak dirimu sendiri ngobrol. Apa sih yang kamu mau? Kamu bisa apa? Kamu ingin melakukan apa? Tanyakan semua itu pada dirimu, dan carilah jawabannya perlahan-lahan. Memahami diri sendiri adalah salah satu cara agar rasa kecewa itu tidak muncul tanpa aba-aba. Dan, menjadikan rasa kecewa yang sudah terlanjur muncul sebagai motivasimu untuk terus melangkah adalah cara untuk menerima.

 

Puja Sindia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment