WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Menyesal Salah Pilih Jurusan di SMK/SMA?

Masalah pemilihan jurusan ketika memasuki jenjang pendidikan menangah atas, baik itu di SMA ataupun SMK memang menjadi permasalahan sendiri bagi para siswa baru.

Beragam jurusan menarik yang tersedia justru kadang membuat mereka sulit untuk memilih salah satu di antaranya. Meskipun banyak juga para siswa yang telah menyiapkan diri sejak awal mengenai jurusan yang ingin dipilihnya nanti ketika masuk sekolah menengah atas. Di samping hal itu, tak ayal juga masih banyak para siswa lainnya yang kebingungan dan kadang kada secara spontan tanpa pertimbangan lebih lanjut memilih jurusan secara asal. Penyesalan menjadi salah satu yang akan dirasakan oleh mereka jika ternyata pilihan jurusan yang diambilnya secara asal tersebut akhirnya lolos. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh mereka? Bagaimana agar penyesalan tersebut tak kian berlanjut?

Nah, Sunners, jika kamu menjadi salah satu siswa di atas yang memilih jurusan dengan tanpa banyak pertimbangan dan berakhir menyesal, tetapi juga tak bisa untuk bertindak nekat dengan mengeluarkan diri darinya, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan di hidupmu, nih. Langsung saja, check it out!

  1. Mulai Cintai Jurusanmu

Full Frame Shot of Computer

Memasuki jurusan yang tak sesuai memang akan membuat kamu merasa menyesal dan tak bahagia ketika menjalani hari-hari di jurusanmu tersebut, belum dengan perasaan iri melihat temanmu menjalani jurusan yang kamu idamkan dengan bahagia, tentulah perasaan ingin keluar dari jurusanmu itu akan benar-benar terasa. Namun, Sunners, belum tentu jurusan yang menurutmu salah tersebut juga akan membuatmu mendapatkan masa depan suram. Atau bahkan, dengan dirimu masuk ke jurusan bagus dan impian juga belum tentu akan membawamu menuju ke masa depan yang gemilang. Semua itu tidak bergantung pada jurusan apa yang kamu ambil, tetapi kepada apa yang kamu dapatkan dan bagaimana dirimu memanfaatkannya. Oleh karena itu, bisa jadi justru dengan lolosnya kamu di jurusan tersebut merupakan kehendak Tuhan dan telah direncanakan oleh-Nya. Percayalah, Sunners karena Tuhan pastilah merencanakan yang terbaik untuk umat-Nya.

Nah, Sunners, apakah kamu juga pernah mendengar ungkapan ini, “Love what you do. Do what you love.” Meskipun tak bisa menjalankan apa yang kamu cintai, Sunners bisa mulai untuk mencintai apa yang sedang dijalani tersebut.

  1. Jangan Selalu Memikirkan Hal Negatif

Unrecognizable hopeless African American male in casual outfit with dreadlocks sitting leaned on hands in daylight

Stop selalu berpikiran negatif! Berhentilah merasa bahwa kamu akan gagal dan tak memiliki masa depan di jurusan yang salah tersebut. Berhentilah merasa iri dan depresi. Berhentilah merasa sedih dan terus bersikap menyesal dengan pilihan tersebut. Semua hal-hal negatif tersebut justru akan membawamu terus terpuruk dan selalu menyesali perbuatanmu. Adanya perasaan negatif tersebut justru akan memaksamu untuk berhenti bergerak maju. Jadi, mulailah untuk menghiraukan perasaan-perasaan negatif tersebut, dan gantilah dengan perasaan positif seperti bagaimana kamu akhirnya merasa tertantang untuk mempelajari lebih jauh mengenai jurusanmu itu, dan lain sebagainya.

  1. Pelajari Jurusanmu dengan Sungguh-sungguh

Gray Laptop Computer Turned-on

Meskipun kamu merasa salah jurusan, bukanlah hal yang bijak jika kamu akhirnya merasa tak bersemangat dan justru menghiraukan segala pelajaran di jurusanmu tersebut. Tetap ingat dan tanamkan dalam dirimu bahwa Jurusan apa yang kamu ambil tidak mempengaruhi masa depanmu, tetapi kepada apa yang kamu dapatkan dan bagaimana dirimu memanfaatkannya. Oleh karena itu, mulai pelajarilah semua pelajaran di jurusanmu dengan sungguh-sungguh.

  1. Temukan Kegemaranmu

My Secret Plan to Rule the World Book

Untuk bisa menyingkirkan perasaan kecewa dan segala hal perasaan negatif yang dirasakan, kamu bisa mulai menemukan dan lakukan kegemaranmu. Kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk menjauhkanmu dari perasaan negatif tersebut. Usahakan agar kegemaranmu tersebut memiliki nilai yang positif ya, Sunners. Kalau bisa cari dan geluti kegiatan yang masih berhubungan dengan jurusanmu tersebut. Jadi, meskipun kamu tak menyukai jurusan itu, kamu masih menyukai hal kecil di dalamnya, seperti kegemaran yang sedang kamu lakukan tersebut.

  1. Jadikan Pelajaran di Masa Depan

Future Sign

Jadikan penyesalan ini menjadi suatu pelajaran di masa depan. Dengan adanya pengalaman ini, kamu bisa mulai berhati-hati dalam menentukan suatu pilihan. Tak ada lagi versimu yang sembrono, ceroboh, dan asal pilih. Kamu telah menjadi dewasa dari adanya proses mendewasakan diri akibat adanya penyesalan tersebut.

 

Nur Hidayah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment