Majalah Sunday

Mengenal Sosok Lilith
Dalam Mitologi Yahudi

Jauh sebelum kita mengenal hantu-hantu mistis di Indonesia yang muncul di malam hari, berbagai mitologi kuno dunia memiliki banyak makhluk yang menyeramkan. Berasal dari cerita yang tersebar di wilayah Asia Barat Daya Kuno, sosok Lilith adalah “Sang Penguasa Malam”!

Mengenal Sosok Lilith dari Sumber Alkitab

Lilith ( לִּילִית) adalah sosok iblis perempuan dalam cerita mitologi Yahudi. Nama dan kepribadiannya dia itu dianggap berasal dari kelas setan yaitu Mesopotamia yang disebut lilû dan namanya biasanya diterjemahkan sebagai “monster malam” Hal ini pun tertulis dalam kitab Perjanjian Lama bagi umat Kristen maupun kitab orang Yahudi, dalam Yesaya 34:14 “Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian.”

Mengenal Sosok Lilith dari Mitologi Asia Barat Daya Kuno

Menurut mitologi yang terpisah, lilith dikisahkan sebagai istri pertama dari Adam sebelum Hawa diciptakan. Sedangkan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam, ada beberapa catatan menunjukan bahwa Lilith adalah wanita yang dibuat dari tanah yang sama dengan Adam. Karena itu Lilith menolak untuk tunduk pada Adam sebagai suaminya, maka Lilith meninggalkan Adam dan kesempurnaan Taman Eden. Menyaksikan itu, Tuhan memutuskan bahwa jika Lilith tidak kembali, 100 anaknya akan mati setiap hari, dan mengirim tiga malaikat untuk membawa Lilith kembali lagi.

Tiga malaikat akhirnya menemukan Lilith dan mencoba membujuknya, tetapi Lilith tetap tidak mau. Dia menyatakan bahwa dia akan memiliki kendali atas anak-anak orang lain dengan mengatakan : “Jika mereka laki-laki, sejak lahir hingga hari kedelapan saya akan memiliki kekuasaan atas mereka; jika mereka perempuan, dari lahir sampai hari kedua puluh.”

Dalam penjelasan lainnya dari mitologi Lilith ini, sosoknya ternyata dipercaya hanya sebagai istri fantasi Adam yang tujuannya untuk menghilangkan kesendiriannya Adam sebelum akhirnya Hawa tercipta.

Mengenal Sosok Lilith dan Anak-Anaknya

Pada sumber lain mengenai mitologi Lilith, ia menikahi  sosok malaikat agung bernama Samael dan bukan keturunan Adam. Anak-anak itu kadang-kadang diidentifikasi sebagai Incubi dan Succubi. Menurut cerita kuno Yahudi, ada dua iblis utama yang bernafsu terhadap manusia secara seksual yang tak lain adalah Incubi dan Succubi. Tapi perbedaannya adalah Incubi menggoda wanita sementara Succubi menggoda pria. Kedua iblis ini dikatakan telah lahir sebagai hasil dari hubungan Adam dengan Lilith.

Incubi dan Succubi sering menggoda manusia namun agar tidak dicurigai maka mereka menutupi dengan mengubah bentuk sebagai orang yang calon mangsa mereka kenal atau mereka percayai yaitu suami atau kekasih dari calon mangsa mereka itu sendiri, wah serem banget ya Sunners.

Incubi dan Succubi ada dalam budaya banyak bangsa dunia, bahkan masih disegani di beberapa kalangan masyarakat hingga kini. Misalnya,  di Zanzibar, disebut dengan Popo Bawa yang terutama menyerang laki-laki dalam kamarnya. Menurut mitologi tradisional Chili, Incubi berwujud kurcaci mengerikan yang merayu wanita.

Sosok Succubi/Incubi di Indonesia?

Di Indonesia, hal ini serupa sama fenomena genderuwo yang sering diceritakan mendatangi seorang istri yang suaminya sedang bepergian, lalu menipu mereka untuk melakukan hubungan suami-istri dengan cara mengubah penampilan diri jadi menyerupai sang suami. Bagaimana menurutmu, apakah genderuwo merupakan Succubi/Incubi versi Indonesia?

Jauh sebelum hantu-hantu yang kita dengar sekarang ada, sosok Lilith sudah lebih dulu berkuasa

Jauh sebelum hantu-hantu yang kita dengar sekarang ada, sosok Lilith sudah lebih dulu berkuasa, pict by canva.com

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,666
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?