Majalah Sunday

Mengenal Kurikulum Merdeka dan Penataan Baru Nama Jurusan di SMK

SMKHi sunners! Sejak awal hingga lulus sekolah, kurikulum di SMK seiring waktu terus berganti. Untuk kalian yang belum tahu, kurikulum adalah program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Nah, untuk kali ini Min Sunday akan membahas tentang kurikulum yang terbaru dan sudah banyak sekolah yang menerapkan kurikulum ini. Yuk, scroll ke bawah!

Apa itu Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat peserta didik sejak dini. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mempelajari apa yang diminatinya, contohnya; peserta didik dengan jurusan IPS diperbolehkan untuk mempelajari tentang biologi dan fisika, begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi dalam Kurikulum Merdeka, jurusan di SMA seperti IPA dan IPS sudah dihapus. Jurusan SMK juga tak luput dari Kurikulum Merdeka, namun Jurusan di SMK tidak dihapus melainkan ditata ulang. Daftar bidang dan program keahlian SMK yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerja atau disebut Spektrum keahlian juga merupakan acuan untuk Menyusun struktur kurikulum dan program keahlian di SMK. 

Struktur kurikulum SMK dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan. Pada program SMK 3 tahun, mata pelajaran kejuaran akan dipelajari peserta didik pada kelas 11 sampai 12. Dan pada program 4 tahun, mata pelajaran saat kelas 11 sampai 13 mata pelajaran yang dipelajari adalah konsentrasi keahlian tertentu.

Praktek Kerja Industri atau Prakerin yang biasanya ada di SMK untuk meningkatkan hard skill serta soft skill peserta didik juga masih ada dalam Kurikulum Merdeka. Prakerin di Kurikulum Merdeka dilakukan selama 6 bulan dan pelaksanaannya dilakukan di kelas XII.

Spektrum Keahlian SMK pada Kurikulum Merdeka:

  1. Teknologi Konstruksi dan Properti
  2. Teknologi Manufaktur dan Rekayasa
  3. Energi dan Pertambangan
  4. Teknologi Informasi
  5. Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
  6. Agribisnis dan Agriteknologi
  7. Kemaritiman
  8. Bisnis dan Manajemen
  9. Pariwisata 
  10. Seni dan Ekonomi Kreatif

Sejak tahun kemarin atau tepatnya 2022, Kurikulum Merdeka sudah dapat diterapkan ke berbagai tingkat sekolah. Akan tetapi, Kurikulum Merdeka adalah opsi atau pilihan bagi sekolah dengan kesiapannya masing-masing, Satuan Pendidikan seperti guru dan kepala sekolah dapat memilih kurikulum berdasarkan kesiapan masing-masing. 

Kurikulum Merdeka juga mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan, salah satu dampak positif Kurikulum Merdeka adalah dapat meningkatkan keaktifkan peserta didik dalam belajar. Karena pada kurikulum merdeka, peserta didik dapat tidak dipaksa untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai. Peserta didik dapat memilih mata pelajaran yang ingin dipelajari sesuai dengan minatnya.

Setelah mengetahui dampak positifnya, tidak adil jika tidak mengetahui dampak negatifnya. Salah satu dampak negatif dari Kurikulum Merdeka adalah, peserta didik cukup kesulitan menyesuaikan pembelajaran karena perubahan kurikulum yang sangat cepat. 

Cukup sekian dari Mimin Sunday mengenai penjelasan Kurikulum Merdeka dan penjelasan mengenai penataan baru nama Jurusan di Kurikulum Merdeka, jangan lupa untuk cek konten-konten menarik yang ada di website Majalah Sunday!

 

Oleh: Rendi SMKN 67

Ikutan berkarya di Majalah Sunday

Chat Di Sini!
Post Views: 1,298
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?