Majalah Sunday

Mengenal Jurusan DPIB dan Prospek Kerjanya​

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, SMK dirancang untuk nanti lulusannya dapat langsung terjun ke dunia kerja. Tapi tak jarang pula, banyak anak SMK yang masih bingung setelah lulus SMK nanti khususnya lulusan jurusan DPIB, bisa kerja jadi apa ya? Yuk simak penjelasan berikut.

Apa Itu Jurusan DPIB?

Jurusan DPIB atau Desain Permodelan dan Informasi Bangunan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, dan perbaikan gedung. 

Di jurusan ini, kamu akan belajar menggambar rumah/gedung/apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan, serta memelihara kontruksi bangunan. 

Tak hanya itu saja, di jurusan ini juga kamu akan mendapatkan kompetensi keahlian aplikasi perangkat lunak, perencanaan interior gedung, estimasi biaya pembangunan, produk kreatif dan kewirausahaan, konstruksi jalan dan jembatan, konstruksi dan utilitas gedung.

Kenali Jurusan DPIB dan Prospek Kerjanya, Pict by canva.com

Kenali Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dan Prospek Kerjanya, pict by canva.com

Lulusan Jurusan DPIB bisa menjadi apa ya?

Tentu pertanyaan di atas sering berada di pikiran orang-orang yang ingin masuk ke jurusan ini. Well, berikut adalah profesi yang dapat kamu ambil ketika nanti kamu lulus.

Drafter

Tugas seorang drafter adalah untuk membuat gambar bangunan, baik itu gambar untuk pelaksanaan/shop drawing.

Quantity Surveyor

Seorang quantity surveyor bertugas untuk menghitung item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan pada suatu proses pembangunan.

Quality Control

Quality control bertugas unutk mengontrol seluruh kualitas pekerjaan proyek.

Pelaksanaan Lapangan

Tugas seorang pelaksanaan lapangan adalah untuk memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengarahkan mandor atau tukang bangunan, serta mengontrol kualitas pekerjaan.

Logistik

Bertugas untuk menjamin ketersediaan material pada proyek pembangunan.

Konsultan Perencana

Konsultan perencana bertugas untuk membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultan bangunan.

Pengendali Proyek

Seorang pengendali proyek bertugas untuk menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya tiap pembangunan, serta memikirkan bagaimana sebuh pekerjaan bangunan memberikan keuntungan maksimal.

Kontraktor/Pemborong

Tugas seorang kontraktor/pemborong adalah untuk melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan dengan tujuan untuk mempercayakan pelaksanaan pembangunan.

Sudah Makin Mengenal Jurusan DPIB dan Prospek Kerjanya? Coba Daftar Yuk

Sudah Makin Mengenal Jurusan DPIB dan Prospek Kerjanya? Coba Daftar Yuk, pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 6,998
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?