Majalah Sunday

Mengenal Annisa Jasmine, Seorang Siswi Juara 2 Lomba Menggambar Tingkat Provinsi

Yuk kenalan sama Annisa Jasmine (17) seorang siswi SMKN 01 Jakarta, yang menjuarai lomba menggambar tingkat provinsi. Ia gemar menggambar sejak duduk di bangku SMP kelas 8. Selain itu, mempunyai hobi menggambar, melukis, membaca buku, dan serta mendengarkan musik. Jasmine menyukai menggambar sejak SMP dan ia pun mengikuti beberapa kali lomba seperti Lomba Sketsa tingkat Jakarta 2019.

Aku sadar kalau menggambar itu dapat membuat orang di sekitar kita senang.  Dalam menggambar, aku juga merasa dihargai oleh orang lain.” ujar Jasmine.

Dia terpilih untuk membuat lukisan untuk salah satu perusahaan terkenal yaitu Aqua Japan.  “Membuat lukisan benar-benar butuh perjuangan dan hasilnya setimpal dengan usahaku.” jelasnya. Hal itu, menjadi pengalaman berkesan baginya.

Selama menggambar ada beberapa gambar yang menurutnya  agak sulit untuk dilakukan seperti gambar bangunan.  “Susahnya karena mengukur jarak antar komponen itu susah dan terkadang butuh akurasi yang cukup tinggi,” ujar Jasmine.

Annisa Jasmine atau sering dipanggil dengan Mine. Dia memiliki keunggulan dalam menggambar wajah maupun anatomi manusia dan serta hewan baik dalam sketsa maupun pewarnaannya. Namun, menurut Jasmine juga memiliki sedikit kekurangan dalam menggambar yaitu sering terkena artblock (fase tidak bisa menggambar dan menggambar bangunan).

Mengenai sekolah pun Jasmine memilih sekolah di SMK, mengapa?

Menurut Jasmine di SMK itu lebih matang persiapannya karena di SMK sendiri banyak melatih hard skill maupun soft skill. Selepas itu di SMK pun juga mempunyai kesempatan untuk masuk ke universitas juga. Walaupun, tidak masuk universitas, setidaknya ilmu yang sudah didapatkan dari sekolah bisa diterapkan di bidang pekerjaan. Di SMK pun Jasmine memilih jurusan multimedia yang dimana ada keterkaitan dengan cita-cita dan hobi Jasmine karena sedari  SMP, ia suka gambar dan beberapa kali mengikuti lomba dan pada akhirnya memutuskan untuk menyelam lebih dalam di bidang seni, namun tidak tertinggal dari era modern sekarang ini karena menurut Jasmine sendiri multimedia adalah jurusan yang tepat untuk dirinya.

Sebelumnya Jasmine sudah melakukan research dan menurut dia multimedia itu mempelajari bagaimana kita mendesain kemasan poster dll, lalu bagaimana cara memproduksi video, mengolah audio serta mempelajari fotografi. Jasmine sendiri memiliki ekspektasi sebelum masuk multimedia berfikir bahwa “Pasti menyenangkan bisa menuangkan ide kedalam bentuk media cetak maupun interaktif,” ujar Jasmine, dan semua hal itu realitanya sesuai dengan ekspektasi dia bahkan lebih menyenangkan dari pikiran dia sebelumnya.

Bicara tentang cita–cita, Jasmine mempunyai cita–cita yaitu menjadi  Arsitek Interior dan setelah lulus SMK, ia ingin masuk ke Universitas Indonesia dengan jurusan tersebut, walaupun terlihat lintas jurusan karena Arsitektur Interior lebih sejalan dengan jurusan DPIB (Desain Perancangan Infrastruktur Bangunan) di sekolahnya. “Namun menurutku jurusan Interior Design masih bisa masuk dalam kubu Multimedia,” ujar Jasmine.

Maka dari itu untuk hobi menggambar dan melukis manusia dan hewan sepertinya hanya menjadi hobi Jasmine saja karena cita – cita Jasmine masih berkaitan dengan kegiatan menggambar hanya saja pengaplikasiannya saja yang berbeda karena Jasmine sendiri memiliki keinginan bekerja sebagai Desainer Interior dan Penata Tata Letak suatu Ruangan.

Penulis: Sofyan P

2 comments

  1. Dipa

    Perbanyak lagi konten seperti ini saya suka

    1. Editor

      terima kasaih apresiasinya 🙂

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?