Majalah Sunday

5 Fitur Ms. Word
yang Jarang Diketahui Oleh Pelajar

Penulis: Marvin Stevano Haka – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Hai Sunners! Kebanyakan dari kalian pasti sudah tahu dong Ms. Word atau Microsoft Word itu apa, seperti ketika mendapatkan tugas untuk membuat makalah atau paper, sebagian dari Sunners pasti sudah pernah menggunakan Ms. Word untuk membuat dokumen tersebut. Ms. Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang diciptakan oleh Microsoft, perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk mengolah teks dalam dokumen, makalah dan lain-lainnya.

Nah, tapi Sunners tahu gak sih? Ternyata ada beberapa fitur di Ms. Word yang jarang diketahui oleh sebagian orang loh dan mungkin saja fitur ini dapat membantu Sunners dalam proses pengerjaan tugas kalian. Mau tahu ada apa aja? Yuk, simak artikel ini ya, Sunners.

Ms. Word Ternyata Punya Fitur yang Jarang Diketahui Pelajar, Intip Yuk!

Clipboard untuk menyimpan 24 item

Fitur clipboard dalam Ms. Word dapat menyimpan 24 item salinan yang dapat digunakan untuk semua file dari Office. Sehingga dengan fitur ini dapat membantu Sunners dalam melaksanakan copy/cut paste beberapa item secara sekaligus dan tidak perlu untuk bolak-balik antara file Microsoft Office. Caranya untuk membuka fitur clipboard adalah pada tab home, klik simbol panah kecil di sebelah Clipboard atau Sunners bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol Ctrl + C sebanyak 2 kali. Kemudian pada bagian kiri akan muncul panel untuk menampilkan item-item yang nantinya akan Sunner gunakan untuk memilih item yang telah disimpan.

Fitur bebas gangguan

Fitur Legiun Distraction Free Editors dapat membantu Sunners yang ingin fokus ketika mengetik teks yang ada dalam layar tanpa gangguan Ribbon. Jika Sunners ingin menulis tanpa gangguan, tekan Ctrl + F1 untuk menyembunyikan Ribbon dari layar kalian. Sehingga tampilan Ms. Word Sunners dapat terasa lebih luas dan rapi.

Lalu, jika Sunners ingin membaca dokumen Ms. Word dengan fokus tanpa gangguan layer lain, kalian dapat menggunakan fitur Distraction Free Reading pada Ms. Word versi 2013 dan ke atasnya. Sunners dapat mengaktifkan fitur ini pada bagian tab View, lalu pilih Read Mode. Selain itu, Sunners juga dapat menyalakan fitur ini melalui shortcut tombol ALT + tekan tombol WF secara bersamaan.

Menulis rumus persamaan dengan equation

Ternyata rumus persamaan tidak hanya  di Ms. Excel aja lho! Tetapi kita bisa menulisnya juga di Ms. Word untuk keperluan tugas matematika, kimia ataupun fisika. Caranya dengan pilih Equation pada tab insert, kemudian Klik Insert New Equation, lalu gunakan Equation Symbol Toolbar untuk menulis rumus persamaan yang Sunners inginkan. Mudah kan?

Menerjemahkan bahasa dengan Microsoft Translator

Terkadang tentunya Sunners akan merasa kesulitan jika harus bolak-balik dari window Ms. Word ke mesin pencarian untuk menerjemahkan bahasa yang kalian inginkan. Namun, sebenarnya Sunners bisa menerjemahkan kata atau bahkan satu dokumen ke bahasa yang kalian inginkan dalam Ms. Word melalui fitur Translate dengan Microsoft Translator. Sunners dapat memakai fitur ini melalui tab Review dan pilih Translate dalam kolom Language. Setelah itu akan muncul side bar di sebelah kanan yang dapat Sunners gunakan untuk menerjemahkan bahasa serta mengganti bahasanya dan juga dapat digunakan untuk mengartikan kata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kamus yang telah disediakan.

Merubah tabel menjadi grafik

Sunners juga dapat mengubah data atau informasi yang ada dalam tabel menjadi sebuah grafik atau bagan dalam Ms. Word kalian, sehingga dengan ini Sunners dapat membuat tampilan informasi kalian menjadi lebih menarik. Langkah yang perlu Sunners lakukan adalah sebagai berikut :

– Pilih tabel , setelah itu pilih tab Insert

– Pilih Object dalam grup Teks, setelah itu pilih Object dialog box

– Pada daftar Object Types, klik Microsoft Graph Chart dan pilih OK

Setelah itu, Ms. Word akan menampilkan data Sunners menjadi sebuah bagan kolom yang lebih rapi. Namun, jika Sunners ingin mengubah jenis grafik ke jenis grafik yang lain, kalian dapat double click pada bagan kalian. Setelah itu, klik kanan di bagian kosong di dalam kotak grafik dan klik Chart Type.

Ms. Word bisa mempermudah pekerjaanmu dengan fitur berikut

Fitur-fitur Ms. Word ini harus kamu tau untuk mempermudah pekerjaanmu, pict by Samuel Adreansyah (Universitas Bunda Mulia)

Bagaimana Sunners? Itu adalah beberapa fitur yang jarang diketahui oleh sebagian orang yang dapat mempermudah tugas kalian. Jangan lupa,  bagikan informasi ini dan semoga artikel ini dapat membantu Sunners dalam menyelesaikan tugas serta pekerjaan kalian ya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 363
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?