Majalah Sunday

Masalah Dalam Kepanitiaan atau Organisasi Sekolah/Kampus
dan Solusinya

Pernah nggak sih kamu mengalami masalah dalam kepanitiaan atau organisasi di sekolah atau kampus?

Masuk dalam kepanitian atau organisasi tentunya sangat keren, karena kita bisa jadi bagian dari anggota OSIS di sekolah atau HIMA dan BEM. Bangga banget! Bisa dikenal banyak orang, tahu banyak hal dalam lingkungan organisasi, dan dapat pengalaman menarik dalam ngurusin suatu event. Tapi tentu ada waktunya kita harus bertemu dengan masalah dalam kepanitiaan atau organisasi.

Daripada bete sendiri, mimin mau bahas bareng Sunners tentang masalah yang umum terjadi dan solusinya, simak ya!

Masalah dalam Kepanitiaan atau Organisasi #1: Perbedaan Pendapat

Masalah

Dalam organisasi kita pastinya tidak melulu ketemu sama teman yang sama atau se-frekuensi. Pasti ketemu teman-teman yang mungkin berbeda pendapat dengan kita. Nah, itu yang buat masalah-masalah yang terjadi dikepanitiaan. Terlalu banyaknya beda pendapat pastinya nggak akan membuat lancar kepanitiaan atau organisasi yang kamu ikuti. 

Contohnya: kamu kepingin ngurusin dokumentasi acara ini, temanmu malah mendominasi bagian itu terus. Diminta gantian, nggak mau. Akhirnya mungkin kalian adu mulut dan berdampak bikin kesel. Ada pula “oknum” senior atau dosen/guru yang bisa jadi kebanyakan omdo atau omong doang, kebanyakan kritik tapi bodong.

Solusi

Perbedaan pendapat sebenarnya boleh aja asalkan gak membuat salah satu dari anggota organisasi tidak profesional dalam bekerja. Ada begitu banyak kejadian seperti ini mau disengaja atau gak disengaja, karena kesal dengan salah satu anggota di dalam organisasi itu, seorang siswa jadi nggak mau ikut organisasi. Seharusnya itu dua hal yang berbeda karena pekerjaan dan seseorang itu berbeda.

Kalau kita ada permasalahan dengan orang itu ya cukup untuk personal aja, jangan dibawa ke dalam lingkup organisasi. Sebelum memulai tugas di kepanitiaan dan organisasi juga, ada baiknya menyelesaikan permasalahan pribadi atau antar divisi agar tidak ada lagi permasalahan dan miskomunikasi dalam kepanitiaan atau organisasi.

Masalah dalam Kepanitiaan atau Organisasi #2: Tidak Bisa Membagi Waktu

Masalah

Kalau mau mau benar-benar mengikuti kepanitiaan atau organisasi, pastinya banyak memakan banyak waktu. Harus mengikuti rapat, ikut cari dana, ke tempat sponsor, nyusun proposal, survei tempat, dll. 

Mungkin ada beberapa sekolah yang masih memberikan keleluasaan waktu, dan ada juga sekolah atau kampus yang tidak memberikan jatah waktu dispensasi, yang tentunya berdampak pada kesibukan yang terlalu padat. Nah ini salah satu risikonya ketika kita sudah bergabung dalam suatu organisasi atau apapun itu, yang di mana kadang ada dadakan pertemuan, otomatis kita harus pergi menuju tempat pertemuan itu.

Solusi

Coba deh buat prioritas tugas-tugas yang paling penting dan yang memiliki batas waktu terdekat. Fokuslah pada tugas-tugas tersebut terlebih dahulu sebelum beralih ke yang lain. Dengan mengutamakan prioritas, kamu dapat menghindari kebingungan dan memastikan tugas-tugas yang penting terselesaikan tepat waktu.

Jika panitia terdiri dari beberapa anggota, sebaiknya bagikan tanggung jawab kepada setiap anggota sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Delegasikan tugas-tugas tertentu kepada anggota panitia yang dapat menangani dengan baik, sehingga tidak semua beban tugas jatuh pada satu atau beberapa orang saja.

Masalah dalam Kepanitiaan atau Organisasi #3: Komunikasi yang Kurang Baik Antara Junior-Senior

Masalah

Dalam suatu kepanitiaan dan organisasi, pastinya junior dan senior akan bertemu, yang dimana dalam organisasi dibagi beberapa divisi yang diisi berbagai angkatan yang tentunya memiliki isi kepala yang beda-beda.  Beda cara berkomunikasi, cara interaksi, dan  cara sistem kerjanya.

Dalam organisasi juga, banyak ditemukan beberapa junior atau senior yang mungkin sedikit menyebalkan yang di mana mereka yang sok tahu dan ingin unggul daripada yang lain. Menyebabkan kecanggungan dan kurangnya komunikasi antar junior dan senior dalam kepanitiaan dan organisasi.

Solusi

Jangan gengsi sih intinya buat senior jangan ngerasa wah atau apa, karena dalam organisasi mau senior atau junior ya harus bisa saling menaruh hormat di dalam diri. Ini juga yang membuat seru sih. Belajar banyak hal dapat ilmu organisasi dari senior-senior yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia organisasi ini. Buat junior ya jangan songong juga sama seniornya ya hehe, chill aja, ye kan. Kan kita sama-sama belajar di sini, apalagi kalau udah masuk dunia kerja itu lingkupnya udah lebih luas lagi.

Masalah dalam Kepanitiaan atau Organisasi #4: Tidak Mampu Bertanggung Jawab

Masalah

Organisasi dan kepanitiaan juga nggak jauh-jauh dari tanggung  jawabnya terlebih-lebih dalam organisasi diisi dengan berbagai divisi, yang tentunya memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Tapi, lagi-lagi pastinya ketemu sama peristiwa teman-teman yang kurang bertanggung jawab sama pekerjaan di divisinya masing-masing. 

Contohnya: Teman yang satu mau di divisi pubdekdok karena merasa dia lebih jago dalam urusan divisi tersebut, padahal dia bukan di divisi itu. Sedangkan teman satu lagi yang memang sudah ditugaskan pada divisi pubdekdok tersebut merasa pekerjaannya terganggu karena diambil alih. Akhirnya terjadi perdebatan yang sangat tidak berfaedah yang mengakibatkan pekerjaan mereka di divisi masing-masing keteteran.

Solusi

Coba deh introspeksi diri, apa ada masalah di waktu atau kurangnya organisasi? Kalau gitu, bikinlah daftar tugas yang harus diselesain dan atur jadwal dengan rapi. Prioritaskan yang paling penting dan kasih batas waktu yang realistis. Jangan lupa, nggak usah takut buat minta bantuan atau delegasi tugas ke teman-teman panitia yang lain. Sharing tanggung jawab bisa entengin beban, jadi jangan dipikirin sendiri-sendiri. 

Komunikasi juga penting, jadi sering-sering ngobrol dan diskusikan progress tugas bareng-bareng. Dan yang nggak kalah pentingnya, evaluasi hasil kerja kalian setelah selesai. Pelajari dari pengalaman dan cari cara buat jadi lebih baik di masa depan. Dengan langkah-langkah ini, semoga panitia bisa ngerjain tugasnya dengan jauh lebih baik dan lancar. Tetap semangat ya!

Masalah dalam Kepanitiaan atau Organisasi #5: Rundown Acara yang Berubah

Masalah

m menyiapkan acara atau event penting yang akan dilaksanakan di sekolah atau kampus yang pastinya butuh persiapan yang matang. Tapi, pernah nggak sih kamu ngurus acara atau event yang tiba-tiba konsepnya berubah karena kurang persiapan dari panitia yang bertanggung jawab dalam acara tersebut. 

Terlalu menganggap remeh acara tersebut karena acaranya bukan dari prodi atau acara angkatannya, sehingga bekerja tidak sepenuh hati dan membuat rundown sesuka hati mengakibat acara tidak berjalan dengan lancar. Jadi buat kamu yang sudah ditugaskan di divisi acara lebih bertanggung jawab lagi pada pekerjaanmu sekalipun itu bukan acara dari prodimu atau dari angkatan. Bekerjalah dengan tulus dan penuh persiapan agar tidak ada lagi kesalahan-kesalahan yang terjadi. 

Solusi

Pertama, kita harus tetep fleksibel dalam perencanaan. Jadi, bikinlah rundown dengan ruang buat penyesuaian. Gitu kalau ada perubahan, bisa dengan mudah diubah tanpa panik. Komunikasi juga penting banget, ya. Jadi, pastiin kalian terus ngobrol sama tim panitia, pembicara, atau yang lainnya. Kalau ada perubahan, kabarin mereka secepatnya. Biar semua orang bisa ikutan nyampein perubahan dan ngikutin jadwal yang baru. 

Tim juga jadi kuncinya. Bekerja sama dan saling koordinasi itu penting banget. Jadi, ngomong sama tim, pastiin semua orang tau perubahan apa yang terjadi dan caranya ngatasinnya. Setelah perubahan terjadi, evaluasi dulu deh. Cari cara improvisasi dan ngobrol sama tim buat nyari solusinya. Jangan lupa, tetap tenang dan fleksibel. Perubahan itu bagian dari acara, jadi jangan panik. Tetap cool dan berpikir cepat.

Hadapi berbagai masalah dalam kepanitiaan atau organisasi dengan cara yang tepat ya!

Hadapi berbagai masalah dalam kepanitiaan atau organisasi dengan cara yang tepat ya! Pict by canva.com

Sunners, kamu juga bisa dengerin podcast terkait organisasi kampu hanya di spotify Majalah Sunday bareng Trio Sun-Sun Episode 7: Ikut Organisasi, Penting Gak? Dengerin sekarang disini yaaa!

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,736
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?