Majalah Sunday

Mantan Bukan Berarti Musuh, Bisa Jadi Teman?

Penulis: Fildzah Putri Amalia – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Hai, Sunners! Perpisahan sudah menjadi salah satu momen biasa yang terjadi saat seseorang menjalin hubungan. Rasa kecewa dan sedih pasti datang melanda. Apalagi pacaran dan sudah sama-sama kenal ke keluarga masing-masing itu adalah merasa beban dalam hubungan yang mungkin sudah dibilang sangat serius tetapi masalah tidak ada yang tahu. Hubungan yang kalian rasa akan langgeng tetapi putus di tengah jalan atau sama-sama merasa kurang cocok dan akhirnya hubungan pun berakhir. Kalau sudah begitu, benarkah mantan bukan berarti musuh?

Tetapi, jika masalah yang ada di hubungan kalian terjadi karena adanya salah paham, pasti ada keinginan ingin balikan sama sang mantan. Jika tidak bisa memungkinkan untuk balikan sama mantan tidak selamanya jadi musuh, kok. Mari berdamai dengan diri sendiri dan berteman kembali dengannya.

Mantan Bukan Berarti Musuh, Bagaimana Menyikapinya?

Di bawah ini terdapat cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyikapinya.

1. Bersikap Tenang

Pertama, kita harus bersikap tenang karena putus bukanlah sesuatu yang sudah berakhir. Berakhirnya suatu hubungan yang dijalankan, bukan berati tidak bisa berteman kembali.

2. Sembuhkan Luka

Setelah memahami masalah yang ada, mari siapkan diri dengan menerima keadaan bahwa hubungan sudah berakhir. Tidak usah terlalu terburu-buru untuk langsung mencari pengganti atau pelampisaan. Sembuhkanlah hati dan lukamu, tenangkan pikiran, dengan cara melakukan healing.

anggap mantan bukan berarti musuh dengan cara healing

Lakukan healing sebagai penyembuhan luka hati serta pikiran, pict by canva.com

3. Memaafkan

Hindari permasalahan mengenai selalu mencari siapa yang salah dan siapa ygan tersakiti. Yang terpenting adalah berdamai dengan diri sendiri dan tentunya dengan mantanmu. Ketika kalian terus menerus merasa tersakiti dan masih ada dendam dalam keadaan belum saling memaafkan, pasti masih menyimpan luka.

4. Perbaiki Diri

Perbaiki diri dan koreksi diri agar menjadi pribadi yang baru dan lebih baik. Sunners bisa memperbaiki diri dari setiap kesalahan, pasti mantan juga notice jika kalian bisa berubah menjadi pribadi yang baik.

Tidak perlu terpuruk dalam kesedihan dan penyesalan, perbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, pict by canva.com

5. Menjadi Teman Komunikasi yang Baik

Saat kalian merasa sudah baik dengan diri sendiri dan hati sudah memungkinkan untuk berkomunikasi dengan baik, hubungi saja mantanmu duluan dengan maksud hanya sebatas bertanya kabar. Bersikap lah dengan santai dan elegan, putus bukan berarti tak bisa bertaman, kan? Tetap bisa berkomunikasi dengan baik tanpa mengungkit-ungkit lagi kenangan maupun kesalahan yang sudah berlalu.

Itulah beberapa cara yang bisa Sunners lakukan jika sudah berpisah dengan pasangan. Ingat, mantan bukan berarti musuh, tidak perlu menyimpan amarah dan dendam, ya. Semoga kalian bisa berdamai dengan masa lalu, ya, Sunners!!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 845
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?