Majalah Sunday

Pesantren di Indonesia:
Ada Berbagai Macam, loh!

Penulis: Imani – UNJ

Kalau dengar kata “Pesantren”, sudah pasti yang terbayang di pikiran adalah sekolah berasrama dan homogen yang mengajarkan ilmu-ilmukerap dikenal dengan julukan santri dan santriwati. Tapi tahu tidak sih? Kalau di Indonesia sendiri ada banyak macam pesantren yang terus berkembang seiring zaman, loh! Inilah macam-macam pesantren di Indonesia yang harus kamu ketahui!

macam pesantren
Gapura Pesantren Darussalam Kalibakung, pict by freepik.com

1. Pesantren Salaf

Pernah dengar istilah “kitab kuning”? Kitab kuning adalah sebutan untuk kitab klasik yang berisi tentang pelajaran-pelajaran agama Islam mulai dari fiqh, hadits, aqidah, akhlaq, tafsir, ilmu Al-Quran, bahasa Arab, dan lain-lain. Pendidikan yang diselenggarakan oleh pesantren salaf berfokus pada pembelajaran kitab kuning ini, loh! Kitab-kitab tersebut disusun oleh ulama atau kiai yang menjadi pimpinan sentral di pesantren ini.

Karena fokus dari kurikulum pesantren salaf adalah ilmu agama, pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Biasanya, lulusan dari pesantren salaf ini menguasai ilmu agama yang sangat luas karena sudah biasa membaca kitab-kitab klasik untuk mendalami ilmu agama mereka.

2. Pesantren Modern

Kalian pasti pernah mendengar Pesantren Gontor, ‘kan? Nah, Pesantren Gontor ini masuk ke dalam kategori pesantren modern di Indonesia. Pendidikan di pesantren modern sudah lebih modern, yaitu dengan mengadopsi administrasi dan kurikulum formal. Dalam pesantren modern, mengaji kitab kuning tidak dilakukan dan pelajaran-pelajarann terkait ilmu agama sendiri sudah ditentukan oleh kurikulum yang diterapkan oleh pesantren itu sendiri.

3. Pesantren Modern-Salaf

Seperti namanya, pesantren salaf-modern adalah perpaduan dari pesantren salaf dan juga pesantren modern. Sama halnya dengan kurikulum yang diterapkan, pesantren salaf-modern mengajarkan para santri dan santriwatinya untuk mengaji kitab kuning seperti yang diajarkan oleh pesantren salaf. Selain itu, para santri dan santriwati juga menerima pendidikan formal seperti pesantren modern.

4. Pesantren Takhassus

Kata “takhassus” sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti mengkhususkan. Jadi, pesantren takhassus adalah pesantren yang khusus untuk mempelajari suatu ilmu tertentu agar para santri dan santriwatinya fokus mendalami satu ilmu yang mereka pelajari di pesantren itu. Ada banyak jenis pesantren takhassus di Indonesia, antara lain pesantren tahfiz Al-Quran, hadits, fiqh, dan lain-lain.

5. Pesantren "Boarding School"

Pesantren “Boarding School” saat ini berkembang cukup luas di Indonesia. Selain menawarkan kurikulum pembelajaran formal dan agama, pesantren ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para santri dan santriwatinya. Selain itu, boarding school tidak memiliki kiai sebagai pimpinan dari pesantrennya, hanya ada manajemen sekolah. Bahkan, adapun beberapa pesantren “boarding school” yang mengadopsi kurikulum luar negeri, loh!

macam pesantren
Seorang santriwati sedang mengaji al-quran, pict by canva.com

Jadi begitulah macam-macam pesantren yang ada di Indonesia, Sunners! Sangat bervariasi, bukan?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 141
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?