Majalah Sunday

Konseling Gratis Buat Kamu yang Gak Punya Teman Curhat

Lagi sedih tapi kamu bingung mau curhat ke siapa tentang semua masalahmu? Tenang aja, ada beberapa lembaga konseling gratis yang bisa mendengarkanmu.

Banyak rumor beredar kalau ke psikolog hanya untuk mereka yang memiliki gangguan kejiwaan atau memiliki keadaan yang sangat kacau. Eiitts itu salah, loh! Ke psikolog tidak harus menunggu sampai kamu ada di titik terbawah. Meskipun kamu baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk datang ke psikolog, apalagi banyak lembaga konseling gratis yang cocok buat pelajar seperti kita. 

Kamu bahkan bisa konsultasi kapan saja, seperti saat Sunners merasa belum mencapai krisis, tertarik sama suatu hal, ingin memiliki hubungan yang baik sama orang, bahkan ingin mengenal diri sendiri.  Kali ini kita akan berkenalan beberapa layanan konseling gratis yang bisa dilakukan secara online. Layanan ini ada berbagai macam, terdapat aplikasi, website, bahkan juga sosial media. apa saja itu? Yuk, simak sampai habis!

Ada beberapa lembaga konseling gratis yang bisa kamu manfaatkan berikut ini

Ada beberapa lembaga konseling gratis yang bisa kamu manfaatkan berikut ini, pict by canva.com

Layanan Konseling Gratis #1: Aplikasi Sahabatku

Di aplikasi ini Sunners bisa konsultasi secara online serta bisa mengakses berbagai fitur artikel, tautan video, kuis, dll yang terdapat di dalamnya. Aplikasi sahabatku adalah aplikasi dari yayasan sahabatku mitra remaja yang bisa diunduh di playstore. Tapi aplikasi ini hanya melayani konsultasi mulai jam 9 pagi sampai 7 sore saja. Jadi jangan sampai salah jam ya!

Layanan Konseling Gratis #2: Aplikasi Riliv

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk konsultasi tentang masalah apapun dengan psikolog. Psikolog yang bergabung dan mendukung aplikasi ini yaitu mahasiswa dari berbagai universitas di indonesia dengan jurusan Psikologi yang sudah menempuh program profesi, Sunners! jadi tidak diragukan lagi performanya.

Layanan Konseling Gratis #3: Aplikasi OnCom

Aplikasi ini fiturnya paling lengkap kalau dibanding aplikasi-aplikasi lainnya diatas. Masalah kehidupan apapun yang Sunners ingin sampaikan bisa dituangkan di sini. bahkan masalah percintaan atau pertemanan, loh!

Layanan Konseling Gratis #4: Website Pijarpsikolog.org

Di website ini selain akses konsultasi gratis, juga disediakan banyak tulisan yang bisa menambah pengetahuan kamu mengenai kesehatan mental.

Layanan Konseling Gratis #5: @_berbagicerita.id

Untuk Sunners yang mau konsultasi melalui media sosial, @_berbagicerita.id mungkin cocok buat kamu. Mereka menyediakan konsultasi melalui platform instagram, line, maupun google meet.

Layanan Konseling Gratis #6: Sejiwa

Apa sunners pernah dengar tentang sejiwa? Sejiwa adalah program pemerintah yang diluncurkan semenjak pandemi covid-19 untuk melayani konsultasi psikolog. Untuk mengakses layanan ini kamu bisa langsung mengubungi 119 dan memencet dial 8 kemudian nanti akan disambungkan ke psikolog langsung. 

Gunakan layanan konseling gratis demi kesehatan mentalmu

Gunakan layanan konseling gratis demi kesehatan mentalmu, pict by canva.com

Selain secara online, konsultasi psikologi gratis juga bisa didapatkan secara langsung untuk kalian yang memang sangat membutuhkan konsultasi psikologi dengan melalui faskes 1 atau puskesmas di poli sahabat atau poli kejiwaan. tetapi tidak semua puskesmas memiliki pelayanan ini. 

Jika di puskesmas daerah kamu tidak ada, maka kamu bisa minta rujukan dari puskesmas untuk dirujuk ke rs yang ada layanan psikolognya semua biaya konsultasi ini ditanggung BPJS ya Sunners. Psikolog disediakan untuk siapapun, kok. Tapi untuk Sunners yang masih dibawah umur yang belum memiliki ktp harus ada pendampingan orang tua ataupun persetujuan berupa surat Inform Concent, ya. It’s okay to not to be okay, Sunners! semangat!  

Nimas Anggraini Kencanasari – Universitas Negeri Jakarta

Dapatkan informasi mengenai masalah mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 4,289
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?