WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ketahuilah Kandungan Pada Skincare Yang Tidak Boleh Digunakan Secara Bersamaan

 

Majalahsunday.com, Jakarta – Sebelum memutuskan ingin menggunakan skincare yang terbaik untuk kulit wajah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit dan kandungan skincare yang tepat untuk perawatan kulit kalian. Tak sedikit pula orang yang memakai berbagai rangkaian skincare agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa melihat kandungan. Padahal, ada kandungan pada skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

 

1. Vitamin C dan Niacinamide

Kandungan skincare vitamin c dan niacinamide, memang terkenal untuk mengatasi masalah pigmentasi, meratakan warna kulit, dan mengurangi kemerahan pada kulit. Namun sayangnya kedua kandungan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan karena dapat mengurangi keefektifannya, jika digunakan secara bersamaan dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, dan menimbulkan jerawat.

 

2. Vitamin C dan Acids

Tidak disarankan dalam menggunakan Vitamin C mencampur dengan Acids seperti, yang kita ketahui Acids berguna untuk pengelupasan sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Acid sendiri termasuk golongan AHA, BHA, dan Glycolic Acid. Karena jika digunakan secara bersamaan PH pada kulit akan rusak dan tidak stabil. Dampaknya kulit akan iritasi dan rawan jerawat.

 

3. Retinol Dan Benzoyl Peroxide

Kedua kandungan bahan skincare ini terkenal untuk mengatasi jerawat. Namun tidak disarankan untuk menggunakan secara bersamaan. Karena, kedua kandungan bahan aktif tersebut jika dipakai bersamaan akan mematikan khasiat zat aktif satu sama lain. Pada beberapa orang jika menggabungkan Retinol dan Benzoyl Peroxide akan menyebabkan kulit kemerahan, kering, dan mengelupas. Ada baiknya gunakan Benzoyl Peroxide pada siang hari dan Retinol pada malam hari.

 

4. Oil-based Dan Water-based

Kandungan kedua skincare ini tidak bisa digabungkan karena seperti yang kita ketahui bahwa oil based (berbahan dasar minyak) sedangkan water based (berbahan dasar air), kedua zat ini tidak akan bisa Bersatu, begitu pula pada perawatan wajah keduanya kandungan ini tidak akan bisa Bersatu karena formula pada oil based dapat menghalangi produk skincare water based.

 

5. AHA Dan Benzoyl Peroxide

Banyak sekali bahan chemical exfoliant yang terkenal, namun bahan chemical exfoliant yang terkenal ampuh untuk melawan jerawat dan banyak dipasaran yaitu AHA dan BHA. Disamping itu, kandungan Acne Treatment yang cukup terkenal yaitu Benzoyl Peroxide. Akan tetapi untuk kalian yang memiliki masalah kulit yang berjerawat sebaiknya tidak menggunakan AHA dan benzoyl peroxide secara bersamaan karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Jika tetap ingin menggunakan AHA dan benzoyl peroxide, sebaiknya digunakan pada hari yang berbeda.

Tak lupa selalu gunakan sunscreen pada siang hari agar pengaplikasian pada skincare dapat bekerja secara optimal dan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

 

 

 

Penulis : Tania Anggraini |Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment