WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kenali Apa itu Self Harm dan Cara Mengatasinya

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah self harm, namun beberapa orang juga mungkin masih asing dengan istilah tersebut. Bagaimana denganmu, Sunners? Apakah kamu sudah mengetahui apa itu self harm?

Oke, jadi self harm adalah segala jenis perbuatan yang ditujukan untuk menyakiti atau menimbulkan rasa sakit pada diri sendiri. Menyakiti dalam konteks ini adalah hal yang dilakukan dengan sengaja untuk melukai diri sendiri, bisa berupa membakar kulit, menyayat kulit, memukulkan tubuh, dan hal-hal lainnya yang serupa yang dapat menimbulkan luka pada diri sendiri. 

Biasanya beberapa orang melakukan hal tersebut untuk mengatasi rasa sakit emosional, kemarahan, dan frustrasi. Mereka menganggap bahwa dengan menyakiti dirinya sendiri, mereka akan merasa puas dan lega, di mana rasa sakit yang timbul dipercaya dapat meredakan rasa sakit emosional pada seseorang. 

Eits tapi, jangan coba-coba untuk melakukan hal itu, ya! Karena self harm itu nggak baik. Lalu bagaimana dengan yang sudah telanjur pernah melakukan? Ini dia beberapa tips untuk kamu supaya nggak terus-terusan terjebak dalam lingkaran self harm.

  • Mencari pendengar

Mungkin hal ini bisa dianggap sulit bagi beberapa orang, karena memang nggak semua orang bisa kita percaya. Tapi, kamu perlu punya pendengar yang baik, bisa sahabat, keluarga, atau bahkan hewan peliharaan, lho. Karena setidaknya, ketika ada masalah kamu nggak akan pernah merasa sendiri kalau kamu punya pendengar. 

  • Mencoba produktif

Terkadang, kita memang perlu pengganti terlebih dahulu untuk bisa melupakan kebiasaan yang lama. Jadi coba deh, sibukkan diri kamu dengan berbagai hal-hal yang bermanfaat, jadi kamu tetap menjadi produktif dan nggak punya waktu untuk memikirkan hal-hal yang buruk. 

  • Temukan perilaku pengganti

Saat kamu sedang merasakan emosimu, cobalah ubah perilaku buruk itu dengan hal lain yang lebih aman. Misalnya kamu bisa meluapkannya dengan menulis, makan, bermain squishy atau slime, berteriak, atau hal hal lain yang tentunya tidak akan menimbulkan luka. 

  • Sadar diri

Last but not least, you must to appreciate your self! Yap, kamu harus sadar diri bahwa diri kamu sangatlah berharga. Jangan sampai dengan mudahnya kamu dikalahkan oleh masalahmu, ya! 

Daripada self harm, mending self aware aja! You’re so special, so don’t hurt yourself because of your own actions. Oke? 

Andi Bulan Maghfira-Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment