WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jangan Bingung Lagi dengan Jurusan Ini: MM, RPL, dan TKJ

Kali ini, aku akan menjawab pertanyaan yang masuk ke mimin Sunday, aku mau jelasin nih 3 jurusan sekolah yang harus kamu tahu perbedaannya.

Multimedia (MM)

Adakah dari kamu yang bersekolah jurusan multimedia? Atau yang biasa disebut MM. Jurusan yang biasanya ada di SMK ini merupakan jurusan yang berkaitan dengan desain poster, membuat karya animasi dua dimensi maupun tiga dimensi, motion graphic, dan lain-lain. MM di beberapa sekolah memiliki kompetensi yang berbeda, ada yang mencakup dunia perfilman, lebih mengarah ke desain dan animasi, dan adapun yang mencakup dua hal tersebut. Untuk masuk ke jurusan MM kamu tidak harus mahir menggambar dan mahir mengambil shot video, karena kamu akan diajarkan oleh para guru yang sesuai dengan keahliannya.

Kamu akan diajarkan desain menggunakan Adobe Illustrator, Photoshop, Corel Draw, dan sebagainya. Kamu pun akan ditugaskan membuat video atau film pendek bersama teman sekelas yang nantinya akan kamu edit dengan Adobe Premiere. Visual efek dan audio biasanya pun akan diajarkan.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Selanjutnya jurusan RPL nih Sunners. Jurusan RPL ini biasanya terkenal dengan codingnya. Apa sih coding itu?  coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Orang yang mempunyai kemampuan coding disebut dengan programmer atau developer. Di jurusan RPL ini ternyata tidak belajar coding saja. Kamu dapat membuat aplikasi, tetapi terdapat hal dasar sebelum masuk percodingan agar menjadi aplikasi yaitu merancang awal mulanya seperti membuat flowchart, analisis data, membangun database, dan tahap selanjutnya bermain dengan coding dan sebagainya.

“RPL tuh gak simple dan cukup rumit, tapi mapelnya seru buat dibahas karena gak ada habisnya soal perkomputeran khususnya perangkat lunak. Bukan soal ngoding doang, di RPL juga diajarin design gunain Adobe Dreamweaver, Photoshop, sama Illustrator contohnya buat tampilan ui/ux web.” Begitu salah satu pendapat temanku yang dahulu berjurusan RPL.

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Nah, untuk jurusan ini biasanya digandrungi oleh laki-laki dan termasuk jurusan yang banyak diminati. Di sekolahku murid perempuan di jurusan TKJ bisa dihitung jari, tetapi kamu tidak perlu berkecil hati ya jika memilih jurusan ini. Jurusan TKJ mempelajari kemampuan algoritma jaringan, pemrograman komputer, merakit komputer, dan jaringannya seperti konfigurasi web, mengoperasikan jaringan nirkabel, dan sebagainya. Praktek-praktek banyak dilakukan di lab. komputer seperti praktek merakit PC, menyusun warna kabel LAN, menginstal sistem berbasis Grapichal User Interface (GUI), dan lain-lain.

Beberapa dari temanku mengatakan jurusan TKJ adalah jurusan yang cukup sulit, ada mata pelajaran menghitung tetapi perhitungan pada sistem komputer yang membuat bingung. Namun, kalau kamu nyaman dengan jurusan ini, hal tersebut bukan menjadi hambatan dirimu karena kamu akan terus mencobanya.

Perlu kamu ketahui ya Sunners, penjelasanku di atas sesuai dengan pengalaman sekolahku dahulu dan perbandingan dengan beberapa sekolah lainnya. Karena setiap sekolah mempunyai ketentuan atau kompetensi yang berbeda. Semoga menambah wawasanmu ya.

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta
Sumber :
glints.com

Leave A Comment