Ini Dia Rekomendasi Sunscreen Ramah Kantong Pelajar!

Penulis: Rio Kusuma – UNJ

Aloha, Sunners! Kalian merasa nggak sih cuaca di tempat tinggal kalian akhir-akhir ini rasanya panas banget? Bagi kalian yang jam pelajaran olahraga atau kegiatan ekstrakurikulernya siang-siang plus diadakan di luar ruangan, pasti rasanya seperti dipanggang di bawah terik matahari, ya. Kalau sudah berada di kondisi seperti ini, kalian wajib banget lho apply produk-produk skincare ke badan, salah satunya adalah sunscreen untuk wajah! 

Eh, harga sunscreen pasti mahal kan? Eits, masih ada kok sunscreen yang harganya terjangkau untuk kantong pelajar seperti kalian. Makanya, baca artikel ini sampai habis ya!

sunscreen

Ayo mulai pakai sunscreen setiap hari! Sumber: canva.com

Sunscreen itu Apa, Sih? Kenapa Harus Pakai?

Sunners, yakin deh pasti kebanyakan dari kalian sudah tidak asing dengan kata sunscreen ini. Mungkin kalian pernah dengar dari teman di sekitar kalian, dari beauty vlogger yang ada di YouTube, atau dari tempat-tempat lainnya.

Sunscreen (biasa disingkat menjadi SS) atau dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai tabir surya secara sederhana bisa diartikan sebagai produk skincare yang fungsi utamanya adalah menghalau kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV). Nah, sinar UV itulah yang punya efek bahaya jika kulit Sunners terpapar secara langsung, karena UV bisa membuat kulit mengalami luka bakar matahari atau sunburn dan lebih parahnya juga bisa menimbulkan kanker kulit.

Sunners pastinya nggak mau kan kulitnya mengalami hal-hal di atas? Maka dari itu, wajib hukumnya bagi kalian untuk mulai rutin menerapkan SS dan juga rajin re-apply beberapa kali agar perlindungan terhadap wajah bisa lebih optimal.

Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Sunscreen?

Nah, setelah tahu apa itu sunscreen dan kenapa kita harus mulai rutin memakainya, Sunners bisa mulai memilah dan memilih juga nih produk mana yang akan dipakai! Oh iya, sebelum itu kalian perlu tahu ya bahwa produk ini biasanya dibedakan berdasarkan jenis/tipe kulit dan juga besaran SPF-nya, hal ini bisa dilihat di kemasan yang selalu ada keterangan 25 SPF, 30 SPF, sampai 50 SPF.

Apa itu SPF?

Jadi, SPF itu kepanjangan dari Sun Protecting Factor, ini merupakan tolok ukur yang biasanya dicantumkan pada sunscreen agar kalian bisa tahu seberapa efektif produk tersebut bisa melindungi kulit kalian dari serangan sinar UV. Secara sederhana, semakin besar angka SPF-nya, maka semakin tinggi juga tingkat perlindungannya. Meskipun faktanya makin besar SPF makin efektif, namun dalam memilih ini juga kalian harus mempertimbangkan aktivitas kalian sehari-hari, ya.

Misalnya nih, jika Sunners yang notabene adalah pelajar SMA yang lebih banyak memghabiskan waktu di dalam ruangan dan sangat jarang terpapar sinar matahari, kalian bisa memilih sunscreen dengan SPF 25. Lain hal jika kalian sedang banyak beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari (misalnya saat belajar renang), SS dengan SPF yang lebih tinggi bisa jadi pilihan terbaik agar kulit tetap terlindungi.

Sunscreen

Perhatikan SPF sebelum membeli sunscreen. Sumber: canva.com

Rekomendasi Produk Sunscreen

Nah, langsung saja kami akan merekomendasikan beberapa produk sunscreen berdasarkan besaran SPF dengan harga di bawah 50 ribu rupiah yang bisa kalian coba. Kalau kalian penasaran dengan deskripsi produk dan review-nya, bisa cek langsung dengan klik produk di bawah ini, ya! Nanti kalian akan langsung diarahkah ke produknya.

SPF 25 – 35

SPF 40 – 50

Itu dia beberapa rekomendasi produk sunscreen yang bisa Sunners gunakan! Ingat ya, pertimbangkan kembali tipe kulit dan kegiatan sehari-hari kalian sebelum memilih produk yang tepat agar kulit benar-benar terlindungi secara efektif. Jangan lupa juga untuk memakai SS dengan cara yang benar dan selalu apply kembali tiap 2 jam. Selamat bereksplorasi dan mencoba!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 10
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?