WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ingin Kuliah Tapi Gak Punya Biaya? Tetap Bisa Kuliah Kok! Ini Alternatifnya

Hai Sunners! Pengumuman SNMPTN sudah lewat dan pengumuman SBMPTN semakin dekat. Kamu mungkin mulai berpikir jika gagal SBMPTN artinya hilang harapan untuk lanjut kuliah. Ikut seleksi jalur mandiri PTN biayanya mahal, begitu juga jika mendaftar ke PTS. Eiittss, jangan pesimis! Ada beberapa cara alternatif di bawah ini agar kamu tetap bisa kuliah meskipun dengan biaya yang kurang.

Bagi siswa SMA/SMK, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan ‘batu loncatan’ untuk meraih cita-cita atau untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Di zaman yang penuh persaingan, softskill saja tidak cukup sehingga kamu perlu mengasah hardskillmu dengan mendapat ilmu dari senior atau para ahli dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain membutuhkan waktu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk sebagian siswa yang ekonominya tidak cukup bagus akan berpikir tidak melanjutkan pendidikan.

Jangan pesimis, Sunners! Ada banyak alternatif untuk kamu yang punya masalah mengenai biaya tetapi ingin kuliah. Perbedaan, perguruan tinggi baik negeri atau swasta itu cuma berbeda tipis. Jika lolos seleksi SNMPTN/SBMPTN di negeri, kamu mungkin bisa mengajukan keringanan biaya semester sesuai dengan ekonomi orang tuamu tetapi hal ini tidak berlaku jika kamu lolos seleksi jalur mandiri yang biaya semesternya sudah ditentukan sesuai jurusan dan di beberapa PTN juga perlu membayar uang gedung. Di swasta ada beberapa PTS yang menawarkan pembayaran angsuran bulanan, sehingga kamu tidak terlalu terbebani dengan biaya. Selain itu ada beberapa alternatif lain yang mungkin juga bisa jadi pilihan kamu. Yuk simak di bawah ini.

1. Beasiswa


Alternatif pertama yang bisa kamu pilih yaitu beasiswa. Saat ini banyak penawaran beasiswa untuk membantu calon mahasiswa dan mahasiswa dalam meringankan beban biaya selama kuliah. Namun, kamu juga harus teliti dalam melihat persyaratan dan benefitnya karena ada beberapa beasiswa yang diberikan full dari semester awal hingga semester akhir dan ada juga yang hanya 1 atau 2 semester saja dengan persyaratan slip gaji orang tua hingga nilai ipk dan prestasi non akademik. Adapun beberapa beasiswa tersebut antara lain KIP Kuliah, Bidikmisi, dan Beasiswa Unggulan Kemendikbud.

2. Kerja Paruh Waktu/Freelance


Jika kamu merasa tidak cukup percaya diri untuk ikut beasiswa, kamu bisa juga mencoba untuk kerja paruh waktu atau freelancer. Walaupun gajinya tidak seberapa, tapi waktu bekerjamu tidak mengganggu waktu kuliahmu. Selain itu, gajimu per bulan jika ditabung cukup kok untuk membayar atau setidaknya meringankan biaya kuliahmu. Jika kamu tidak sanggup kuliah sambil bekerja, kamu bisa memilih gapyear lalu fokus kerja dan menabung gajimu untuk bekal biaya kuliahmu nanti.

3. Pinjaman Dana Pendidikan


Jika kamu merasa alternatif kedua juga sulit, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan. Tapi kamu juga perlu was-was dan teliti, pastikan tempat pinjaman yang kamu pilih terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Seperti Danacita, KoinWorks, dan Pintek. Tentunya sebelum mengajukan pinjaman, diskusikan pilihan ini dengan orang tuamu terlebih dahulu ya Sunners.

Nah, itu dia penjelasan singkat dan beberapa alternatif yang bisa kamu pilih jika kamu ingin kuliah namun terhalang dengan masalah biaya. Jangan pesimis dan putus asa. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga dengan banyaknya alternatif yang bisa kamu pilih dan pilihan itu tergantung dari bagaimana kamu ingin memulainya.

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment