WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Gejala PCOS Pada Remaja yang Perlu Kamu Ketahui

Hai sunners! Untuk kamu para perempuan pasti sudah tidak asing dengan kata PCOS, tapi apakah kamu tau, apa sih PCOS itu ? Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah kelainan hormonal yang menyebabkan ovum (sel telur) tidak berkembang secara normal karena ketidak seimbangan hormon. Kelainan hormon ini menyebabkan para perempuan mengalami gangguan menstruasi, infertilitas (tidak subur), hingga rentan terkena diabetes dan hipertensi. Penyebab kelainan hormon PCOS adalah ketidak seimbangan hormon yang dimana produksi hormon laki-laki meningkat yang menyebabkan ovarium tidak dapat memproduksi sel telur dengan normal, selain itu penyebab kelainan hormon ini juga dapat datang dari genetik atau faktor keturunan.

Sebagai bentuk pencegahan dari kelainan hormon ini, yuk ketahui gejala penderita kelainan hormon PCOS pada remaja :

1. Siklus menstruasi tidak teratur

Siklus Menstruasi Tidak Teratur (Grace Noverina/UBM)

Para penderita PCOS biasanya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Seperti kamu mengalami siklus menstruasi lebih dari 1 kali dalam satu bulan, atau durasi menstruasi kamu lebih dari satu minggu. Tidak hanya mengalami siklus menstruasi yang berkepanjangan, bisa saja kamu tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan lamanya.

2. Kebotakan atau Pertumbuhan rambut halus pada area tertentu

Kebotakan atau Pertumbuhan rambut halus pada area tertentu(unsplash.com/@towfiqu999999)

Pertumbuhan rambut halus di area tertentu juga menjadi salah satu gejala penderita PCOS, seperti pertumbuhan rambut di area  wajah, punggung, perut dan dada. Namun tidak semua penderita PCOS mengalami pertumbuhan rambut di area tertentu, terdapat beberapa penderita kelainan hormon ini justru mengalami kebotakan.

3. Kenaikan berat badan.

kenaikan Berat Badan (unsplash.com/@yunmai)

Hormon yang tidak seimbang menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih bahkan dapat menyebabkan obesitas, namun penderita PCOS biasanya sulit untuk melakukan penurunan berat badan.

4. Kulit menjadi lebih gelap di area tertentu.

Kulit menjadi lebih gelap di area tertentu (unsplash.com/@jibarox)

Tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan, ketidak seimbangan hormon juga menyebabkan perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap di beberapa area seperti lipatan leher, ketiak, atau di antara kedua payudara.

5. Muncul jerawat dan pori-pori membesar.

Muncul jerawat dan pori-pori membesar (Grace Noverina/UBM)

Masa remaja merupakan masa perkembangan yang membuat perkembangan hormon yang tidak seimbang sehingga pada umumnya para remaja rentan mengalami pertumbuhan yang muncul di area wajah, namun berbeda untuk para penderita PCOS. Para penderita PCOS biasanya mengalami pertumbuhan jerawat yang berlebihan di area wajah, dada ataupun punggung yang sulit untuk disembuhkan.

Penulis : Yeni Lesmana Universitas Bunda Mulia
fotographer : Grace Noverina Universitas Bunda Mulia

Leave A Comment