Majalah Sunday

Fakta Kulit Sawo Matang dan
Cara Merawatnya!

Penulis: Ahmad Rizki – Polmed
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Memiliki kulit yang terlihat putih tanpa cela menjadi impian setiap wanita khususnya di Asia seperti Indonesia. Apalagi warna kulit orang Indonesia cenderung berwarna kecoklatan atau kulit sawo matang, pasti banyak yang ingin memiliki warna kulit putih. Tapi apakah benar kulit sawo matang susah menjadi putih ? Mari kita simak bersama artikelnya sampai habis.

Kulit Sawo Matang

Merawat Kulit Sawo Matang, pict by canva.com

Faktor yang Mempengaruhi Kulit Sawo Matang

Pasti ada banyak orang yang merasa bingung kenapa kulitnya susah putih padahal sudah mencoba bermacam cara memutihkan kulit, bahkan sudah mempraktekkan cara alami memutihkan kulit yang ada di internet. Sebelumnya, Sunners harus tau lebih dulu nih tentang penyebab apa saja yang dapat mempengaruhi warna kulit.

1. Pengaruh Pigmen Warna Kulit

Faktor yang pertama adalah pigmen atau zat warna kulit yang disebut melanin. Pigmen ini memiliki fungsi untuk melindungi sel kulit agar tidak rusak akibat terkena paparan sinar ultraviolet matahari. Jumlah pigmen dapat bertambah jika terkena sinar ultraviolet dan ini sangat mempengaruhi warna kulit. Jika terlalu sedikit, maka warna kulit akan terang. Dan jika terlalu banyak, maka warna kulit akan gelap.

2. Genetik atau Keturunan

Faktor lainnya adalah faktor genetik atau keturunan. Sesuai dengan DNA orang tua, atau bahkan dari kakek atau nenek. Dan faktor ini adalah faktor yang tidak dapat diubah.

3. Lingkungan Geografis

Faktor selanjutnya adalah lingkungan geografis. Orang yang tinggal di daerah tropis biasanya memiliki warna kulit yang cenderung gelap (sawo matang) karena produksi melanin yang meningkat akibat jumlah paparan sinar ultraviolet yang banyak.

Itulah mengapa warna kulit manusia dapat bervariasi. Meski begitu, setiap warna kulit tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya Sunners! Jadi, jangan minder atau insecure dengan warna kulit kita karena yang paling terpenting adalah tetap merawat diri dan menjaga kesehatan kulit.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Kita?

Karena warna kulit sangat bergantung pada genetik, maka cara yang dapat dilakukan adalah mencerahkan kulit. Ets! Tapi jangan tergiur dengan hasil instan ya Sunners! Tentunya mencerahkan dengan perawatan yang baik dan aman. Kita juga harus menghindari lingkungan yang dapat memicu perubahan warna kulit (paparan sinar ultraviolet), sehingga diharapkan warna kulit kalian dapat dimaksimalkan secerah bagian kulit tubuh anda yang paling cerah, yakni lengan atas bagian dalam atau bagian tertutup lainnya.

Tidak lupa untuk menjaga asupan nutrisi agar kulit tetap sehat dengan cara mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, cukupi asupan air putih setiap harinya, istirahat yang cukup, hindari stres dengan manajemen stres sesuai minat, hindari rokok, dan memakai tabir surya khususnya di siang hari.

Yang paling penting adalah menjaga kesehatan kulit karena apapun warna kulit kita jika kulit kita sehat maka akan terpancar berkilau. Bagian kulit yang paling cerah adalah area yang sering tertutupi, yaitu kulit paha. Warna kulit paha adalah pengukur utama kecerahan kulit, jadi kalau Sunners mau mencerahkan kulit, kalian hanya bisa mendapatkan hasil secerah kulit paha.

Kulit Sawo Matang

Perawatan Kulit dengan Skincare yang Sesuai dan Aman, pict by canva.com

Ingat nih Sunners! Jika kalian ingin mendapatkan hasil lebih putih dari warna kulit paha yang sekarang, itu namanya kalian melawan genetik. Jadi, kulit sawo matang sebenarnya masih bisa menjadi lebih terang ya, asal tidak melawan genetik dan perawatan diri yang harus mengikuti standar keamanan ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,526
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?