WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Dilema dengan Pilihan Hati atau Orangtua

Setiap orangtua pasti ingin anaknya mendapatkan tempat terbaik, baik dalam pendidikan maupun hal apapun. Namun, pasti ada saja pilihan orangtua yang tidak sesuai dengan pilihan hati sendiri. Biasanya, jika seperti itu ada hal yang orangtua tidak suka atau khawatirkan dengan pilihan sang anak tercinta. Karena itu, ada beberapa cara supaya anak bisa menyikapi perbedaan pendapat dengan orangtua.

Dengarkan dan Simak dengan Baik Perkataannya

Hal yang kita harus lakukan adalah mendengarkan dahulu apa yang disampaikan oleh orangtua. Pasti ada hal yang membuat mereka menolak keinginan anaknya. Dengan begitu, kita bisa tahu bahwa ada hal-hal tertentu yang membuat orangtua menentang pilihan sang anak.

Bersikap Santun

Walaupun terkadang kita tidak bisa menerima pilihan orangtua, kita harus tetap bersikap santun dengan mereka.

Diskusi dengan Orangtua

Kita juga perlu mengutarakan isi hati kita kepada mereka. Jelaskan dari hati ke hati alasan memilih pilihan yang berbeda dari pilihan mereka. Dengan begitu, lama-kelamaan mereka akan mengerti maksud dan tujuan kita memilih pilihan tersebut.

Bersikap Tegas dan Percaya Diri

Selanjutnya, kita harus tegas dan percaya diri dengan pilihan yang akan kita pilih. Kita juga harus pikirkan dampak apa saja jika memilih pilihan tersebut. Jangan sampai menyesal karena memilih pilihan tersebut. Lalu, percaya dirilah dengan dirimu sendiri bahwa kamu bisa menjalankan pilihan tersebut.

Keempat cara tersebut semoga bisa membantu untuk mengusir rasa dilema dengan pilihan yang kita pilih. Perlu diingat, pilihan orangtua pasti yang terbaik juga untuk kita semua.

 

Fiska Rahma Rianda – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment