Majalah Sunday

Cut Off Teman Tanpa Menyakiti Hati?
Ini Dia 5 Caranya!

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Halo Sunners! Pernahkah kalian mengalami situasi di mana kalian udah temenan lama sama seseorang tapi selalu ngerasa gak nyaman di deket mereka, dan berakhir rasanya pengen menjauh aja dari mereka? Yuk mari kita bahas bersama bagaimana cara mengatasi situasi ini dan meng cut off teman yang mungkin tidak lagi baik buat kita!

cut off teman

Sebenernya cut off itu apa?, pict by canva.com

Cut Off itu Apa Sih?

Cut off atau “memutuskan hubungan” adalah salah satu istilah gaul yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menggambarkan tindakan mengakhiri atau menghentikan suatu hubungan, terutama dalam lingkungan pertemanan atau hubungan sosial lainnya seperti percintaan dan pekerjaan. Ketika seseorang memutuskan hubungan pertemanan, maka hal ini menunjukkan bahwa kedua orang tersebut tidak akan lagi berteman.

Biasanya cut off pertemanan dilakukan ketika seseorang merasa udah enggak cocok lagi untuk berteman atau dirugikan karena pertemanan itu. Ini bisa disebabkan oleh adanya minat yang berbeda, gaya hidup yang tidak sejalan, atau malah perbedaan pandangan tentang banyak hal. Namun harus tetap diingat bahwa cut off juga dapat menyakiti perasaan seseorang. Makanya, penting banget nih buat melakukan cut off dengan cara yang benar.

Cara Cut Off Teman Dengan Benar

Pikirin Alasannya Terlebih Dahulu

Sebelum kamu nekat cut off pertemanan kamu, sebaiknya kamu cek dulu apakah kamu emang bener-bener yakin sama keputusan kamu. Pikirin alasan yang kamu punya, apa bener itu alasan yang kuat atau tidak, dan juga, apakah masih ada celah buat nyoba benerin pertemanan itu dan ngobrolin lebih dalam lagi. Terkadang, ngobrol bisa menjadi solusi yang mungkin belum pernah di pikirin sebelumnya, jadi mendingan pikirin baik-baik sebelum ambil keputusan yang nantinya nggak bakal bisa ditarik lagi.

Cari Waktu Yang Pas

Coba buat memilih waktu mengobrol yang tenang dan santai. Misalnya, pas lagi duduk-duduk di kafe atau lagi jalan-jalan bareng. Jangan coba-coba buat ngomongin ini pas temen kamu lagi marah atau dalam suasana hati yang buruk. Yang ada nanti malah jadi tambah ribut, kan enggak lucu. Jadi, sabar aja dan cari waktu yang pas biar obrolannya lancar dan enggak bikin suasana makin kacau.

cut off teman

Pastikan temanmu ada waktu untuk bertemu, pict by canva.com

Menjauh Secara Diam-Diam

Kalo kamu mau meng-cut off temanmu secara diam-diam tanpa perlu berbicara langsung dengan mereka, kamu bisa mulai coba menjaga jarak. Misalnya, dari yang awalnya sering nge-chat, bisa dicoba pelan-pelan lebih jarang membalas chatnya, atau mulai menolak saat diajak main bersama.

Menyibukkan Diri

Kamu bisa mulai menyibukan diri, misalnya, kalo kamu suka main musik, kamu bisa coba untuk lebih sering latihan dan gabung ke dalam sebuah band. Atau mungkin kamu pengen fokus di dunia olahraga, kamu bisa mulai lebih banyak menghabiskan waktu buat jogging atau latihan di gym. Sampai nanti akhirnya, tanpa kamu sadari, waktu buat bertemu sama teman-temanmu bakal makin berkurang karena masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, jadi enggak ada paksaan buat sering-sering ketemu.

Menjaga Sikap Dewasa

Saat akhirnya kamu dan temanmu enggak berteman lagi, coba untuk enggak terjebak dalam gosip tentang kehidupannya yang sekarang. Meskipun terkadang niatnya cuma pengen berbagi cerita, tapi gosip seringkali bisa menyebabkan salah paham atau masalah yang lebih besar. Daripada ngobrolin tentang yang enggak penting, mendingan kamu fokus ke hal-hal yang lebih positif. Yang terakhir, jangan pernah maksa orang lain buat ikutan nggak suka juga sama temanmu. Setiap orang punya pandangannya masing-masing, dan nggak seharusnya kamu mencoba mengatur opini orang lain. Lebih baik tetap menjaga sikap dewasa dan menghormati pilihan serta pandangan orang lain.

Udah siap buat meng cut off temanmu?, pict by canva.com

Gak perlu buru-buru atau melakukan tindakan yang kasar, tapi juga jangan sampe nunda-nunda terlalu lama. Yang paling penting, tindakan cut off ini bisa jadi jalan buat kamu ngelepasin diri dari beban yang gak kamu perlukan. Jadi, sambil tetap menghargai perasaan orang lain, jangan ragu buat mengambil keputusan yang terbaik buat semua orang.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 754
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?