WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara PDKT di Masa Pandemi Corona

Haiii, Sunners! Siapa diantara kalian yang proses PDKTnya terganggu gara-gara pandemi Corona? Mimin harap sih, tidak ada yaa. Walaupun #diRumahAja masih bisa kok berusaha buat dapetin hati si dia.

Berbagai upaya telah dikerahkan pemerintah demi memutus penyebaran mata rantai virus corona, salah satunya dengan mengeluarkan imbauan physical distancing. Di era new normal ini, sebagian masyarakat sudah diperbolehkan menjalankan aktivitas seperti biasa dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Sebagian lainnya, termasuk para pelajar, masih harus melakukan aktivitas berbasis daring, sehingga terbatasnya kegiatan berinteraksi secara langsung. Keterbatasan tersebut bukanlah penghalang, rasa semangat harus tetap berkobar guna meraih cita-cita, atau bahkan meraih ‘cinta’.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing ketika menjalani proses pendekatan (PDKT) dengan sang pujaan hati. Namun di masa pandemi, solusi terbaik ialah memanfaatkan teknologi.

Lantas, bagaimana sih caranya PDKT di masa pandemi corona? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan media sosial untuk mendapatkan informasi


Akun media sosial sejatinya merupakan cerminan kehidupan pribadi seseorang. Maka dari itu kenali karakter si dia, gali informasi melalui unggahan pada akun media sosial miliknya. Jadi ketika mengobrol dengannya, sudah terbayang topik apa yang akan diangkat supaya tidak kehabisan bahan obrolan.

2. Jadilah pribadi yang menyenangkan


PDKT merupakan keahlian yang membutuhkan waktu untuk dipelajari, janganlah terlalu tergesa-gesa. Perlahan tapi pasti, cobalah menjadi pribadi yang menyenangkan dalam berbagai hal. Pribadi yang menyenangkan bisa memberikan rasa nyaman, hingga lama-kelamaan dia akan terbawa perasaan dan benih-benih cinta akan mudah tumbuh.

3. Tidak mengirim pesan yang monoton


Hindarilah pola komunikasi yang klise, seperti “Lagi ngapain?”, “Sudah makan?”, “Lagi dimana?”, atau sejenisnya. Selain membosankan, kalimat tersebut terkesan mainstream untuk ditanyakan. Mulailah pikirkan obrolan lain yang lebih kreatif. Menanyakan kegemarannya, sembari menyisipkan sedikit lelucon dapat membuat kalian saling mengenal satu sama lain tanpa rasa kaku.

4. Curi kesempatan dengan melakukan aktivitas virtual bersama


Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak cara untuk mengabisakan waktu bersama walapun raga terpisah oleh jarak. Kini sudah tersedia berbagai macam aplikasi untuk menonton film berdua, bermain game bersama, hanya dengan menghubungkannya melalui sambungan internet. Mengajaknya menyaksikan konser virtual penyanyi ternama juga bisa dijadikan pilihan yang tepat, untuk mengobati rasa kangen akan konser offline yang diadakan langsung di tempat.

5. Peka terhadap situasi


Orang yang sedang melakukan PDKT pasti berharap usahanya dapat berjalan lancar, hingga pada akhirnya bisa menjalin hubungan asmara dengan orang yang dicinta. Namun perlu diingat, tak semua orang dapat mengungkapkan perasaannya secara terang-terangan. Kemampuan untuk peka terhadap situasi sangatlah dibutuhkan ketika menafsirkan segala tindakannya. Bila hubungan kalian dirasa sudah semakin dekat, tapi dia belum memancarkan tanda-tanda memiliki perasaan yang sama, maka janganlah gegabah untuk langsung mengutarakan cinta. Sebaliknya, bila dia memberikan tanda-tanda memiliki perasaan yang sama, maka inilah saat yang sempurna untuk mengungkapkan perasaan ke si dia.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan, Sunners! Untuk saat ini tak ada salahnya bercengkerama hanya melalui dunia maya, apabila keadaan sudah mulai membaik, barulah melepas rindu di dunia nyata. Hal yang perlu digarisbawahi ketika proses pendekatan adalah tetap tunjukkan versi terbaik dari dirimu, tanpa harus menjadi orang lain. Tak perlu terlalu keras memaksakan diri supaya disukainya, ingatlah ada pepatah mengatakan “Kalau jodoh tak akan kemana”.

Oleh: Nelin Novalin, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment