WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Mengetes Kecocokan Produk Skincare

   Mencari produk skincare yang cocok untuk kulit wajah memang tidaklah mudah. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan skincare yang cocok untuk kulit wajah kamu. Skincare yang tidak cocok pada kulit wajah dapat mengakibatkan iritasi, perih, gatal, panas, kemerahan bahkan kering pada wajah. Selain itu, gejala yang timbul akibat skincare yang tidak cocok yaitu munculnya jerawat, komedo, dan beruntusan. Bagaimana cara mengetahui produk skincare yang kamu gunakan cocok atau tidak dengan kulit wajah kamu?

  • Periksa kulit wajah

   Beberapa produk bisa memberikan reaksi instan pada kulit wajah, bahkan ada yang memberikan reaksi setalah pemakaian. Misalnya ada reaksi gatal, perih, rasa terbakar, bahkan munculnya breakout atau purging. Bila terjadi reaksi seperti itu, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut.

  • Periksa wajahmu, apakah terjadi purging?

   Purging merupakan dimana kondisi reaktif kulit saat kamu memakai skincare baru yang menunjukkan kalau kulitmu sedang beradaptasi saat produk sedang bekerja. Purging terjadi pada skincare dengan memiliki kandungan seperti Acid, AHA/BHA, Retinol, Niacinamide. Gunakan skincare dengan kandungan tersebut setiap 2-3 kali saja dalam seminggu guna untuk membiasakan kulit dan melihat reaksinya. Gunakan bersama dengan skincare kamu lainnya untuk menjaga kelembaban kulit wajah seperti toner, sunscreen dan pelembab untuk menjaga kondisi kulit wajah saat terjadi purging. 

  • Apakah terjadi breakout?

   Breakout merupakan kondisi dimana munculnya peradangan dan timbulnya jerawat di tempat yang tidak biasa munculnya jerawat. Bila produk yang kamu gunakan tidak bersifat eksfoliasi atau mendorong regenerasi kulit tetapi kulit memberikan reaksi buruk seperti munculnya jerawat ditempat yang tidak biasanya berarti kamu tidak cocok menggunakkan produk atau bahan di dalam skincare tersebut. Breakout berlangsung lama berbeda dengan purging, hentikan pemakaian dan segera konsultasi pada dokter kulit.

  • Periksa kondisi kulit wajah setelah 1 bulan pemakaian

   Saat kamu menggunakkan produk baru, hasil dari pemakaian produk tersebut tidaklah instan karena butuh waktu yang lama untuk pergantian sel kulit untuk melihat efek dari produk skincare tersebut. Pengecualian ada efek yang negatif, seperti gatal-gatal, perih, kemerahan, iritasi, jerawatan, ataupun purging

  • Kenali perubahan positif pada kulit wajah

   Saat produk skincare bekerja, kulit kamu terasa seimbang seperti lembab tetapi tidak menghasilkan minyak yang berlebih, tidak muncul jerawat yang meradang, dan kulit wajah tidak kering ataupun melupas. Kamu bisa merasakannya jika menemukan produk yang cocok dengan kulitmu yang akan memberikan efek tersebut bahkan wajahmu akan terlihat lebih cerah dan segar. 

Cara lain untuk mengecek produk yang cocok, berikut langkah-langkahnya:

Usap produk ke kulit belakang telinga

  1. Mengusap sedikit produk yang digunakan ke kulit bagian belakang pada telinga kamu. Kulit belakang telinga tergolong lebih tipis sehingga sensitif terhadap produk atau bahan yang tidak cocok pada kulit.
  2. Setelah mengusap produk, tunggu selama 10-15 menit. Jika mengalami alergi pada produk tersebut sebaiknya hentikan.

Oleskan ke siku bagian dalam

   Oleskan produk skincare ke siku bagian dalam selama 10-15 menit untuk melihat reaksi kulit kamu terhadap produk tersebut. Siku bagian dalam merupakan area yang sensitif, bila kulit kamu tidak cocok dengan salah satu produk atau bahan skincare tersebut maka akan menghasilkan reaksi alergi dan sebaiknya hentikan pemakain produk tersebut.

   Itu dia cara mengetes kecocokan produk skincare, tes kecocokan skincare sangat disarankan untuk dilakukan setiap kali kamu hendak mencoba produk skincare yang baru. Kamu harus memastikan apakah produk tersebut cocok dan aman dengan kulit kamu.

 

DIAJENG GENTALIA RIFANI-Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

 

Leave A Comment