WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Menentukan Pilihan yang Tepat

Rasa dilema memang sering terjadi dalam kehidupan ini, ditambah kalau kita terjebak dalam pilihan yang sulit. Memang, pada dasarnya manusia selalu ingin mendapatkan yang diinginkan dengan mudah. Tetapi, jika pilihan tersebut sangatlah sulit untuk digapai, mau tidak mau kita harus memilih pilihan yang terbaik untuk diri kita sendiri.

Semua orang juga pasti pernah melalui 2 pilihan yang sangat sulit untuk dipilih. Namun, pada akhirnya orang-orang akan memilih pilihan yang mudah untuk dijalani dan tidak menyulitkan dirinya. Karena itu, sebelum menentukan apa yang akan kita pilih, kita semua harus tahu cara-cara menentukan pilihan yang tepat supaya tidak keliru dan menyesal di kemudian hari.

Tentukan Ukuran Kemudahan Hingga Kesulitanmu

Perlu untuk menentukan ukuran yang bisa kita lakukan untuk dijalani nanti. Bisa dicatat dalam buku harian atau diketik dalam notes handphone. Jika sudah mencatat semua pilihan yang kamu sedang pertimbangkan, catat juga dampak apa saja yang akan kamu terima jika memilih pilihan tersebut.

Berpikir Lebih Terbuka

Tentu, berpikir secara terbuka penting untuk dilakukan. Pikirkan hal-hal yang menurutmu baik untuk dijalankan. Jangan hanya sekedar ego saja, pilihlah pilihan yang tidak akan menyulitkanmu di masa depan.

Meminta Pendapat Orang Lain

Jika, kamu bingung untuk memilih pilihan yang sangat sulit untuk dirimu sendiri, kamu bisa meminta pendapat orang lain seperti teman, keluarga dan orang-orang terdekat lainnya. Katakan semua resahmu kepada mereka dan tanyakan pendapat mereka terkait pilihan yang sangat sulit kamu hadapi. Dengan begitu, kamu bisa menimbang saran-saran dari mereka untuk memilih pilihan yang terbaik untuk dirimu sendiri. Namun, semua tergantung dari dirimu sendiri, karena kamulah yang akan menjalani pilihan tersebut.

Tentukan Batas Waktu untuk Menyelesaikan Pilihan Tersebut

Tentukan batas waktu supaya kamu yakin dengan pilihanmu sendiri. Jangan terlalu lama untuk memutuskan pilihan yang akan kamu hadapi. Sehingga, kamu yakin pilihan tersebut memang yang terbaik untuk dipilih.

Percaya Diri

Jika, sudah memilih pilihan tersebut, maka percaya dirilah bahwa pilihan yang dipilih adalah yang terbaik untuk dirimu sendiri. Jangan berpikir menyesal karena pasti pilihan yang kamu pilih adalah berdasarkan dari hatimu dan tidak akan menyulitkanmu di kemudian hari.

Berjuanglah Sampai Akhir

Percayalah, pilihan yang kamu pilih merupakan keputusan akhirmu sehingga itu adalah yang terbaik untuk dirimu. Berjuanglah, sampai akhir untuk mempertahankan pilihan yang sudah kamu pilih dan akan kamu jalani.

Keenam cara tersebut dapat dilakukan jika kamu benar-benar menghadapi pilihan yang sulit. Perlu diingat, bahwa setiap kesulitan pasti akan ada jalan keluarnya.

 

Fiska Rahma Rianda – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment