Majalah Sunday

Cara Melupakan Seseorang Tanpa Harus Membenci

Penulis: Juliano Nakahar Pangestu – Universitas Tama Jagakarsa
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Banyak sekali hal atau momen yang terkadang membuat kita merasa down dalam hidup. Salah satunya adalah momen saat kita disakiti atau dikhianati oleh orang lain. Tapi, bagaimana ya cara melupakan seseorang dan kejadian tersebut tanpa meninggalkan rasa kebencian? Apakah Sunners sudah tahu jawabannya? Kalau belum, cari tahu jawabannya di artikel ini, ya!

Bagaimana Cara Melupakan Seseorang Tanpa Membencinya?

Mempunyai seseorang yang dapat kita percayai adalah sebuah pengalaman yang berharga. Hubungan kedekatan akan mempengaruhi tumbuh satu sama lain.

Namun, setiap orang pasti mengalami yang namanya kegagalan dalam berhubungan, baik itu persahabatan, asmara, pekerjaan dan lain sebagainya. Kegagalan dalam berhubungan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya merasa disakiti, dikhianati, dibohongi atau sebagainya. Kenangan yang kelam seringkali membuat kita enggan, ragu bahkan pesimis dalam menjalani keseharian kita.

Sehingga, kerap kali kita ingin melupakan hal-hal atau momen-momen yang tidak menyenangkan, salah satunya adalah momen ketika kita disakiti oleh orang lain. Di bawah ini Mimin akan ngasih tahu cara untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti hati kita tanpa adanya kebencian.

1. Menyibukkan Diri

Menyibukkan diri dengan berbagai hal yang positif akan membantu kamu melupakan segala keresahan dan masalah hidup yang sedang dihadapi. Daripada mengingat-ingat momen yang hanya membuat Sunners stuck untuk terus maju, lebih baik melakukan hal-hal yang positif sekaligus berusaha melupakannya. Ingat, Sunners! Jangan lupa untuk istirahat sejenak, ya!

dengan menyibukkan diri sebagai cara melupakan seseorang tanpa menaruh kebencian

Buatlah dirimu sibuk dengan melakukan kegiatan yang postif agar bisa melupakannya, pict by canva.com

2. Menghargai Diri Sendiri

Sunners, diri kamu terlalu berharga untuk disakiti dan dikhianati oleh orang lain. Hargai dirimu dengan tidak membuang-buang waktu memikirkan orang tersebut dan terpuruk dalam kesedihan. Segera bangkit dari kesedihan untuk kebaikan diri kamu sendiri. Kamu juga nggak perlu mengeluarkan tenaga untuk membalas perbuatannya, cukup serahkan semuanya kepada Tuhan.

3. Perbanyak Waktu Bersama Teman atau Orang Terkasih

Menghabiskan waktu bersama teman dan kelurga akan membantu Sunners melupakan orang yang telah menyakitimu. Hal ini akan meyakinkan kamu bahwa masih ada banyak orang yang memiliki kepedulian dan perhatian yang besar terhadapmu. Jadi, jangan lagi berpikir kalau duniamu hanya berpusat padanya, ya. Sebagai manusia, kita punya jalannya masing-masing. Lanjutkan perjalanmu dan lebih hati-hati saat melangkah!

hangout dengan teman-temanmu sebagai cara melupakan seseorang

Habiskan waktumu dengan berkumpul bersama orang-orang terkasih agar tidak latut dalam kesedihan, pict by canva.com

4. Konsultasi ke Orang Terpercaya

Ceritakan kisahmu kepada teman atau orang-orang yang Sunners percayai, ya. Bercerita dan berkonsultasi dengan seseorang yang kamu percayai tentang segala masalah yang Sunners hadapi. Mempunyai seseorang yang selalu mendengarkan keluhan, cerita, omelan dan curhatan kamu seperti ini akan meringankan pikiranmu dan dapat membuat dirimu merasa lebih baik.

Melupakan memang perlu dilakukan, dan tentu rasanya tidak mudah. Namun, jangan sampai berada di fase membenci atau bahkan menyimpan dendam. Ingatlah bahwa hukum karma itu ada. Sekali kamu membenci orang lain, siklus ini akan terus berputar, dan akan ada masa di mana kamu pun juga akan dibenci oleh orang lain. Tidak mau, kan?

5. Terima Keadaan

Kegagalan dalam menjalin hubungan akan selalu ada. Terima saja dengan lapang apapun yang terjadi. Jangan pernah mencoba untuk mengelak kenyataan dan memaksa suatu hubungan.

Ingat tentang teori give and take. Apapun yang pernah orang lakukan terhadapmu, pasti akan datang berbalik kepada orang tersebut. Tidak perlu merasa sedih dan janganlah merasa menyesal. Karena siklus kehidupan Sunners tetap berjalan.

6. Hindari Segala Hal yang Mengenai Tentangnya

Untuk melupakan seseorang yang telah menyakitimu, hindari segala sesuatu yang berbau atau berhubungan tentangnya. Semua kenangan bersamanya, barang-barang pemberiannya, kegiatan-kegiatan bersamanya atau sesuatu yang pernah menjadi hal yang disukai. Semua ini akan membantu Sunners untuk cepat melupakannya.

Sunners, ingat bahwa langkah ini hanya untuk membantu kamu melupakan seseorang dan kenangannya. Bukan untuk membenci dan justru menyimpan dendam kepadanya, dengan tidak menyapa, memusuhi dan lain sebagainya. Dengan mengingat teori give and take dan karma kehidupan, tentunya Sunners dapat menentukan seperti apa tindakan yang harus kamu lakukan ketika bertemu dengannya. Semoga artikel ini bisa membantu Sunners dalam melupakan seseorang tanpa menimbulkan kebencian.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 8,956
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?