WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Berbagai Metode Untuk Mencukur Rambut di Beberapa Bagian Tubuh

Mau mencukur rambut yang ada di beberapa bagian tubuh? Cek dulu yuk metode yang tepat!

Mencukur rambut halus yang ada di beberapa bagian tubuh memang perlu dilakukan secara rutin. Ini dilakukan agar bagian yang tumbuh rambut tetap bersih dan sehat. Metodenya pun bermacam-macam, Sunners, ada yang mencukur dengan pisau cukur dan bantuan removal cream/gel, waxing, juga laser.

Pasti tahu dong cara yang paling mudah. Yups, mencukur dengan pisau cukur.

 

Cara ini relatif aman, mudah, dan dapat dilakukan sendiri, jadi tidak menguras kantong. Metode ini lazim digunakan untuk mencukur rambut-rambut halus di ketiak dan kaki. Untuk laki-laki pasti menggunakan metode ini untuk cukur kumis atau janggut. Dengan bantuan krim atau gel khusus untuk mencukur, rambut di tubuh yang ingin kamu cukur bisa terangkat dengan mudah.

Selain itu, ada juga teknik waxing. Waxing merupakan cara penghilangan rambut semi permanen yang mencabut rambut dari akarnya.

Rambut yang sudah di wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu. Wah, lama juga, ya. Oh iya, ada kemungkinan rambut akan menghilang secara permanen kalau kamu rutin nih untuk waxing. Waxing dilakukan dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Setelah itu, kain kassa atau handuk yang bersih ditempelkan, ditekan-tekan, lalu ditarik seketika. And then, voila! Rambut terangkat dengan sempurna. Dalam kasus tertentu, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain kassa, apalagi buat yang memiliki kulit sensitif. Ingat ya guys, waxing lebih baik dilakukan oleh ahli kecantikan, biar lebih aman. Beberapa bagian tubuh yang perlu di wax adalah alis, wajah, bikini, ketiak, lengan, punggung, perut, dan kaki.

Seiring berkembangnya teknologi, untuk mencukur rambut di beberapa bagian tubuh pun semakin canggih, nih. Laser jadi metode pilihan juga untuk menghempaskan rambut tanpa efek samping. Cara ini diklaim dapat mengangkat rambut sampai ke akarnya.

Jika dilakukan secara rutin, hair removal laser akan membuat rambut tubuh lebih terlihat halus, bahkan hampir tak terlihat. FYI, menghilangkan rambut dengan laser juga perlu dicukur secara manual terlebih dahulu. Sebelum disinari, terapis akan mencukur rambut yang ingin dihilangkan untuk mengurangi sensasi kulit panas dan terbakar pada kulit. Karena kalau rambut yang akan di laser panjang dan langsung terpapar sinar inframerah, akan panas dan terasa tidak nyaman. Bahkan bisa menimbulkan inflamasi.

Ada baiknya kalau kamu tahu gimana caranya ketika ingin mencukur sendiri rambut-rambut halus pada tubuh dengan baik dan benar. Sunday punya nih rangkumannya dilansir dari liputan6.com dan alodokter.com.

  1. Pemilihan alat cukur. Pastikan kamu menggunakan pisau cukur yang steril. Untuk mencukur rambut halus yang ada di kemaluan, lebih baik gunakan yang sekali pakai dan hindari penggunaan alat cukur yang telah digunakan oleh orang lain.
  2. Mandilah sebelum bercukur. Ini baik dilakukan sebelum bercukur agar kulitmu lembab. Pisau cukur dapat mengangkat sel kulit yang paling atas. Kalau kamu bercukur dalam keadaan kulit yang kering, itu akan menyebabkan luka setelah bercukur.
  3. Setelah itu, oleskan krim atau gel khusus bercukur. Saat ini, banyak banget brand yang memproduksi krim atau gel khusus bercukur yang murah dan trusted, serta mudah ditemukan di minimarket, supermarket, atau drugstore dekat rumah kamu.
  4. Mulailah mencukur dengan gerakan ringan. Arah mencukur tergantung dari bagian mana yang ingin kamu cukur. Semisal ingin mencukur rambut yang ada di kaki, cukurlah mulai dari bagian pergelangan kaki. Untuk ketiak, kamu bisa cukur dari atas ke bawah. Bagian bikini bisa kamu cukur dari dalam sampai ke luar.
  5. Untuk bagian kemaluan bisa kamu cukur dengan mencukur rambut terlebih dahulu dengan gunting. Setelah agak menipis, tarik kulit kamu dan cukur secara satu arah (dari atas ke bawah). Jangan dicukur dengan arah berlawanan, ya. Cukur rambut halus secara perlahan.
  6. Setelah bercukur, kulit akan terasa kering. Jangan lupa untuk melembabkan kulit kembali dengan mengoleskan pelembab.
  7. Khusus untuk area kemaluan, jangan mengoleskan krim, gel, atau pelembab apapun. Cukup dibersihkan dan jaga agar tetap kering. Hindari pula mandi dengan air hangat sampai beberapa jam bercukur. Air yang terlalu panas dan mengiritasi pori-pori, menyebabkan jerawat, dan menimbulkan sensasi perih. Hindari juga mencukur rambut kemaluan sering-sering, ya.
  8. Cuci pisau cukur kamu secara menyeluruh setiap selesai bercukur.

Yaps, itu tadi beberapa metode yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu mencukur rambut-rambut yang ada di beberapa bagian tubuh. Ingat, harus aman dalam bercukur agar kamu merasa nyaman. Tips yang tadi dibahas jangan lupa dicoba, hehe. Happy shaving!

Dewi Amalia Fadzilah, Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment