WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bedah Kampus UI 20

Kegiatan BKUI20 hari ke-1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2020 pukul 07.00 WIB – 15.00 WIB dengan menggunakan platform Online Meeting  (Zoom). Peserta BKUI20 merupakan siswa SMA/Sederajat dan masyarakat umum yang ingin mengetahui informasi umum seputar Universitas Indonesia. Peserta BKUI20 dipersilakan masuk ke dalam platform Zoom pada pukul 06.50 WIB. Teradapat 2 room yang dengan narasumber yang berbeda. Narasumber pada room 1 merupakan Humas Universitas Indonesia, Najwa Shihab,  Muhammad Syaeful Mujab, mahasiswa berprestasi RIK 2020, Daniell Edward Raharjo, dengan moderator Ketua BEM Universitas Indonesia tahun 2019, Manik Marganamahendra.

Sedangkan room 2 adalah Humas Universitas Indonesia, Jovial da Lopez, Alfatih Timur, mahasiswa berprestasi Saintek 2020, Kenny Anderson, dengan moderator Wakil Ketua BEM Universitas Indnonesia, Muhammad Rifadli. Kegiatan pada hari ke-1 ini meliputi pemaparan mengenai informasi umum seputar Universitas Indonesia yang disampaikan oleh Humas Universitas Indonesia, serta Takshow dan Sharing Session mengenai pengalaman berkuliah di Universitas Indonesia bersama dengan narasumber.

Kegiatan ini berfungsi untuk membagikan pengalaman berkuliah mulai dari akademis hingga non akademis, serta gambaran secara umum dalam menempuh pendidikan di UI melalui para narasumber. Peserta BKUI20 sangat antusias dan aktif dalam bertanya kepada narasumber terutama mengenai suka dan duka selama berkuliah di Universitas Indonesia. Talkshow dan Sharing Session berjalan dengan sangat baik karena terjadi komunikasi dua arah antara peserta BKUI20 dengan narasumber. Kegiatan yang dilaksanakan menggunaan platform ini berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala seperti; ketidakstabilan koneksi internet, waktu pelaksanaan yang sedikit bergeser dari susunan acara.

Kegiatan BKUI20 hari ke-2 dilaksanakan keesokannya pada hari Minggu, 29 November 2020 di waktu dan tempat yang sama. Terdapat 2 room dengan narasumber yang berbeda yang disediakan oleh panitia BKUI20. Narasumber pada room 1 merupakan Humas BEM Himpunan Jurusan/Departemen dari fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Program Vokasi (Rumpun Kesehatan).

Sedangkan narasumber pada room 2 merupakan Humas BEM Himpunan Jurusan/Departemen dari Fakultas teknik dan Fakultas ilmu Komputer. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang memadai mengenai jurusan-jurusan yang ada di Universitas indonesia, serta gambaran kehidupan dalam menempuh pendidikan di UI melalui pemaparan dari narasumber.  Peserta BKUI20 sangat aktif bertanya terutama mengenai penjelasan jurusan secara umum, program dan peminatan yang ditawarkan, informasi mata kuliah yang ditempuh, karakter khusus jurusan, biaya kuliah, prospek kerja, serta keseharian mahasiswa yang menjalani perkuliahan di jurusan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan visualisasi Zoom yang lancar namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti; adanya kesalahan komunikasi dengan time keeper, kesalahan penayangan video salah satu jurusan, beberapa video yang tidak ada suara, kendala sinyal dan masalah teknis lainnya. Namun secara keseluruhan masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan baik dan acara BKUI20 hari ke-2 berjalan dengan lancar

 

Mochamad Fahriza, Universitas Negeri Jakarta.

 

Leave A Comment