Apa itu Perplexity AI?
Yuk Kenalin Kelebihan dan Kekurangannya!

Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Kalian pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar apa itu Artificial Intellegence atau yang biasa kita singkat menjadi AI. Seiring berjalannya waktu, kemajuan dalam dunia teknologi tentunya sudah semakin canggih. Saat ini banyak sekali orang yang memakai fitur berbasis AI, mulai dari membuat kalimat yang lebih akurat, sampai menciptakan gambar yang ingin kita buat dengan hanya mendeksripsikan gambar apa yang kita inginkan. Nah, kali ini mimin mau jelasin tentang pengertian AI serta kelebihan dan kekurangannya, yuk simak!

Yuk simak kelebihan dan kekurangan dari fitur AI

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari fitur AI, pict by canva.com

Definisi AI (Artificial Intellegence)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan ke dalam sistem komputer atau perangkat mesin lain, sehingga perangkat tersebut punya cara berpikir seperti manusia. Tujuannya adalah untuk membuat teknologi yang mampu meniru aktivitas kognitif manusia, seperti cara belajar, melakukan penalaran, mengambil keputusan, dan mengoreksi diri. Perangkat yang menerapkan AI dapat melakukan setidaknya satu di antara empat hal berikut: Acting Humanly – Sistem dapat bertindak seperti manusia. Thinking Humanly – Sistem bisa berpikir layaknya manusia. Thinking Rationally – Sistem mampu berpikir secara rasional. Acting Rationally – Sistem sanggup bertindak dengan rasional. Cara kerja AI adalah dengan memanfaatkan data yang diinput untuk dipelajari. Di sini, programmer adalah pihak yang biasanya memberikan data sebagai sumber pengetahuan untuk AI. Nantinya, AI akan mengidentifikasi data, menganalisis pola dan hubungan antar data, lalu mengambil keputusan berdasarkan apa yang ia pelajari. Semakin banyak berlatih dengan big data, kemampuan AI juga akan semakin meningkat. Nah, kemampuan yang dimiliki AI sudah seperti manusia ya, namun walaupun kemampuan AI sudah hebat seperti sekarang, ternyata masih memiliki kekurangan loh! Yuk kita simak apa saja sih kelebihan serta kekurangan dari fitur ini?

Tertarik mencoba AI?

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari fitur AI, pict by canva.com

Apa Itu Perplexity AI?

Melansir dari laman resmi Perplexity, dijelaskan bahwa Perplexity AI adalah mesin pencari dan chatbot bertenaga AI yang memanfaatkan teknologi canggih seperti pemrosesan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP). Mesin pencari ini ditujukan untuk memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif atas pertanyaan pengguna. AI tools ini Ini dirancang untuk mencari web secara real-time dan menawarkan informasi terkini tentang berbagai topik. Jika kamu sudah tidak asing lagi dengan ChatGPT, bisa dibilang bahwa Perplexity merupakan “saudara” dengan AI tools tersebut karena kemiripannya. Bahkan, “kepintarannya” pun dianggap sama, lantaran Perplexity bisa menjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama, yang mana pertanyaan itu saling berkaitan satu sama lain persis seperti fitur ChatGPT. Adapun kemiripan keduanya karena Perplexity juga menggunakan model bahasa yang serupa dengan ChatGPT, yaitu Generative Pre-training Transformer (GPT). Meskipun versi yang digunakan Perplexity adalah GPT-3,5 alias versi yang sedikit lebih dahulu dibandingkan ChatGPT yakni GPT 4.

Kelebihan Perplexity AI

Kelebihan Perplexity AI adalah sebagai berikut:

  1. Lebih cepat dalam memuat jawaban
  2. Minim bug dan crash pada saat dioperasikan
  3. Lebih lengkap dan rinci dalam memberikan jawaban
  4. Dilengkapi dengan sumber pencarian di internet, jurnal ilmiah, buku yang jauh lebih kredibel
  5. Ukuran aplikasinya lebih ringan

Kekurangan Perplexity AI

Kelebihan Perplexity AI adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memiliki kemampuan untuk memahami konteks secara mendalam 
  2. Tidak dapat menghasilkan jawaban yang sangat spesifik
  3. Tidak dapat menghasilkan jawaban yang sangat kreatif karena lebih banyak dipakai untuk keperluan literasi studi
  4. Agar hasil lebih optimal, kita harus menggunakan prompt berbahasa inggris dan mendapatkan hasil jawaban berdasarkan sumber internasional
Tertarik untuk mencoba AI?

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari fitur AI, pict by canva.com

Nah, Sunners, jadi fitur AI ini masih memiliki kekurangan, sama seperti mesin pencarian yang lainnya. Jika kamu tertarik untuk mencoba fitur Perplexity AI ini kamu bisa mengunjungi website resmi milik Perplexity AI yaitu www.perplexity.ai. Untuk mengajukan pertanyaan kepada model, cukup ketik permintaan di bilah pencarian dan klik panah biru, tinjau jawaban Perplexity dan sumbernya lalu ajukan pertanyaan lain menggunakan bilah “Ajukan tindak lanjut” di bawah.

Perplexity sangat mudah digunakan dan pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada chatbot hanya dengan mengetikkan permintaan mereka di box pencarian dan mengklik panah biru. Dengan menggunakan Perplexity AI, kamu dapat menghemat waktu dan usaha dalam mencari informasi yang akurat dan komprehensif. Gimana nih Sunners? Apakah kamu tertarik untuk mencoba AI? Jika kamu tertarik, silahkan dan selamat mencoba ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 344
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?