WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

7 Jajanan yang Bikin Kamu Rindu Sekolah Selama #DirumahAja

Tidak terasa kita sudah menempati penghujung tahun ya, Sunners? Kira-kira sudah berapa lama ya kita #DirumahAja? Selama #DirumahAja pasti ada hal-hal yang kita rindukan dari sekolah, salah satunya adalah jajanan. Nah, kali ini Sunday ingin mengajak Sunners untuk berkilas balik mengenai beberapa jajanan di sekolah. Yuk, disimak!

  • Telur Gulung

Telur yang digulung ke batang kayu atau stik ini merupakan salah satu jajanan sekolah yang populer. Telur gulung memiliki isi serundeng gurih di dalamnya. Selain itu, beberapa penjual juga menggunakan bihun dalam pembuatan makanan ini. Telur gulung biasanya dibubuhi saus sambal, kecap, atau bubuk pedas.

Selain karena rasanya yang enak dan gurih, telur gulung juga memiliki harga yang murah. Rata-rata telur gulung dapat ditemui dengan harga Rp. 1.000-Rp. 2.000 per tusuknya. Wah, pantas saja digemari anak-anak sekolahan, ya! 

  • Olahan Aci

Sunners, siapa sih yang ga tau cireng, cimol, cilor, cilung, dan cilok? Iya benar, jajanan sekolah berbahan dasar aci tersebut memang populer banget. Sangking ngehitsnya, jenis makanan tersebut bisa ditemui hampir di mana saja, loh! Rasanya yang gurih dan kenyal membuat jajanan ini sangat digemari anak-anak muda.

Selain itu, jajanan yang berbahan dasar aci memiliki proses pengolahan yang berbeda di tiap jenisnya. Ada yang digoreng, diisi daging, dikukus, sampai dibalut dengan telur. Sebab itulah alasan mengapa jajanan berbahan dasar aci ini tidak membuat bosan.

  • Burger Murah Meriah

Burger seharga Rp. 40.000         Burger seharga Rp. 10.000

Yup! Bagi anak-anak sekolahan, jajanan dengan harga murah dan porsi yang mengenyangkan lebih valid daripada makanan di resto. Nah, burger murah meriah adalah salah satu jawaban! Rasanya yang ga kalah enak, susah untuk dilewatkan anak-anak sekolahan yang kelaparan setelah pulang sekolah.

Meskipun begitu, ada harga, ada kualitas ya, Sunners! Kalau burger resto dengan harga 40.000-an mendapat daging asli yang nikmat, burger versi murah meriah diisi dengan daging asap olahan. Uniknya, ada beberapa versi harga yang ditawarkan penjual. Semakin besar dan utuh potongan daging, semakin naik juga harga yang ditawarkan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan budgetmu, deh.

  • Sate-Satean

Jajanan sate-satean ini biasanya dijual oleh satu penjual. Jenis sate yang dijual pun beragam, ada sosis, nugget, otak-otak, bakso, dan kornet. Pengolahan jajanan ini juga bisa berbeda pada tiap penjual loh, Sunners! Yang paling sering ditemui adalah sate yang digoreng dan dibakar. Hal asik dari jenis jajanan ini adalah kamu bisa memilih sendiri jenis sate yang kamu suka. Duh, jadi pengen ya.

  • Leker dan Martabak Mini

Beralih ke makanan manis, leker dan martabak mini ga kalah enak dari jajanan yang sudah Sunday sebutkan di atas loh, Sunners! Buat kamu para pecinta manis, ketika kegiatan sekolah sudah usai dan kamu menemukan abang-abang tukang leker dan martabak mini di depan gerbang, rasanya seperti menemukan surga. Aroma vanilla ketika pembuatannya sulit banget untuk ditolak. Kamu bahkan bisa memilih rasa yang kamu inginkan. Cokelat, keju, kacang, stroberi, atau perpaduan dari dua rasa? Kamu bisa request apapun ke abang penjual.

Bagi Sunday sendiri, hal unik dari jenis jajanan ini adalah proses pembuatannya. Adonan leker akan ditaruh di tengah teflon kecil kemudian penjual akan memutar gagang yang akan membuat teflonnya berputar juga. Dalam sekejap, adonan leker yang berkumpul di tengah sudah menyebar dan menipis. Satisfying banget!

  • Tahu Bulat

Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan… Ngaku deh, slogan khas dari abang penjual tahu bulat bakal terngiang-ngiang di kepalamu. Selain slogannya yang bikin terngiang-ngiang, lezatnya tahu bulat juga bisa bikin kamu ga konsen di jam belajar sekolah. Rasanya yang gurih dan asin, serta teksturnya yang renyah bakal membuat perutmu keroncongan seketika. Yang ga kalah kerennya dari tahu bulat ini adalah harganya yang murah, tepat seperti slogannya. Cuma Rp. 500!

  • Permen Gulali Aneka Bentuk dan Rambut Nenek

The best for the last, jajanan ikonik lintas generasi. Yup! Permen gulali dan rambut nenek! Meskipun eksistensinya sudah tidak sebanyak dulu, tetapi jajanan ini pasti bisa bikin kamu langsung flashback ke masa-masa sekolah. Rasa manisnya yang khas dan bentuknya yang unik cocok banget untuk dimakan bareng sahabatmu.

***

Itu lah beberapa jajanan khas sekolah. Kamu paling suka yang mana, Sunners? Sayangnya, karena sekolah di Indonesia yang belum aktif beroperasi maka penjual jajanan harus mencari tempat baru untuk berjualan. Beberapa dari mereka ada yang berpindah ke pasar, ke depan minimarket, atau berjualan di spot lokasi ramai lainnya. Jika pekerjaan sekolah sudah usai, mungkin kamu bisa hunting bersama temanmu untuk mencari jajanan-jajanan tersebut. Tetapi tetap tidak lupa dengan protokol kesehatan, Sunners!

Oleh: Amalia Mumtaz Nabila, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment