WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Tips Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan Terhadap Pasangan

Apakah cemburu dalam suatu hubungan adalah hal yang salah? Tentu saja tidak.

Rasa cemburu dalam suatu hubungan adalah hal yang sangat wajar dan normal. Mengapa dikatakan baik? Cemburu adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap pasangan. Tetapi, apakah terlalu sering cemburu adalah suatu hal yang wajar? Jawabannya adalah tidak! Cemburu yang berlebihan hanya akan membuat hubungan menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, kita punya beberapa tips agar tidak terlalu sering cemburuan loh Sunners. Ini dia tipsnya…

  1. Menjaga komunikasi yang baik

Dalam setiap hubungan, selalu ada salah satu pihak yang memendam perasaannya. Ketika memendam perasaan, rasa marah dan curiga meluap tetapi tidak menemukan solusi yang pasti. Ini dikarenakan kurangnya komunikasi dari kedua belah pihak. Komunikasi yang terbuka dan jujur sangat diperlukan dalam suatu hubungan untuk menghindari rasa curiga dan tidak percaya yang berlebih. Ya, memang sangat sulit rasanya untuk menyatakan perasaanmu terhadapnya. Bahkan bisa jadi selama ini pasanganmu tidak tahu jika sikapnya sering membuatmu cemburu. Tapi jika adanya komunikasi yang terbuka, masalah apapun dapat diselesaikan bersama dan dapat menjaga hubungan dengan baik.

  1. Selalu berpikir positif

Rasa cemburu sering terjadi karena adanya pikiran negatif yang berujung selalu curiga terhadap pasangan. Contohnya adalah ketika pasanganmu tidak bisa menemani kamu malam mingguan, lalu pikiran negatif tiba-tiba muncul yang berujung curiga jika pasanganmu lebih memilih jalan bersama yang lain. Berpikir secara positif sangat diperlukan dalam suatu hubungan agar tidak timbul kecurigaan yang berlebih.

  1. Jangan membandingkan dirimu dengan diri orang lain

Salah satu cara untuk menghilangkan cemburu berlebih adalah dengan berusaha untuk tidak membandingkan diri dengan yang lain. Ketika kamu merasa serba kurang, akan menimbulkan rasa takut jika pasanganmu direbut oleh orang lain yang memiliki banyak kelebihan dibanding dirimu.

  1. Kurangi rasa memiliki yang tinggi terhadap pasangan

Masing-masing orang memiliki kehidupannya sendiri ketika mereka belum bersamamu, begitu pun kamu yang memiliki kehidupan sendiri ketika belum bersamanya. Antara kamu dan dia pasti mempunyai teman yang sudah mengisi hidupmu sebelumnya. Oleh sebab itu, saat kamu dan dia sudah berpacaran, janganlah kamu merasa ingin memiliki dia sepenuhnya. Karena akan berpengaruh ketika pasanganmu sedang bersama temannya, kamu akan tenggelam dalam panas api cemburu.

  1. Memberi jangka waktu

Saat kalian sedang merasa cemburu, coba beri waktu dan jarak. Setelah perasaanmu sudah mulai membaik dan emosi mereda, kamu bisa diskusikan masalahnya dengan pikiran yang jernih dan kepala dingin. Sampaikan dengan jujur perasaan cemburumu dan minta kejujuran pasanganmu secara baik-baik.

Cemburu itu baik. Namun akan menjadi bumerang untuk hubungan kita ketika termakan oleh api cemburu yang berlebih. Tidak perlu menghilangkan sepenuhnya rasa cemburu kamu, cukup menguranginya agar tidak berlebihan terhadap pasangan.

 

Fais Fadhila – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment