WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Tanda Kamu Punya Trust Issue

Hai Sunners!!! Kalian pasti sering dengar kan apa itu Trust Issue? Tapi mungkin sebagian dari kalian juga tidak sedikit yang belum tahu apa arti dari Trust Issue. Nah, Trust Issue adalah masalah kepercayaan atau kesulitan dalam hal percaya terhadap orang lain, Trust Issue bisa terjadi kepada keluarga, teman, atau pun pacar. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan seseorang ini mempunyai trauma yang masih berbekas dan tidak bisa dilupakan akibat dari masalah keluarga atau dikhianati pacar sekaligus teman.

Kalian pasti penasaran kan dengan orang yang memiliki Trust Issue, mari kita ketahui tanda-tanda orang yang terkena Trust Issue:

1. Selalu menaruh kecurigaan pada orang lain

Ketakutan akan hal dikhianati oleh orang lain, ataupun selalu berpikir bahwa akan dibohongi dan kepada setiap orang yang ditemui bersikap sangat berhati-hati dan curiga.

 

2. Kesulitan untuk berkomitmen

Ketakutan hal-hal buruk yang sudah dialami, menjadi pelajaran bagi yang mempunyai Trust Issue dan memilih untuk tidak terikat secara emosional dengan orang lain. Karena dia menghindari adanya kemungkinan untuk “disakiti”.

 

3. Sering berpikir negatif

Biasanya seseorang yang terkena Trust Issue, selalu dihantui dengan pikiran-pikiran yang negatif dalam menilai seseorang yang membuat dia hanya menilai hal-hal yang negatifnya saja.

 

4. Memilih untuk sendiri

Sering curiga dan tidak yakin dengan orang-orang di sekitar, akhirnya membuat orang yang punya Trust Issue memilih untuk sendiri dan sangat membatasi relasi mereka dengan orang lain.

 

5. Merasa kesepian karena tidak memiliki seseorang untuk berbagi

Saking tidak percayanya kepada siapa pun, akhirnya orang yang mempunyai Trust Issue mengalami kesulitan, merasa kesepian, atau tertekan. Kekhawatiran dan ketakutan telah membuat orang ini membatasi diri dari orang lain dan memasuki keadaan kesepian dan depresi.

 

Nah, Trust Issue sangat merugikan untuk diri sendiri, bukan? Maka dari itu hal yang terpenting dalam mengatasi Trust Issue yaitu, menyadari bahwa tidak semua orang akan menyakitimu, pasti ada banyak orang-orang yang menyayangimu.

Cek juga tips berikut:

  1. pelajari cara kerja kepercayaan. Kepercayaan tidak harus diberikan dengan bebas,
  2. fokus pada kepercayaan diri sendiri,
  3. komunikasikan dengan tepat,
  4. hadapi ketakutan dan perasaan negatif lainnya yang dibangun di sekitar kepercayaan, dan
  5. berikan kepercayaan untuk mendapatkan kepercayaan.

 

Semoga solusi di atas bisa membantumu ya, Sunners!! 

 

Penulis : Fildzah Putri Amalia | Editor : Fildzah Putri Amalia

Leave A Comment