WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Cara Agar Kamu Terhindar dari Pergaulan Bebas

Halo, Sunners! Masa remaja merupakan masa dimana kamu beralih dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini, kamu sudah tidak bisa disebut sebagai anak-anak, namun belum pantas juga disebut sebagai orang dewasa. Bagi sebagian orang, masa-masa remaja merupakan masa yang paling menyenangkan. Namun, tidak sedikit yang merasa masa remaja adalah masa yang paling membingungkan. Karena ketika menginjak usia remaja, kita lagi seneng-senengnya untuk mencari jati diri dengan mengeksplorasi banyak hal, Sunners.

Karena rasa penasaran yang cukup tinggi, para remaja sangat antusias terhadap sesuatu yang baru. Tetapi, rasa penasaran yang tidak dibarengi dengan edukasi bisa jadi bumerang buat kamu loh, Sunners. Kamu bisa terjerat dalam pergaulan yang tidak baik, bahkan bisa membahayakan masa depan kamu.

Kamu tentu gak mau dong kalau masa depan kamu jadi kena imbasnya? Kalau gitu, baca artikel ini sampai habis, ya. Artikel ini akan ngasih tau kamu tips agar terhindar dari pergaulan bebas.

 

1. Bangun komunikasi yang baik dengan orangtua

Kurangnya komunikasi yang baik dengan orangtua bisa jadi salah satu penyebab remaja terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Sebelum kamu melakukan sesuatu, kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan orangtua kamu, Sunners. Selain bisa membangun hubungan baik dengan orangtua, saran dan masukan dari mereka juga bisa mencegah dari hal-hal yang kurang menyenangkan, termasuk pergaulan  bebas.

 

2. Meningkatkan nilai moral pada diri sendiri

Kalau kamu sudah memiliki komunikasi yang baik dengan orangtua, kesadaran diri sendiri juga tidak kalah pentingnya, Sunners. Biarpun orangtua sudah protektif sama kamu, tidak ada salahnya kamu melindungi diri kamu sendiri dengan meningkatkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari jeratan pergaulan yang kurang baik yang bisa merusak masa depan kamu.

 

3. Mengikuti kegiatan yang positif

Cara ini juga sangat baik untuk diterapkan agar terhindar dari pergaulan bebas. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan positif baik di sekolah maupun kegiatan positif lain di luar lingkungan sekolah kamu. Dengan aktif mengikuti kegiatan yang positif, kamu bisa mendapatkan teman-teman yang baik sambil menggali potensi diri kamu, loh. Asik banget, kan?

 

4. Selektif dalam memilih teman

Kadang, pilih-pilih teman tidak ada salahnya ya, Sunners. Memilih-milih teman disini artinya kamu lebih selektif dalam batasan yang positif. Menjadi selektif dalam memilih pertemanan bisa membuat kamu lebih berhati-hati dalam menjalin pertemanan juga menghindari kamu dari lingkungan yang kurang baik. Selama tujuannya baik, memilih-milih teman tidak masalah kok, Sunners.

 

5. Kurangi penggunaan media sosial

Di zaman sekarang remaja memang dituntut untuk melek teknologi, sih. Tapi, jangan dijadikan alasan untuk bermain sosial media yang berlebihan ya, Sunners. Walaupun sosial media sangat menyenangkan, tentu saja ada dampak buruk yang bisa menyerang diri kamu sendiri. Lebih berhati-hatilah dalam mengkonsumsi konten yang ada di sosial media. Jika memang kurang penting, ada baiknya kamu hentikan saja, Sunners.

 

Nah, itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang, agar kamu terhindar dari pergaulan yang kurang baik. Semoga membantu ya, Sunners.

 

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment