WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Memendam Masalah Sendiri

Kamu tipe orang yang suka memendam masalah sendiri?

Biasanya orang yang suka memendam masalah menganggap semuanya bisa dilakukan sendiri, dari mulai masalah itu muncul hingga masalah itu selesai. Tapi tahukah kamu kalau menyimpan masalah sendiri tidak boleh disepelekan, lho. Meskipun kamu menyadari kalau kamu adalah orang yang kuat, namun perlahan-lahan masalah yang disimpan sendiri dan akhirnya menumpuk bisa membawa efek negatif buat diri kamu.

Alasan seseorang memendam masalah sendiri biasanya didasari dari rasa takut. Takut terlihat lemah, takut mengecewakan orang tersayang, bahkan bisa juga karena trauma masa kecil, atau takut mendapat respons yang tidak sesuai keinginan kalau bercerita pada orang lain. 

Banyak orang yang tidak menyadari bahaya memendam masalah sendiri. Nah, untuk itu kamu perlu tahu kenapa tidak boleh memendam masalah sendirian saja. Memang apa saja, sih, alasan-alasan yang mengharuskan untuk bercerita mengenai keadaan kita? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Membahayakan Kesehatan 

Hypertension, High Blood Pressure, Heart Disease

Memendam emosi dapat melemahkan kekebalan tubuh, meskipun tidak langsung mendatangkan penyakit, namun perlahan-lahan kondisi tersebut bisa memicu berbagai jenis penyakit. Dilansir dari alodokter.com, tubuh kamu akan lebih mudah terserang penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga kronis seperti kanker. 

2. Cemas yang Berlebihan 

Desperate, Sad, Depressed, Feet, Hands, Folded

Tidak hanya penyakit fisik, orang yang terbiasa memendam emosi sendiri biasanya terkena penyakit mental juga. Kamu akan mudah cemas yang mengakibatkan pada depresi. Hal itu terjadi karena orang yang menyimpan masalahnya sendiri lebih sering mengurung diri dan enggan bercerita pada orang lain sehingga tubuhmu dipaksa berpikir dan menahan beban yang menumpuk. 

3. Merasa Sendirian

Unhappy, Man, Mask, Sad, Face, Sitting, Depressed

Karena kamu memilih memendamnya sendiri, maka akibat yang kamu dapat adalah merasa sendiri. Merasa tidak ada orang yang memahami kamu, takut untuk mempercayakan masalah kamu pada orang lain. Hal itu hanya akan membuat kamu dirugikan oleh keadaan sendiri. Meskipun bercerita tidak dapat menyelesaikan masalah kamu, setidaknya bisa membantu hatimu lebih tenang dan melihat pendapat dari berbagai sudut pandang. 

4. Seringnya Overthinking

Brain, Woman, Profile, Mindset, Person, Human

Ketika seseorang menyimpan masalahnya sendiri, ia akan dengan sangat keras berpikir bagaimana cara menyelesaikannya. Namun berpikir lebih seperti itu berpengaruh buruk terhadap kondisi fisik dan psikis kamu. Pikiran-pikiran yang tidak seharusnya dibiarkan menguras energi dari dalam tubuh, akibatnya kamu akan mudah lelah dan tidak semangat menjalani hidup. Kamu menjadi lebih banyak berpikir negatif ketimbang positif sehingga bukannya mendapatkan solusi tapi hanya menambah beban pikiran.

5. Menandakan Tidak Percaya Orang Lain

Hands, Heart, Valentine'S Day, Love, Puzzle

Orang yang terbiasa menyimpan masalah sendiri memang seringnya pilih-pilih orang jika hendak bercerita, karena terlalu sulit dan terlampau menumpuk pada akhirnya akan kembali lagi memendamnya sendiri. Hal itu justru menandakan kamu tidak percaya pada orang lain. Namun, keputusan tersebut sama sekali tidak membantu membuatmu merasa lebih baik. Maka dari itu cobalah sedikit demi sedikit untuk mulai terbuka mengenai diri sendiri, mempercayakan ceritamu pada orang lain dapat membuat hati lebih baik dan bisa menjalani hidup lebih bersemangat. 

Nah, Sunners! Sudah tahu kan kenapa kamu gak boleh memendam masalah sendiri? Jadi, yuk, bantu diri kita untuk bisa lebih terbuka pada orang lain. Kalau kamu butuh teman bercerita, aku siap mendengarkan! Have a nice day 😊 

 

Melani Wulandari – Universitas Negeri Jakarta 

Leave A Comment