WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Bingung dengan Status Hubungan

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Bingung dengan Status Hubungan

Sunners, saat kita berteman dengan lawan jenis dan cukup dekat, biasanya muncul perasaan-perasaan tak terduga ya. Apalagi kalau kamu dan dia sama-sama lajang. Rasa ingin memiliki kadang menggebu-gebu ya hahaha.

Beberapa dari kita pasti pernah ada di posisi itu, tetapi si dia tidak kunjung mengajak kamu ke sebuah hubungan percintaan. Kamu mungkin takut kalau hanya kamu yang suka dengannya, kamu hanya akan terus ada di zona pertemanan atau friendzone. Mungkin kamu juga bertanya-tanya apakah ia memiliki perasaan yang sama denganmu.

Ada empat hal yang bisa kamu lakukan saat kamu mulai kebingungan dengan status hubunganmu dengan si dia nih, Sunners. Simak, yuk!

  1. Sabar

Mungkin kata sabar menjadi kata yang terasa tidak memberi solusi, tapi kamu perlu melakukannya, Sunners. Mengingat sebuah hubungan dijalani oleh dua orang, dengan kesabaranmu, kamu juga memberi pasanganmu waktu dan ruang. Setiap orang butuh ruang dan waktu dengan kapasitas yang berbeda-beda. Apalagi untuk maju ke tahap sebuah hubungan, tentu saja butuh kematangan dan komitmen. Kalau terburu-buru juga tidak baik, kan?

  1. Nyatakan

Kalau kamu merasa hubungan kalian sudah sangat dekat, perlu ke status selanjutnya lebih dari teman, dan dia tidak kunjung menyatakan perasaannya pada kamu, kamu bisa menyatakan perasaanmu duluan kepadanya, Sunners. Mungkin di antara kalian merupakan perempuan dan merasa seharusnya laki-laki yang menyatakan cintanya. Tetapi tidak harus selalu laki-laki kok. Perempuan juga bisa menyatakan rasa cinta pada orang yang dikasihinya. Barangkali dia malah sudah menunggu-nunggu momen ini.

Tetapi kamu perlu ingat ya, Sunners. Kalau kamu menyatakan perasaan suka padanya, kamu harus siap menerima dua resiko ini. Satu, kamu harus siap menjadi pasangannya. Dua, kamu harus siap menerima penolakannya.

  1. Melihat tanda-tanda yang dia berikan

Kamu bisa melihat perilaku ia padamu sebagai tanda-tanda yang diberikan oleh si dia loh, Sunners. Kalau ia memang menyukaimu, kamu bisa perhatikan tanda-tanda ini.

Pertama, dia selalu menyisihkan waktunya untukmu dan selalu ada untukmu. Kamu seperti prioritas baginya.

Kedua, ia mencoba untuk terus dekat denganmu. Selain itu, saat ia dekat denganmu, kamu bisa perhatikan gerak-geriknya, seperti ia selalu berjalan di sampingmu, tidak di depan atau belakang, selalu duduk berhadapan denganmu, atau ia jarang mengedipkan matanya, ia juga selalu mengangkat alisnya saat ia menyapamu.

Ketiga, dia memperhatikan dan mengingat detail-detail kecil pada dirimu yang mungkin kamu malah tidak bergitu memperhatikannya.

Keempat, dia berbagi kehidupan pribadinya denganmu. Misalnya ia bercerita tentang keluarga dan teman-temannya padamu, atau bahkan ia memperkenalkan mereka padamu. Selain itu, ia berbagi rahasia denganmu, juga menceritakan pengalaman-pengalaman yang berkesan untuk hidupnya.

Kelima, mereka mencoba hobi atau hal yang kamu sukai, padahal mereka sebelumnya tidak tertarik.

Keenam, jika si dia agak pemalu, kamu mungkin akan merasakan kadang-kadang ia agak menjauh darimu, atau jual mahal.

Jika kebanyakan tanda-tanda tersebut ada padanya, kamu bisa cukup percaya diri bahwa ia menyukaimu, atau mulai maju untuk menyatakan perasaanmu.

Selain itu, ada tanda-tanda kalau ia hanya menyukaimu sebagai teman. Tanda-tanda ini bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dan penilaian apakah ia melihatmu hanya menganggapmu teman atau tidak.

Pertama, ia hanya sering berkomunikasi denganmu lewat chat. Jika kamu mengajaknya bertemu, ia selalu memiliki alasan ini dan itu.

Kedua, ia malah sering menjodohkanmu dengan orang lain.

Ketiga, ia selalu bercerita padamu tentang masalah hubungannya dengan orang lain. Hal itu menjadikanmu sebagai sandarannya saat ia perlu, tetapi ia tidak tertarik untuk menjalani percintaan denganmu. Tetapi, sisi baiknya, ia mempercayakan hal itu kepadamu sebagai teman terdekatnya.

Keempat, dia membatasi diri. Banyak hal-hal yang tidak kamu ketahui tentangnya. Mereka juga terlihat sungkan untuk meminta bantuanmu, dan sebagainya.

Kelima, mereka tidak menjadikanmu sebagai prioritas. Keenam, kamu jarang atau bahkan tidak pernah bertemu hanya berdua, selalu ada teman lain yang ikut.

Ketujuh, kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri, karena biasanya getaran-getaran itu akan terasa. Kalau kamu tidak merasakan apapun atau kamu lebih sering berpikir kalau kalian hanya teman, bisa jadi hal itu benar.

  1. Bertanya langsung

Jika setelah melihat tanda-tanda di atas dan kamu masih kebingungan karena satu dan lain hal, kamu sebaiknya bertanya langsung dengannya, Sunners. Misal, pada kasus kalian sekarang ini sangat dekat dengannya sampai ia terkadang memanggilmu dengan panggilan-panggilan sayang, ia memperhatikanmu, namun ia membatasi diri dan tidak menjadikanmu sebagai prioritas. Karena panggilan sayang itu, tentu kita akan bingung. Wajar untuk kamu bertanya langsung padanya mengenai hubungan kalian.

Nah, di atas merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan dan menjadi pertimbangan saat kamu sedang dalam kebingungan dengan hubunganmu dan dia. Jika semuanya mulai jelas dan kamu berlanjut ke hubungan percintaan, bagus untukmu! Jika sebaliknya, kamu perlu menghargai keputusannya ya, Sunners.

 

Penulis: Erika Septiyanti – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment