Majalah Sunday

4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Bingung dengan Status Hubungan

Penulis: Erika Septiyanti – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Bingung dengan status hubungan karena si doi nggak kunjung menyatakan perasaan? Sunners, saat kita berteman dengan lawan jenis dan cukup dekat, biasanya muncul perasaan-perasaan tak terduga. Apalagi kalau kamu dan dia sama-sama lajang. Rasa ingin memiliki kadang menggebu-gebu nggak sih? Jangan risau, Mimin akan bantu kamu agar nggak bingung lagi lewat tips yang akan Mimin sampaikan di bawah ini.

Jangan Bikin Bingung Dengan Status Hubungan

Beberapa dari kita pasti pernah ada di posisi ini, saat si doi tidak kunjung mengajak kamu ke sebuah hubungan percintaan. Kamu mungkin takut kalau hanya kamu yang suka dengannya, kamu hanya akan terus ada di zona pertemanan atau friendzone. Mungkin Sunners juga bertanya-tanya apakah ia memiliki perasaan yang sama denganmu atau tidak.

Ada empat hal yang bisa Sunners lakukan saat kamu mulai kebingungan dengan status hubunganmu dengan si doi. Yuk, simak!

1. Sabar

Kata sabar mungkin menjadi kata yang terasa tidak memberi solusi, tapi kamu perlu melakukannya, Sunners. Mengingat sebuah hubungan dijalani oleh dua orang, dengan kesabaranmu, kamu juga memberi pasanganmu waktu dan ruang. Setiap orang butuh ruang dan waktu dengan kapasitas yang berbeda-beda. Apalagi untuk maju ke tahap sebuah hubungan, tentu saja butuh kematangan dan komitmen. Kalau terburu-buru juga tidak baik, kan?

2. Nyatakan

Kalau Sunners merasa hubungan kalian sudah sangat dekat, perlu ke status selanjutnya lebih dari teman tapi dia tidak kunjung menyatakan perasaannya padamu, Sunners bisa menyatakan perasaan duluan kepadanya. Jika kalian perempuan dan merasa seharusnya laki-laki yang menyatakan cintanya lebih dulu, perempuan juga bisa menyatakan rasa cinta pada orang yang dikasihinya. Barangkali dia malah sudah menunggu-nunggu momen ini tetapi masih ragu dengan pergerakannya.

Perlu diingat ya, Sunners. Kalau kamu menyatakan perasaan suka padanya, kamu harus siap menerima dua resiko ini. Pertama, kamu harus siap menjadi pasangannya dan kedua, kamu harus siap menerima penolakannya.

nyatakan persaan agar kamu tidak bingung dengan status hubungan dengannya

Nyatakan perasaanmu kepadanya untuk membuktikan ketulusanmu, pict by canva.com

3. Melihat Tanda-Tanda yang Dia Berikan

Masih ragu karena sebenarnya dia suka sama kamu atau nggak? Coba perhatikan hal ini untuk mengetahuinya! Kalau tanda-tanda berikut ada dan dilakukan kepadamu, dia beneran suka, lho.

Tanda Dia Suka Padamu

  1. Dia selalu menyisihkan waktunya untukmu dan selalu ada untukmu. Kamu seperti prioritas baginya.
  2. Ia mencoba untuk terus dekat denganmu. Selain itu, saat ia dekat denganmu, kamu bisa perhatikan gerak-geriknya, seperti ia selalu berjalan di sampingmu, tidak di depan atau belakang, selalu duduk berhadapan denganmu, atau ia jarang mengedipkan matanya, ia juga selalu mengangkat alisnya saat ia menyapamu.
  3. Doi memperhatikan dan mengingat hal-hal kecil pada dirimu yang mungkin kamu malah tidak begitu memperhatikannya
  4. Berbagi kehidupan pribadinya denganmu. Misalnya, ia bercerita tentang keluarga dan teman-temannya padamu, atau bahkan ia memperkenalkan mereka padamu. Selain itu, ia berbagi rahasia denganmu, juga menceritakan pengalaman-pengalaman yang berkesan untuk hidupnya.
  5. Mencoba hobi atau hal yang kamu sukai, padahal mereka sebelumnya tidak tertarik.
  6. Jika si dia agak pemalu, kamu mungkin akan merasakan kadang-kadang ia agak menjauh darimu, atau jual mahal.

Tanda Kamu Hanya Dianggap Teman

Selain itu, ada tanda-tanda kalau ia hanya menyukaimu sebagai teman. Tanda-tanda ini bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dan penilaian apakah ia melihatmu hanya menganggapmu teman atau tidak.

  1. Ia hanya sering berkomunikasi denganmu lewat chat. Jika kamu mengajaknya bertemu, ia selalu memiliki alasan ini dan itu.
  2. Dia malah sering menjodohkanmu dengan orang lain.
  3. Selalu bercerita padamu tentang masalah hubungannya dengan orang lain. Hal itu menjadikanmu sebagai sandarannya saat ia perlu, tetapi ia tidak tertarik untuk menjalani percintaan denganmu. Tetapi, sisi baiknya, ia mempercayakan hal itu kepadamu sebagai teman terdekatnya.
  4. Saat kalian bertemu, dia mengajak atau membawa orang lain agar tidak pergi berdua denganmu.
  5. Membatasi diri denganmu. Tidak ada keterbukaaan kepadamu karena menganggap jika kamu bukan orang yang penting.

4. Bertanya Langsung

Jika setelah melihat tanda-tanda di atas dan kamu masih kebingungan karena satu dan lain hal, sebaiknya bertanya langsung dengannya, Sunners. Misal, pada kasus kalian sekarang ini sangat dekat dengannya sampai ia terkadang memanggilmu dengan panggilan-panggilan sayang, ia memperhatikanmu, namun ia membatasi diri dan tidak menjadikanmu sebagai prioritas. Karena panggilan sayang itu, tentu kita akan bingung. Wajar untuk kamu bertanya langsung padanya mengenai hubungan kalian.

Tanyakan langsung kepadanya mengenai perasaannya padamu, pict by canva.com

Nah, di atas merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan dan menjadi pertimbangan saat Sunners sedang dalam kebingungan dengan hubunganmu dan dia. Jika semuanya mulai jelas dan kamu berlanjut ke hubungan percintaan, bagus untukmu! Tetapi jika sebaliknya, kamu perlu menghargai keputusannya, ya, Sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 780
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?