WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Cara Menghadapi Teman Sekelas yang Tidak Menyukai Kita

Sunners pernah punya teman yang jutek dan seakan ga suka sama kalian?

Beberapa di antara kita pasti punya teman sekelas yang tidak suka dengan kita. Kita pasti menyadari bagaimana sikap salah satu teman kelas tidak menyukai kita. Mulai dari sikapnya yang jutek, sering memperhatikan perilaku kita, sering membicarakan kita dari belakang, dan beberapa hal lain yang mengganggu pikiran dan aktivitas kita selama di kelas. Mungkin kita tidak memahami mengapa mereka tidak menyukai kita, atau memang mereka adalah orang yang sulit untuk kita pahami. Namun, hal seperti ini pasti akan selalu ada dalam kehidupan. Maka dari itu, hal yang sebaiknya dilakukan adalah menghadapinya dan jangan kalah.

Ada beberapa cara untuk menghadapi teman yang tidak suka dengan kita nih Sunners. Simak baik-baik ya…

  1. Buktikan dirimu

Ada kalanya kita didiamkan dan tidak diajak ngobrol oleh beberapa teman sekelas yang tidak menyukai kita. Mungkin sedikit menjengkelkan ketika ada seseorang yang seperti ini. Namun, kita dapat menghadapinya dengan cara membuktikan diri bahwa kita bisa tanpa mereka, buktikan bahwa kita bisa bahagia tanpa mereka. Tidak semua teman kelas menjauhi kita, pasti ada beberapa teman yang memiliki selera dan obrolan cocok. Maka dari itu janganlah cemas dengan keberadaan mereka yang tidak menyukaimu. Cukup buktikanlah dirimu kalau kamu bahagia tanpa mereka.

  1. Jangan terpengaruh dan besikap seperti biasa

Seringkali mereka yang tidak menyukaimu pasti membicarakan dirimu dari belakang. Yang dilihat dari dirimu hanyalah keburukannya saja dan tidak mau tau kebaikanmu. Janganlah terpengaruh oleh sikap mereka terhadapmu. Pertahankan sikapmu seperti biasa, dan balas kebaikan padanya. Apapun situasinya, hati seseorang pasti bisa luluh akan kebaikan. Bisa jadi kamu malah dapat berteman baik dengannya kan Sunners.

  1. Tanggapi apapun secara positif

Cobalah untuk menanggapi secara positif ketika mereka mengatakan atau melakukan sesuatu yang buruk terhadapmu. Ketika hal negatif dibalas negatif, hasilnya pasti akan menjadi lebih buruk. Sebaliknya, jika hal negatif kita balas positif, hasil yang kita dapat pasti akan dalam kendali dan tidak ada perselisihan yang berkelanjutan kedepannya.

  1. Tenang dan kontrol emosi

Tahan emosimu dan tetap tenang dalam segala kondisi. Ketika kita berkomunikasi dengannya, bicara dengan tenang dan hilangkan emosimu. Lebih baik kita bersikap baik padanya daripada membalas keburukannya yang ujungnya malah makin memperburuk hubungan pertemanan.

Sunners pasti kesal kan jika ada seorang teman di kelas yang terlihat seperti tidak suka akan keberadaan kita. Tahan emosinya dulu Sunners! Ketika kalian mempunyai teman yang seperti ini, maka hadapilah. Jika kita menghindarinya, akan sedikit berisiko karena dia adalah teman sekelas yang sewaktu-waktu pasti akan menjadi satu kelompok teman belajar.

Fais Fadhila – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment