WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 PEKERJAAN YANG BISA DILAKUKAN LULUSAN SMA/SMK

Bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), tidak perlu down dulu. Apalagi langsung berpikir, “Ah, aku pasti sulit mencari pekerjaan.” Banyak orang sukses juga kok, walau hanya dengan menykamung ijazah SMA atau SMK.

 

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk terus mengenyam pendidikan, seperti kendala finansial. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah bekerja setelah lulus SMA atau SMK.

Berikut beberapa pekerjaan untuk para lulusan SMA atau SMK :

 

  • KASIR

 

Kamu pasti pernah melihat informasi lowongan di atas. Ya, sebagian besar posisi ini tidak membutuhkan gelar sarjana. Cukup lulusan sekolah menengah atau kejuruan.

Khusus bagi lulusan SMK jurusan akuntansi dan manajemen penjualan biasanya memiliki pengetahuan dan ketrampilan khusus, seperti pembukuan, laporan keuangan, laporan laba rugi, dan mesin kasir yang biasa digunakan oleh kasir.

Padahal, perusahaan retail dan daerah lain yang membutuhkan kasir hanya membutuhkan staf yang jujur ​​dan teliti. Ingat, pekerjaan kasir berkisar pada uang, hasil penjualan, dan layanan serta inventaris yang cermat.

 

 

  • CUSTOMER SERVICE

 

Pekerjaan lain yang membutuhkan lulusan SMA atau SMK adalah layanan pelanggan. Seperti kita ketahui bersama, setiap perusahaan yang menjual barang atau jasa pasti membutuhkan tenaga customer service dalam jumlah besar.

Tentunya tugasnya adalah memberikan layanan kepada calon pembeli atau pembeli yang ingin mengetahui produk atau jasa mana yang akan dijual. Oleh karena itu, persyaratan untuk melamar posisi customer service tidak hanya kualifikasi akademis, tetapi juga kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pelanggan. Karena bahkan mereka yang memiliki gelar sarjana belum tentu memiliki keterampilan dan keahlian tersebut.

 

 

  • CHEF ATAU KOKI

 

Kehidupan sehari-harinya ada di dapur. Tugasnya adalah menyiapkan dan membuat makanan atau minuman yang enak untuk konsumen. Dibandingkan dengan gelar sarjana, ini membutuhkan lebih banyak keterampilan memasak dan pengetahuan profesional. Bagi yang tamat SMA atau SMK tapi bisa masak, peluang karir ini sangat cocok.

Bagi lulusan SMK jurusan tertentu, seperti perhotelan, pasti sudah tidak asing lagi dengan memasak. Oleh karena itu, kamu dapat membawa bakat dan pengetahuan yang telah kamu miliki ke dalam lingkungan kerja. Menjadi koki, master chef, atau memasak di restoran, kedai kopi, atau hotel.

Siapa tahu, bakat ini akan membawa kamu ke jenjang memasak yang lebih tinggi, seperti sekolah memasak terbaik di luar negeri, dan menjadikan kamu chef profesional atau salah satu chef terbaik di Indonesia.

 

KERJA KERAS KUNCI KEBERHASILAN

Tidak peduli apa latar belakang pendidikan kamu, jika kamu tidak bekerja keras, kesuksesan tidak akan pernah menjadi kenyataan. Oleh karena itu, walaupun kamu hanya lulusan SMA atau SMK, kamu harus tetap optimis dengan pekerjaan kamu.

Saya yakin suatu saat nanti kamu bisa meraih kesuksesan. Dipromosikan dan dibayar dengan baik. Kuncinya adalah bekerja keras dan pantang menyerah. Tidaklah mudah untuk menyerah saat kamu menemui kegagalan. Buktikan bahwa kamu dapat bersaing dengan orang-orang yang berpendidikan tinggi.

Leave A Comment