Majalah Sunday

Yuk, Cari Tahu Dampak Masturbasi

Penulis: Imani – UNJ

Apa sih sebenarnya masturbasi dan dampak masturbasi bagi kesehatan kita? Baik atau buruk? Simak terus artikel ini ya untuk tahu lebih lanjut terkait masturbasi dan dampaknya!

Hello again, Sunners! Kalian pernah denger istilah “masturbasi”? Mungkin bagi beberapa di antara kalian, kata ini sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi, kalian tau tidak sih apa sebenarnya itu masturbasi dan dampaknya pada kita? Yuk, mimin kenalin ke Sunners semua tentang salah satu cara self-pleasure ini!

Masturbasi dan Dampaknya
Kenalan dengan masturbasi, pict by canva.com

Sebelu Tahu Dampak Masturbasi, Apa Sih Itu Masturbasi?

Masturbasi atau onani merupakan aktivitas seksual yang dilakukan oleh seseorang guna mencapai kepuasan seksual dengan cara menyentuh, meraba, atau memijat alat kelamin sendiri. Tidak jarang juga, masturbasi dapat memanfaatkan alat pendukung seks (sex toys) untuk melakukannya. Simple-nya, masturbasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seksual seseorang dengan cara mereka sendiri.

Nah, pertanyaannya adalah apakah masturbasi itu memiliki efek bagi kita? Apakah efek yang berdampak pada kita itu baik atau buruk? Sini, mimin bisikin dampak positif dan negatifnya dari masturbasi.

Apa Saja Dampak Masturbasi yang Positif?

Kalau kita sudah mengenal masturbasi, mungkin kita akan bertanya-tanya tentang manfaat yang didapatkan dari melakukan aktivitas seksual yang satu ini. Usut punya usut, ternyata masturbasi memiliki dampak positif untuk kesehatan kita, loh! Apa sajakah itu?

Masturbasi dan Dampaknya
Dampak positif masturbasi, apa saja? Pict by canva.com
1. Membantu mengenali diri sendiri

Percaya atau tidak, masturbasi bisa membantu kamu buat mengenali diri kamu sendiri loh! Lah, kok bisa? Saat kamu mengeksplorasi tubuh kamu, dari situ kamu jadi tahu apa yang kamu suka dan tidak saat berhubungan seks.

2. Mencegah stres dan kecemasan

Masturbasi juga bisa membantu kamu untuk memperbaiki suasana hati, dan akan berpengaruh pada tingkat kecemasan kamu. Eh, kok bisa begitu? Nah, saat kamu melakukan masturbasi dan mencapai orgasme, tubuh kamu akan melepaskan hormon endorfin, dopamine, dan oksitosin yang membuat kamu bisa lebih nyaman dan rileks.

3. Mengurangi nyeri perut saat menstruasi

Girls! Tahu tidak kalau masturbasi bisa mengurangi rasa nyeri perut ketika menstruasi, loh! Tidak hanya sebagai pencegah stres, hormon endorfin yang diproduksi ketika masturbasi adalah obat pereda nyeri alami yang dihasilkan oleh tubuh kamu. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh pakar dari Planned Parenthood kalau masturbasi bisa membantu kalian untuk mengurangi rasa sakit dari nyeri haid, bahkan bisa mencegahnya juga loh!

4. Mencegah ejakulasi dini

Mengutip dari Mayo Clinic, melakukan masturbasi satu atau dua jam sebelum berhubungan seks dapat membantu para pria menghindari ejakulasi dini. Oleh karena itulah, umumnya para ahli merekomendasikan cara ini untuk mengatasi masalah ejakulasi dini yang terjadi bagi para pria.

Apa Saja Dampak Masturbasi yang Negatif?

Masturbasi dan Dampaknya
Lantas bagaimana dengan dampak negatifnya? Pict by canva.com

Meskipun ada banyak dampak positif yang ditawarkan oleh masturbasi, aktivitas ini juga tidak serta-merta bebas dari dampak negatif yang diberikan pada kita. Memang tidak ada batasan tertentu yang menggolongkan seseorang masturbasi dengan jumlah yang normal, tetapi lebih baik kita melakukannya tidak terlalu sering.

Terlalu sering melakukan masturbasi memiliki sederet dampak buruk bagi kesehatan kita. Nah, apa sajakah itu?

  • Dapat melukai diri sendiri. Bagi pria, terlalu sering melakukan masturbasi dengan cara yang tidak aman dapat mempengaruhi kesehatan penis. Contohnya, penis cedera akibat lecet atau bengkok.
  • Kecanduan seks. Dalam dunia medis, hal ini masuk ke dalam golongan perilaku kompulsif seksual yang ditandai dengan perilaku seksual seseorang yang sukar dikendalikan.
  • Terganggunya aktivitas sehari-hari. Masturbasi yang berlebihan akan berdampak pada aktivitas sehari-hari yang terganggu, karena menjadikan masturbasi sebagai kebutuhan konstan dan perlahan menjadi kebiasaan.
  • Munculnya perasaan bersalah.
  • Keinginan masturbasi yang selalu muncul, bahkan di tahap seseorang tidak peduli kondisi dan situasi sekitar untuk melakukannya.

Jadi, gimana nih Sunners? Setelah tahu tentang apa itu masturbasi beserta dampak-dampaknya bagi kita, lantas bagaimana keputusan kita untuk ke depannya? Semoga Sunners bisa memilih keputusan dengan bijak, ya! Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang masturbasi, kalian bisa klik di siniToodles!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 139
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?