WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Webinar and Workshop Chinese 101 : Get To Know More About China

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak kegiatan yang dilakukan secara daring, mulai dari sekolah, kerja, sampai kegiatan acara. Pandemi yang belum berakhir tidak menyurutkan semangat mahasiswa Le Yuan Mandarin Club, Trisakti School of Management, untuk memberikan wadah bagi orang-orang yang ingin mempelajari dan memahami tentang kebudayaan Tionghoa.

Kegiatan acara yang diadakan memiliki tema “Get To Know More About China” yang diselenggarakan pada 5 Juni 2021 pukul 11.00 sampai dengan selesai. Kegiatan ini dilakukan melalui video conference, zoom meeting dengan 3 sesi.

Pada sesi pertama, tema yang dibahas adalah Learn One of The Key of Success: Business Chinese. Dr. Symphony Akelba Christian, S.E., S.S., M.M, selaku pembicara menyampaikan bahwa mempelajari Bahasa mandarin bisa membantu pada dunia kerja di berbagai bidang. “Sudah sekitar 1000 perusahaan China tersebar di Indonesia dan 50% berada di pulau Jawa. Selain itu, banyak juga perusahaan Indonesia yang ada di China. Oleh karena itu, memiliki kemampuan Bahasa mandarin sangat diperlukan untuk membantu menerjemahkan Bahasa tersebut,” ujarnya.

 

 

Ia juga menambahkan tips & tricks belajar Bahasa mandarin bisa dimulai dari melihat apa yang disuka, seperti musik, film, drama, dan lainnya. Selanjutnya, kuasai kemampuan dasar seperti kosa kata dan melakukan latihan. Untuk kamu yang ingin bertujuan untuk di dunia kerja, kamu bisa belajar dari buku business Chinese. 

Pada sesi kedua, Sujud Kusala atau yang biasanya disebut Jud Ang, membahas mengenai tata krama masyarakat China di meja makan. Budaya menghormati yang lebih tua sangat kental di masyarakat China, dapat dilihat dari tata krama di meja makan ini. Mulai dari posisi duduk yang tertata, cara memegang peralatan makanan, cara menghidangkan the, dan pantangan-pantangan di meja makan. 

 

 

Sesi terakhir membahas mengenai permainan tradisional China, yaitu Xiangqi yang berarti catur China. Permainan catur China ini serupa dengan catur yang berada di Jepang Shogi) dan Korea (Janggi). Pada sesi ini, peserta dijelaskan cara bermain catur China dan bermain secara online Bersama narasumber dari Binus Mandarin Club, Sherleen Beatricia. 

Peserta yang hadir di webinar dan workshop ini sangat aktif dan antusias untuk bertanya dan bermain bersama. Selain mendapatkan ilmu dan bermain bersama, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk memenangkan doorprize dan hadiah lainnya. 

Walaupun acara ini dilakukan secara virtual, tidak menyurutkan antusiasme peserta. Mereka aktif bertanya dari sesi pertama sampai selesai.

 

 

Reporter: Fiona Azzahra

 

Leave A Comment