WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

WEBINAR ACTION 2021 : BUILDING YOUR OWN GREEN BUSINESS

Pembukaan Acara yang disampaikan oleh Nova Ria Astuti selaku MC acara webinar tersebut  (Foto: Dina Annisa)

Jakarta – Sabtu (18/9/2021) BEM FEB UNAIR menggelar agenda acara webinar yang bernama ACTION. Kegiatan ACTION 2021 digelar secara online melalui Zoom Meeting yang bertemakan “Building Your Own Green Business” dengan narasumber bernama Rengkuh Banyu Mahandaru selaku Founder Plepah

Berbicara seputar Business, bahwa yang kita ketahui Business tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus ada pendiri bisnis itu sendiri atau yang biasa disebut dengan “Entrepreneur”. Entrepreneur di Indonesia saat ini sudah sangat meningkat sekitar 3,47 persen dari total penduduk.

Tetapi dengan berbagai banyak wirausaha masih belum banyak nih Sunners yang melirik kepada Green Busniess. Sebelum kita bahas lebih jauh, kita akan membahas apa itu Green Business? Green Business sendiri adalah suatu bentuk kepedulian dari perusahaan-perusahaan didunia untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar dengan meminimalisir dampak negatif terhadap masyarakat, lingkungan sekitar dan ekonomi, yang kini menjadi tren didunia.

Green Busniess merupakan bisnis yang nyata atau berjangka panjang, banyak sekali peluang yang dijanjikan untuk menciptakan Green Business, karena masyarakat saat ini sudah lebih menyadari dengan adanya CSR perusahaan dan memiliki dampak baik untuk masyarakat terutama di Lingkungan.

Peserta yang hadir di webinar dan workshop ini sangat aktif dan antusias. Walaupun acara ini dilakukan secara virtual, tidak menyurutkan antusiasme peserta untuk bertanya dalam sesi Q&A. Selain mendapatkan ilmu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dalam mengembangkan ide bisnisnya di Plepah.

 Moderator dan Narasumber mendengarkan pertanyaan yang diajukan dari
Peserta kepada Narasumber di dalam Sesi Q&A. | dok. Tangkapan layar Via Zoom/Dina Annisa

Salah satu pertanyaan yang ditanyakan peserta kepada narasumber yaitu “Apa saja Tips and Trik untuk anak-anak muda dalam mempersiapkan ide dengan matang untuk memulai business?”

“Pertama kita harus berani untuk menuangkan ide kedalam proposal, kedua meningkatkan literasi dengan membaca seperti junal-jurnal untuk lebih mengetahui bahan yang akan dipasarkan, ketiga adalah menyicil dana untuk keperluan riset mengenai produk yang akan dipasarkan dan bisa diperjual belikan serta meriset tentang kebutuhan pasar” ujar Founder Plepah, Rengku Banyu Mahandaru.

Adapun pesan terakhir yang disampaikan oleh Narasumber yaitu “Ketika mulai menjalankan Business, mulailah berfikir untuk memberikan dampak kepada sosial dan lingkungan dan percayalah bahwa Business bukan hanya sekedar keuntungan (profit) tetapi Business juga bisa mendorong kita untuk memberikan kualitas kepada masyarakat”.

 

Penulis & Reporter : Dina Annisa

 

Leave A Comment