Majalah Sunday

Bangun Pagi atau Siang? Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Bangun Lebih Pagi!

Penulis: Tomi Universitas Kristen Indonesia

Editor: Abdul aziz – UNJ

Sebelum menyebutkan siang dan malam, waktu yang selalu mengawali untuk pertama kalinya adalah pagi hari.

Bangun lebih pagi ! Kebanyakan orang berusaha keras agar tidak kesiangan. Di kota-kota besar seringkali kita melihat adanya kemacetan karena segala awal aktivitas di mulai pada waktu tersebut. Saat sekarang ini zaman sudah berubah, semua sudah belajar banyak hal, melalui banyak pengalaman orang-orang tidak lagi berpatokan pada manfaat bangun pagi, sehingga bangun siang, bahkan sore, bahkan ada yang malam. Semua itu dikarenakan kebergantungan jam tidur seseorang. Para pekerja juga diberi sip pagi, siang dan malam, sehingga semakin nampak persamaan antara bangun pagi-pagi, siang, ataupun malam. Lalu apa manfaat dari bangun lebih awal dibandingkan waktu lainya? Mari kita simak dan baca dengan serius untuk berubah.

Adanya ketenangan jiwa dan raga dalam diri 

Lake, Pier, Sunset, Sunrise, Silhouette

Ketika bangun lebih awal, kamu pasti merasakan suasana yang sangat tenang, sejuk, dan bersahaja. Jantung berdetak mengikuti irama angin yang berhembus kecuali adanya badai atau hal buruk lainnya. Oksigen pagi hari sangat baik, apalagi kalau ada pepohonan di sekitar rumah, sehingga semakin terasa nyaman, darah pun mengalir dengan seimbang. 

Tidak menunda-nunda tugas

Sangat tepat bangun lebih awal benar karena segala tugas yang diberikan oleh guru dapat kamu kerjakan lebih awal dan lebih matang tanpa tergesa-gesa. Mungkin ada yang bangun pagi-pagi, lalu tidur lagi dan tugas tidak dikerjakan, itu karena dia belum memahami makna bangun pagi yang sebenarnya, yang adalah awal, yang adalah terjadi untuk pertama kalinya sebelum lanjut pada langkah berikutnya. Jarang ditemukan, bahkan hampir tidak ada orang yang bangun pagi-pagi hidupnya suka menunda-nunda tugas apalagi tergesa-gesa. 

Menjadi seorang yang selalu siap sedia

Outdoors, Mist, Walking, Fog, Nature

Siap sedia menghadapi waktu sulit, siap sedia mengerjakan tugas yang diberikan, siap sedia dalam kekurangan dan keterbatasan karena sudah terlebih dahulu merencanakan dan memikirkan cara menghadapi apa yang akan terjadi. Siap sedia dalam hal ini bukan saja bermanfaat bagi kamu sendiri, tapi akan sangat membantu orang-orang disekitarmu, sehingga kamu juga dapat di senangi dan di banggakan banyak orang.

Menjadi seorang yang visioner

Nature, Scenery, Field

Seorang yang visioner adalah seorang yang jauh berpikir kedepan. Ketika orang-orang masih memikirkan hari esok, kamu sudah memikirkan apa yang baik di masa yang akan datang. Dengan bangun pagi-pagi, kamu akan merasakan bahkan mengalami langsung pertumbuhan pemikiran yang sehat, yang baik untuk masa depanmu dan masa depan bangsa.

Bangun lebih awal bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan, tetapi akan menjadi sangat sulit jika cara berpikir kita seolah-olah maju dan mengalami pembaharuan, padahal tidak sama sekali. Apapun yang terbaik pada akhirnya, semua berawal dari langkah yang baik yaitu bangun lebih awal. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 633
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?