Majalah Sunday

Waktu Tidur dan Belajar Paling Ideal
untuk Pelajar, Jangan Tertukar

Penulis: Dinda Putri Rahmawati – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Hai Sunners! Kamu udah punya waktu tidur dan belajar yang teratur belum? atau jangan-jangan kamu tim yang kalau di kelas ngantuk, tapi kalau malam hari malah susah tidur dan rajin bergadang nih? hayo ngaku!

Sunners tau gak? Secara tidak sadar, sebenarnya tidur dan belajar merupakan hal yang saling berhubungan,loh. Apa ya hubungannya? Tidur yang bisa membantu kamu untuk belajar karena bisa meningkatkan kesigapan dan juga ingatan. Nah, jika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup saat malam hari, sudah bisa dipastikan kamu akan mengantuk di kelas, sehingga menyebabkan otak tidak fresh untuk menerima ilmu di kelas dan kesulitan untuk fokus. Selain itu juga badan kamu akan terasa lelah dan lemas. Jika sudah begitu, kegiatan belajarmu di sekolah pastinya akan terganggung nih. 

Waktu Tidur dan Belajar ideal

Nah, karena tidur dan belajar itu saling berkaitan, maka kamu harus dapat mengatur dan menentukan waktu-waktu ideal dalam membagi kedua kegiatan tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi ketidakteraturan yang menyebabkan kerugian pada dirimu sendiri, kamu gak mau kan? Maka dari itu, berikut ini waktu tidur dan belajar paling ideal yang perlu kamu tau agar kegiatannmu semakin teratur. Simak deh!

waktu tidur ideal untuk remaja

Waktu tidur biasanya dikelompokkan sesuai dengan usia. Maka dari itu, pelajar SMP dan SMA memiliki waktu tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Pelajar atau remaja biasanya berusia 13-18 tahun. Nah, waktu tidur yang dianjurkan untuk pelajar usia 13-18 tahun adalah sekitar 8-10 jam per hari. Artinya, anak remaja tidak boleh kurang tidur dari tujuh jam dan lebih dari sebelas jam per hari. Namun ternyata, waktu tidur remaja ternyata lebih lama dari orang dewasa loh, Sunners. Orang dewasa biasanya lama waktu tidurnya hanya sekitar 7-8 jam per hari.

Harriet Hiscock, associate professor di Murdoch Childrens Research Institute di Australia mengatakan bila digambarkan menurut jam, rekomendasi The American Academy of Sleep Medicine ialah untuk anak remaja harus tidur antara pukul 21.00 – 21.30 atau pukul 9 sampai setengah 10 malam.

Jadi, bagaimana? Apakah waktu tidur kamu sudah ideal sesuai yang disarankan? Pastikan waktu tidur kamu sudah cukup sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri, ya, Sunners! 

waktu belajar ideal

Pelajar banyak menghabiskan waktunya di sekolah, dari pagi sampai sore hari. Maka dari itu, Mimin merekomendasikan waktu belajar yang baik, yaitu pada malam hari. Pukul 18.00 sampai 20.30 merupakan waktu terbaik untuk mengingat dan mempelajari pelajaran yang diberikan di sekolah karena pemikiran kita masih baru untuk pelajaran yang dipelajari. pada hari itu. 

Selain itu, waktu ini juga waktu terbaik untuk mengerjakan tugas pribadi karena otak sedang masuk dalam masa pemeliharaan, yaitu ketika produksi melatonin (Hormon tidur) masih berada di level rendah, jadi masih belum merasa mengantuk. Terakhir, pada waktu ini kamu juga bisa mencicil membaca dan mempelajari garis besar materi yang akan dipelajari untuk esok hari.

Namun, jangan lupa dalam rentang malam hari juga merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Maka dari itu, tetap tidur di waktu yang sudah Mimin rekomendasikan ya, Sunners!

waktu tidur dan belajar ideal yang harus pelajar tau

waktu tidur akan berimbas pada waktu belajarmu, pict by canva.com

Nah, sekarang kamu udah tau kan waktu-waktu ideal yang dapat kamu gunakan untuk belajar dan tidur. Jangan lupa gunakan gunakan waktumu sebaik mungkin ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 179
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?