Majalah Sunday

5 Tips Menghilangkan Ngantuk
Ketika Belajar

Penulis: Adnan Rizki – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners sering gak merasa ngantuk ketika belajar? Padahal kamu lagi ngerjain tugas yang harus dikumpulin besok pagi. Jika iya, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang sering merasakan ngantuk saat sedang fokus belajar. Ngantuk saat belajar dapat menganggu produktivitas dan konsentrasi yang membuat belajar jadi lebih sulit.

Tips Menghilangkan Ngantuk Ketika Belajar

Nah Sunners, jika kamu sering mengalami ngantuk saat belajar, berikut ini tips menghilangkan ngantuk ketika belajar yang bisa kamu gunakan agar proses belajarmu dapat berlangsung dengan tenang dan khidmat 

Duduk dengan tegak

Daripada bersandar seperti makhluk tak bertulang belakang, saat belajar biasakan duduk dengan tegak tanpa sandaran apapun. Cara ini dapat membantu Sunners menjaga kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk. 

Hindari duduk dengan bersandar atau dengan posisi punggung yang tidak lurus, karena akan membuat kamu semakin nyaman dan alih-alih melanjutkan belajar, perasaan ngantuk akan terus datang dan kamu malah tidur.

Konsumsi makanan sehat

Sunners tau gak, ternyata makanan sehat yang kamu konsumsi sebelum belajar dapat membantumu menghilangkan ngantuk, lho. Sebelum belajar usahakan makan makanan yang sehat, mengandung karbohidrat kompleks, protein tinggi, dan vitamin. Ketika otak bekerja, kita membutuhkan glukosa lebih. Tak hanya sebelum makan, ketika ngantuk datang, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu segar kembali lho. Ingat ya, makanan sehat. 

Lakukan aktivitas fisik ringan

Mengerjakan tugas yang hanya duduk berjam-jam terkadang menjadi membosankan, karena itu rasa kantuk dan pegal bisa saja menyerang. Berdirilah, lalu lakukan gerakan kecil seperti senam dan sebagainya. Tapi jangan sampai kebablasan dan malah jadi main keluar rumah hingga meninggalkan tugas ya, Sunners!

Minum air putih

Bukan cuma minum kopi, air putih juga bisa menjadi penyebab segarnya tubuh kita. Kekurangan air putih bisa membuat fungsi kognitif otak terganggu, akibatnya menjadi tidak fokus hingga mengantuk. Usahakan minum yang cukup ya, Sunners!

Gunakan cahaya yang memadai

Kalau Sunners sedang mengerjakan tugas yang akan memakan waktu berjam-jam, usahakan memilih tempat yang terkena cahaya. Suasana sunyi dan gelap nyatanya bisa membuat kita mengantuk. Dengan ruangan yang terang, cahaya bisa membantu kita tetap terjaga dan ngantuk gak berani datang lagi deh. 

Ngantuk ketika belajar hilang dengan tips ini

Tips mana yang pernah kamu gunakan untuk mengusir rasa ngantuk ketika belajar, Sunners? pict by canva.com

Nah, itu dia 5 tips penting yang dapat kamu pakai untuk mengusir rasa ngantuk ketika belajar. Jangan sampai rasa kantuk menghalangi kamu untuk belajar dan mengejar cita-citamu ya Sunners, Semangat. 

Ngantuk ketika belajar

Lampu belajar untuk menemani kamu belajar ada disini

Ngantuk ketika belajar

Tambler untuk isi kopi untuk mengusir rasa ngantuk ketika belajar ada disini

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 200
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?