WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Virus Corona Belum Reda, Tapi Diajak Kumpul? Begini Tipsnya

Corona belum mereda tapi teman dan keluarga besar ngajak kumpul? Yuk, ikuti tips- tips ini agar kamu tetap aman!

Pernah nggak, sih, kamu merasa bingung ketika dapat undangan kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga besar di masa pandemi yang belum mereda ini? Mau nolak, tapi takut menyinggung dan dianggap nggak asik?

Faktanya, kita—manusia—adalah makhluk sosial yang tidak mungkin untuk tidak berinteraksi selama berbulan-bulan. Berdiam diri di rumah tentunya sangatlah bosan, kita butuh orang lain untuk mengisi hari-hari kita. Tapi kini situasinya berbeda, ya, Sunners. Pasien positif semakin bertambah, kita harus mulai sadar diri akan virus ini agar dapat membantu pemerintah untuk segera menghentikan penyebarannya.

Karena banyak masyarakat yang mulai resah setelah berbulan-bulan berada di rumah tanpa bertemu dengan orang terkasih, teman, dan keluarga, tentunya kini banyak pula yang mulai mengabaikan pandemi dan mengadakan kembali bermacam-macam acara pertemuan untuk saling melepas rindu.

Kamu salah satu yang mendapat undangan itu? Tenang, Sunners! Ada beberapa tips menolak undangan mereka yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi.

1. Jujur

Jujur selalu merupakan jalan yang paling terbaik. Katakan apa adanya, kalau kamu khawatir dengan penyebaran virus corona ini. Kamu bisa sembari berbagi update terbaru mengenai kasus bertambahnya pasien positif Covid-19 dan update lainnya mengenai penyebaran virus corona.

2. Sibukkan Diri dalam Kegiatan-Kegiatan Webinar/Kelas Online

Takut kejujuranmu diremehkan? Oke, kamu bisa coba dengan mulai menyibukkan diri dalam kegiatan-kegiatan webinar atau kelas online. Dengan begitu, kamu bisa punya alasan untuk menolak tanpa menyakiti hati atau menyinggung siapapun serta kamu juga tidak perlu berbohong.

Banyak webinar-webinar yang informasinya bertebaran di social media, beberapa berbayar namun beberapa menyediakan dengan gratis. Tinggal kamu cari saja webinar yang kamu minati. Di instagram kamu bisa menemukan informasi-informasi tersebut melalui akun @webinar.gratis dan @webinarindo atau akun-akun lainnya yang memberikan informasi mengenai webinar/kelas online.

3. Lost Contact atau Kurangi Penggunaan Social Media untuk Sementara Waktu

Malas mengikuti webinar/kelas online? Coba ikuti tips ini. Sebenarnya, tips ini lebih terdengar seperti ‘melarikan diri’ bukan? Ya, melarikan diri dari social media dan menjalani kehidupan nyatamu di rumah untuk sementara waktu. Dengan begitu, kamu tidak akan terganggu dengan undangan-undangan kumpul bersama di masa pandemi ini karena kamu akan sulit dihubungi. Selama masa pelarian itu, kamu bisa menghabiskan waktumu di rumah untuk beres-beres, nonton tv, atau nonton film yang sudah kamu download terlebih dahulu agar bisa kamu tonton dengan mode offline.

Seandainya kamu terpaksa menghadiri undangan itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap aman, Sunners!

1. Tetap Jaga Jarak

Selalu ingat, kamu sedang berada di tengah pandemi. Jadi, meski kumpul tetap harus menjaga jarak yang semestinya. Ketika makan bersama pun tetap perhatikan untuk tidak menggunakan alat makan yang sama, ya, Sunners! Selain itu, lebih baik kumpul di ruang terbuka dari pada di dalam satu ruangan yang tidak cukup udara untuk mengurangi kemungkinan penularan virus.

2. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Kamu harus selalu membersihkan tanganmu hingga bersih setelah makan atau menyentuh benda-benda di sekitarmu. Namun, akan sangat merepotkan jika kamu harus bolak-balik kamar mandi hanya untuk mencuci tangan, kan? Nah, karena itu kamu harus selalu bawa hand sanitizer, ya!

3. Gunakan Masker

Penyebaran virus corona yang paling memungkinkan adalah melalui udara. Jadi, kamu harus selalu menggunakan masker untuk melakukan pencegahan itu. Entah mencegah agar kamu tidak tertular atau mencegah agar kamu tidak menularkan.

Pasien positif corona yang OTG atau tanpa gejala pun tidak terbilang sedikit, bahkan diduga mayoritas penularan berasal dari pasien OTG . Tidak ada salahnya untuk kamu berjaga-jaga atau menduga-duga kalau saja diantara kamu atau temanmu ternyata pasien OTG. Maka dari itu, selalu gunakan maskermu, ya!

4. Kurangi Sentuhan Langsung

Meski jalan dengan teman akrab atau kekasih, kamu harus mengurangi sentuhan langsung, ya, Sunners. Sebisa mungkin, kamu perlu meminimalisir pegangan tangan dengan sang kekasih ataupun berjabat tangan dengan sobat karibmu.

5. Perhatikan Kebersihan Tempat

Nah, tips terakhir, selalu perhatikan kebersihan tempat kamu kumpul. Jangan kumpul di tempat yang kotor dan jorok, karena tempat yang kotor adalah sarang bertumbuhnya kuman/bakteri. Dan tidak kecil kemungkinan, tempat yang kotor akan semakin mendekatkan kamu dengan virus-virus penyakit. Jadi, tetap berada di tempat yang bersih, ya.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi undangan kumpul-kumpul di masa pandemi Covid-19 ini. Tunggu tips-tips menarik lainnya dari kami, semoga bermanfaat!

Lina Rufaidah,

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment